Jenis - Jenis Mesin Bubut

Jenis Jenis Mesin Bubut - Mesin bubut merupakan mesin yang digunakan untuk memotong/menyayat permukaan benda. Prinsip kerja mesin bubut merupakan benda kerja dijepit dengan menggunakan cekam yang dipasang pada poros spindel. Permukaan benda kerja yang berputar disayat dengan menggunakan pahat satu mata potong yang bergerak secara melintang atau memanjang.

Jenis - Jenis Mesin Bubut Dan Fungsinya

Apa saja jenis mesin bubut?

Jenis - jenis mesin bubut secara garis besar dibedakan menjadi mesin bubut ringan, mesin bubut sedang, mesin bubut persyaratan dan mesin bubut meja panjang.

Jenis - jenis mesin bubut konvensional menurut ukurannya merupakan selaku berikut:

Mesin Bubut Ringan (Mini Lathe)

Mesin bubut ringan merupakan jenis mesin bubut yang memiliki bobot ringan dan mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan. Mesin bubut ringan umumnya diletakan di atas meja. Mesin bubut ini cuma sanggup digunakan untuk membubut benda - benda kecil.

Mesin Bubut Sedang (Medium Lathe)

Jenis mesin bubut sedang sanggup membubut benda kerja hingga diameter 200 mm dan panjang 100 mm. Mesin bubut jenis ini sungguh sesuai untuk industri kecil-kecilan atau bengkel perawatan dan pengerjaan komponen. Dalam dunia pendidikan, umumnya mesin bubut yang digunakan untuk pembelajaran menggunakan mesin bubut jenis ini sebab pengoperasiannya mudah dan harga yang terjangkau.

Mesin Bubut Standar (Standard Lathe)

Jenis mesin bubut berikutnya merupakan mesin bubut standar. Disebut mesin bubut persyaratan sebab di samping memiliki elemen menyerupai pada mesin bubut ringan dan sedang, mesin bubut ini juga sudah dilengkapi dengan banyak sekali kelengkapan perhiasan di antaranya yakni metode pendingin (coolant system), lampu kerja, kolam penampung gram dan Emergency Stop untuk menghentikan mesin jikalau dalam kondisi darurat.

Mesin Bubut Meja Panjang (Long Bed Lathe)

Mesin bubut meja panjang merupakan jenis mesin bubut yang digunakan untuk menjalankan pekerjaan panjang dan besar. Mesin ini umumnya digunakan pada industri - industri besar. Pada dasarnya mesin ini sama dengan mesin bubut persyaratan cuma saja ukurannya lebih besar.

Bagian - Bagian Utama Mesin Bubut

Secara biasa mesin bubut terbagi menjadi empat penggalan utama, yakni kepala tetap (Head Stock), kepala lepas (Tail Stock), eretan dan bantalan mesin (Bed). Bagian - penggalan ini terdapat pada semua jenis mesin bubut.

Kepala Tetap (Head Stock)

Kepala tetap merupakan penggalan utama mesin bubut yang berfungsi selaku penyangga poros utama yang hendak memutarkan spindel. Di dalam kepala tetap terdapat sejumlah rangkaian roda gigi yang berfungsi untuk meneruskan putaran motor menjadi putaran spindel dan juga berfungsi untuk mengendalikan kecepatan putar.

 Mesin bubut merupakan mesin yang digunakan untuk memangkas JENIS - JENIS MESIN BUBUT

Kepala Lepas (Tail Stock)

Kepala lepas diletakan di atas alas/meja mesin sebelah kanan. Kepala lepas berfungsi untuk kawasan pemasangan senter yang digunakan selaku penumpu ujung benda kerja dan dudukan mata bor. Kepala lepas sanggup digeser sepanjang meja mesin.

 Mesin bubut merupakan mesin yang digunakan untuk memangkas JENIS - JENIS MESIN BUBUT

Alas Mesin (Bed)

Alas mesin berfungsi selaku penunjang eretan dan kepala lepas. Alas mesin ini memiliki permukaan yang rata dan halus yang dimaksudkan untuk mendukung kesempurnaan pekerjaan membubut. 

 Mesin bubut merupakan mesin yang digunakan untuk memangkas JENIS - JENIS MESIN BUBUT

Eretan

Eretan merupakan penggalan mesin bubut yang berfungsi selaku dudukan pahat. Eretan berisikan eretan berputar, eretan melintang dan eretan memanjang.

 Mesin bubut merupakan mesin yang digunakan untuk memangkas JENIS - JENIS MESIN BUBUT

Pekerjaan Pada Mesin Bubut

Secara umum, ada beberapa macam pekerjaan yang sanggup dilakukan pada mesin bubut. Jenis - jenis pekerjaan yang sanggup dilakukan dengan menggunakan mesin bubut adalah:

Pembubutan tepi (Facing)

Pembubutan silindris (Turning)

Pembubutan alur (Grooving)

Pembubutan tirus (Chamfering)








Pembubutan ulir (Threading)

 Mesin bubut merupakan mesin yang digunakan untuk memangkas JENIS - JENIS MESIN BUBUT

Drilling

Boring

Kartel (Knurling)

Itulah jenis jenis mesin bubut dan pekerjaan pada mesin bubut yang sanggup disampaikan pada peluang kali ini. Semoga bermanfaat.

Ikuti kami di Google News dan lihat postingan lainnya.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com