Ukuran Pipa Dan Perumpamaan - Perumpamaan Pada Pipa

Ukuran Pipa dan Istilah - Istilah Pada Pipa

Pipa yakni benda berupa silinder panjang yang ditengahnya bolong (tidak pejal) dan lazimnya dipakai untuk mengalirkan fluida baik itu gas maupun cairan. Secara lazim terdapat dua enis penggunaan pipa yakni piping dan pipeline. Istilah piping dipakai untuk pipa yang dipakai untuk mengalirkan fluida dari satu wilayah ke wilayah yang lain dengan jarak yang relatif pendek dan pipa yang dipakai ukurannya relatif kecil. Pipeline yakni perumpamaan yang dipakai untuk pemipaan yang berfungsi mengalirkan fluida dari satu plant (fasilitas) ke plant yang lainnya. Pipa - pipa yang dipakai pada pipeline lazimnya berskala besar.

Pipa tersedia dalam aneka macam jenis ukuran dimana penggunaannya diubahsuaikan dengan kebutuhan, pola ukuran pipa yakni pipa 3/4. Lalu apa yang dimaksud dengan 3/4 itu? Apakah itu diameter luarnya atau diameter dalamnya? Nah, pada goresan pena ini akan diterangkan tentang ukuran pipa. Untuk sanggup memahaminya pasti mesti apalagi dulu mengenali perumpamaan - perumpamaan pada pipa agar tidak keliru pada dikala berbelanja pipa ya.

Istilah - Istilah Pada Pipa

Nominal Pipe Size (NPS)
Nominal pipe size atau disingakat NPS yakni cara menyeleksi ukuran suatu pipa yang didasarkan pada diameter nominalnya bukan diameter yang sebenarnya. Diameter nominal di sini tujuannya yakni diameter luar pipa atau disebut juga dengan Outside Diameter (OD). NPS dibentuk oleh pabrik yang didasarkan pada tolok ukur yang diputuskan oleh ASME (American Society of Mechanical Engineering). OD pipa menurut NPS acap kali nilainya tidak sama dengan diameter pipa sebenarnya. Perhatikan pola di bawah ini:

Dari pola di atas sanggup kita lihat untuk pipa ukuran 4" (empat Inch) untuk outside diameter (OD)nya yakni 114,3 mm sedangkan apabila 4" dikonversikan menjadi mm kesannya 4 x 25,4 = 101,6.

1 Inch = 2,54 cm = 25,4 mm

Ukuran - ukuran menyerupai itu cuma berlaku untuk pipa dengan ukuran kurang dari 14" sedangkan untuk ukuran pipa di atas 14" ukurannya dibentuk dengna ukuran Outside Diameter (OD) nyata pipanya, contohnya untuk pipa 20" nyata outside diameternya ya 16".

16 Inch = 406,4 mm

Nominal Bore (NB)
Nominal bore (NB) intinya sama dengan NPS cuma saja untuk nominal bore (NB) satuan yang digunakannya bukan Inch tapi milimeter (mm).

Diameter Nominal (DN)
Diameter nominal sama dengan NPS, apabila NPS dipakai di Eropa, untuk diameter nomilal (DN) dipakai secara Internasional. Penunjukan ukuran DN berlainan dengan NPS. Satuan yang dipakai DN yakni milimeter dimana untuk 1 inch dibulatkan menjadi 25 bukan 25,4 (angka desimal dihilangkan). Contohnya yakni untuk pipa 2" maka menjadi DN 50. Di Indonesia, DN dipakai untuk tolok ukur pipa HDPE.

Schedule
Schedule yakni ukuran pipa yang didasarkan pada ketebalan pipa (wall thickness). Schedule lazimnya disingkat dengan SCH. Secara umum, terdapat tiga nomor schedule yang dikala ini dipakai yakni Standar (STD), Strong (XS) dan Ektra Strong (XXS). Untuk pipa carbon steel (CS) dan pipa stainless steel (SS), nomor schedulenya dikontrol dalam ASME B36.10 dan ASME B36.19. Standar schedule pipa carbon steel yakni SCH 10, 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 140, 160, STD, XS dan XXS. Standar pipa stainless steel yakni SCH 5S, 10S, 20S, 40S dan 80S. Huruf "S" di sini menandakan bahwa material yang dipakai untuk pipa tersebut yakni stainless steel.

Di bawah ini yakni tabel schedule pipa:


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com