Pencegahan Kavitasi Pada Pompa Ebara | teral.ashanua.com



Akibat Kavitasi Pada Impeller Pompa EBARA Pompa Industri | Pencegahan Kavitasi Pada Pompa EBARA | pompaindustri.co.id
Akibat Kavitasi Pada Impeller Pompa EBARA

Untuk menyingkir dari kavitasi pada pompa sentrifugal Khususnya pompa EBARA , tekanan fluida pada semua titik dalam pompa mesti dipertahankan diatas tekanan jenuh. Jumlah yang digunakan untuk menentukan  supaya  tekanan zat cair yang dipompa bisa mengindari kavitasi yakni tinggi tekan hisap dipahami dengan NPSH (Net Positive Suction Head).

NPSH yang tersedia (NPSHa) yakni perbedaan antara tekanan hisap pompa dengan tekanan bosan sewaktu zat cair dipompa. NPSH yang diperlukan (NPSHr) yakni NPSH minimum untuk menyingkir dari kavitasi.

Kondisi yang mesti ada untuk menyingkir dari kavitasi yakni bahwa NPSH yang tersedia mesti lebih besar atau sama dengan NPSH yang dibutuhkan, secara matematis sanggup dititunjukan selaku berikut:

NPSHa = NPSHr

Rumus untuk NPSHa yakni selaku berikut

NPSHa = P hisap  P jenuh

Ketika pompa sentrifugal menghisap dari tangki ataupaun penampungan yang lain, tekanan pada dikala hisap  dalah jumlah dari tekanan absolute pada permukaan zat cair yang ada ditanki ditambah tekanan sehubungan dengan perbedaan elevasi antara permukaan zat cair dengan hisapan pompa dikurangi kehilangan head yakni tabrakan pada jalan masuk hisap dari tanki ke pompa.



NPSHA = Pa + Pst - hf - Psat
Dimana:
NPSHA     =   Tinggi tekan hisap yang tersedia
Pa              =   Tekanan absolute pada permukaan zat cair
Pst             =  Tekanan jawaban perbedaan antara permukaan zat cair dengan hisapan pompa
hf               =  Kehilangan head pada pipa hisap
Psat            = Tekanan bosan sewaktu zat cair dipompakan

Mencegah Kavitasi


Jika pompa sentrifugal dalam keadaan kavitasi, beberapa pergantian dalam rancangan sistem  atau pengoperasian mungkin diperlukan untuk memperbesar NPSHA  diatas NPSHR dan menghentikan kavitasi. Salah satu metode untuk memperbesar NPSHA yakni memperbesar tekanan pada hisapan pompa. Sebagai referensi jikalau pompa menghisapa dari tanki tertutup, disamping itu dapat meninggikan level zat cair didalam tanki atau memperbesar tekanan pada tempat diatas zat cair untuk memperbesar tekanan hisap. 

Cara lain yang mungkin untuk memperbesar NPSHAdengan meminimalkan temperatur zat cair yang dipompakan.Pengurangan temperatur zat cair yang dipompakan meminimalkan tekanan bosan yang kesudahannya menikan NPSHA. Mengulang modul sebelumnya  pada perubah panas yang mana uap kondensor lazimnya didinginkan lebih rendah dari temperatur jenuh, hal ini disebut pementingan kondensator, untuk menangkal kavitasi pada pompa kondensator.

Jika kehilangan head pada pipa hisap pompa sanggup dikurangi, NPSHAakan ditingkatkan. Banyak cara untuk meminimalkan kehilangan head tergolong memperbesar diameter piapa, meminimalkan jumlah elbow, katup dan fiting pada pipa, meminimalkan panjang pipa.

Hal yang mungkin untuk mengehilangkan kavitasi yakni dengan meminimalkan NPSHR untuk pompa. NPSHR yang diberikan pompa tidak senantiasa sama pada semua kondisi, tapi tergantung aspek yang pasti. NPSHR dari pompa meningkat signifikan  sewaktu jumlah fatwa meningkat. Oleh alasannya itu, penghematan jumlah aliran  yang lewat pompa dengan pengecilan katup buang akan meminimalkan NPSHR. NPSHR juga tergantung pada kecepatan pompa. Semakin cepat impeler pompa berputar  maka makin besar NPSHR

Karena itu kecepatan selaku suatu variable dikurangi, NPSHR  pompa akan berkurang. Bagaimanapun, selama jumlah fatwa pompa yakni sering didikte oleh keperluan metode dimana pompa dihubungkan, cuma penyetelen terbatas yang sanggup dijalankan tanpa memperbesar paralel pompa, jikalau ada.

Tinggi tekan hisap yang diperlukan untuk menangkal kavitasi  yakni diputuskan melelui uji coba oleh perusahaan pompa dan tergantung berepa aspek tergolong tipe masuk ke impeler, rancangan impeler, jumlah fatwa pompa, kecepatan putar impeler, dan jenis zat cair yang dipompakan. Pabrikan lazimnya memberikan  kurva NPSHRketika fungsi fatwa pompa digunakan untuk zat cair yang khusus (biasanya air), di buku manual pompa.

Kurva Karakteristik Pompa Sentrifugal


Untuk menjaga pompa beroperasi pada kecepatan konstan, jumlah fatwa yang lewat pompa tergantung pada perbedaan tekanan atau head yang dihasilkan oleh pompa. Head terendah, maka jumlah fatwa tertinggi. Buku manual untuk spesifikasi pompa dinamakan kurva karakteristik pompa. 

Setelah pompa dipasang di metode lazimnya dicoba untuk menegaskan bahwa jumlah fatwa dan head pompa sesaui dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Tipe kurva karakteristik suatu pompa sentrifugal ditunjukan pada gambar 11. Ada beberapa hal yang terkait dengan kurva karakteristik pompa yang mesti ditentukan.

Shut off head  yakni maksimum head yang sanggup dihasilkan oleh pengoperasian pompa sentrifugal pada kecepatan tertentu.

Pompa run out yakni fatwa maksimum yang sanggup dihasilkan oleh pompa sentrifugal tanpa menghancurkan pompa. Pompa sentrifugal dirancang dan dioperasikan terhindar dari keadaan pompa runout  atau pengoperasian shut off head. Tambahan informasi mungkin didapatkan didalam handbook pada penggalan thermodinamika, transfer panas, dan fatwa fluida.

Perlindungan Terhadap Pompa Sentrifugal
Pompa sentrifugal kehilangan head sewaktu pompa itu dioperasikan tanpa ada fatwa yang melewatinya, selaku referensi dengan katup buang yang tertutup, atau dilawan dengan check  valve.Jika katup buang tertutup dan tidak ada jalan masuk kecil aliranpun  yang ditawarkan pada pompa, impeler akan mengaduk volme air  yang serupa sewaktu berputar didalam rumah pompa. 

Ini akan memajukan temperatur zat cair (akibat gesekan) didalam rumah pompa pada titik dimana akan muncul uap air. Uap air sanggup menyebabkan terhentinya fatwa pendingin paking pompa, bearing, penyebab keausan dan panas. Jika pompa beroperasi pada jumlah yang kurang dengan waktu yang lama, pompa akan rusak. 

Ketika pompa dipasang dalam suatu metode menyerupai yang mungkin mengalami shut off head secara berkala, pompa ini membutuhkan beberapa hal untuk donasi pompa. Salah satu cara untuk melindungi pompa beroperasi tanpa ada head  yakni menawarkan jalur ulang  dari jalan masuk buang pompa yang mengalir dari katup buang, yang kembali untuk mensuplai pompa. 

Saluran sirkulasi ulang ini mesti diukur untuk menampilkan jumlah fatwa yang cukup pada pompa untuk menangkal keistimewaan panas dan kerusakan pompa. Proteksi mungkin juga dijalankan dengan menggunakan suatu kendali fatwa otomatis. Pompa sentrifugal mesti juga diproteksi dari fatwa maksimal. Aliran optimal sanggup menyebabkan kavitasi dan juga keistimewaan panas pada motor pompa jawaban keistimewaan arus. 

Salah satu cara untuk memastikannya yakni senantiasa ada persoalan fatwa pada jalan masuk buang pompa untuk menangkal keistimewaan fatwa yang lewat pompa, dengan memasang katup throttle atau orifice pada setelah jalan masuk buang. Rancangan metode pemipaan yang bagus sungguh penting untuk menangkal pompa mengalir secara maksimal.

Gas Terjebak


Gas  terjebak dari pompa sentrifugal yakni kondisi  dimana rumah pompa terisi dengan gas atau  uap air pada titik dimana impeller tidak cukup usang berjumpa dengan fluida yang cukup kepada fungsinya secara benar. Impeler memutar gelembung gas, tapi tidak sanggup mendorong fluida lewat pompa. Ini sanggup menghasilkan duduk kasus pendinginan untuk paking pompa dan bearing. 

Pompa sentrifugal didesain  sehingga rumah pompanya sarat terisi dengan zat cairselama pompa beroperasi. Banyak pompa sentrifugal tetap sanggup beroperasi sewaktu sejumlah kecil  gas yang terus bertambah  didalam rumah pompa, tapi metode pompa mengandung larutan gas yang tidak dirancang bisa melaksanakan ventilasi dengan sendirinya, mesti dijalankan pengeluaran secara manual untuk menegaskan gas tidak mengembang dalam rumah pompa.

Priming Pompa Sentrifugal


Banyak pompa sentrifugal yang tidak sanggup melaksanakan priming sendiri. Dengan kata lain, rumah pompa mesti diisi denganzat cair sebelum pompa dihidupkan, atau pompa tidak akan melaksanakan fungsinya. Jika rumah pompa kemasukan dengan uap atau gas, impeller menjadi mengikat gas  dan tidak dapat memompakan. Untuk menegaskan pompa tetap terpriming dan tidak ada gas terjebak, banyak pompa sentrifugal diletakan dibawah level sumber dimana pompa menghisap dengan sendirinya. Efek yang serupa sanggup didapatkan dengan menampilkan zat cair dibawah tekanan yang disuplaikan dengan pompa lain yang diletakan pada jalan masuk hisap.