Kontrol Kecepatan Elektronik (Esc) - Prinsip Kerja Dan Aplikasinya

Electronic Speed Control atau ESC yakni rangkaian elektronik yang digunakan untuk merubah kecepatan motor listrik, rute dan juga berfungsi selaku rem dinamis. Ini sering digunakan pada versi radio kontroller yang bertenaga listrik, dengan pergeseran yang paling kerap digunakan untuk motor DC brushless intinya menawarkan 3-fasa tenaga listrik yang dihasilkan secara elektronik sumber energi tegangan rendah untuk motor.

ESC sanggup berupa unit terpisah yang menyumbat jalan masuk kendali peserta throttle atau disatukan ke dalam peserta itu sendiri, seumpama suasana di sebagian besar kendaraan RC tingkat mainan. Beberapa produsen RC yang menghubungkan elektronik kegemaran langsung dalam kendaraan entry-level, kontainer atau pesawat melayang mereka menggunakan elektronik yang memadukan keduanya pada papan rangkaian tunggal.

Electronic Speed Control atau ESC yakni rangkaian elektronik yang digunakan untuk menguba Kontrol Kecepatan Elektronik (ESC) - Prinsip Kerja dan Aplikasinya

Fitur ESC (Kontrol Kecepatan Elektronik)

Seperti yang kita ketahui, ESC menertibkan kecepatan putaran motor pesawat. Ini menolong tujuan yang serupa dengan throttle servo pesawat bertenaga cahaya. Ini yakni tepi antara peserta radio pesawat melayang dan pembangkit listrik. Kontrol kecepatan elektronik akan memiliki 3 set kabel.

Satu kabel akan ditancapkan ke baterai utama pesawat terbang. Kabel kedua akan memiliki kawat servo khas yang dihubungkan ke jalan masuk throttle penerima. Dan terakhir, sepertiga dari kawat digunakan untuk menyalakan motor. Fitur utama dari kendali kecepatan elektronik tergolong rangkaian eliminator baterai, cutoff tegangan rendah, rem, dan untuk.

Komponen yang digunakan dalam ESC

Komponen yang digunakan dalam ESC khususnya termasuk yang berikut ini
  • Solder pad untuk Motor DC brushless 3 fasa
  • Negatif (-) koneksi LIPO
  • Positif (+) Koneksi LIPO
  • Sinyal Mservo atau input dari sinyal PWM (Pulsa Wide Modulation)
  • Referensi GND dari Sinyal PWM
  • Solder jumper, untuk merubah arah Rotasi (CW/CCW)
  • Solder jumper, untuk memvariasikan jenis
  • LED sinyal input PWM
Electronic Speed Control atau ESC yakni rangkaian elektronik yang digunakan untuk menguba Kontrol Kecepatan Elektronik (ESC) - Prinsip Kerja dan Aplikasinya

Jenis ESC (Pengontrol Kecepatan Elektronik)

Ada dua jenis pengontrol kecepatan elektronik atau ESC menurut kriteria spesifik, Anda sanggup menerima yang sempurna yang ada di toko Model RC seumpama ESC brushed dan ESC brushless.

Electronic Speed Control atau ESC yakni rangkaian elektronik yang digunakan untuk menguba Kontrol Kecepatan Elektronik (ESC) - Prinsip Kerja dan Aplikasinya

ESC Brushed

ESC Brushed yakni pengendali kecepatan elektronik pertama, yang sudah ada selama beberapa tahun. Sangat murah untuk digunakan di banyak sekali kendaraan RC listrik RTR.

ESC Brushless 

ESC Brushless yakni perkembangan terbaru dalam teknologi setelah tiba ke Kontrol Kecepatan Elektronik. Ini juga sedikit lebih mahal. Terhubung ke motor brushless, motor ini memiliki daya yang lebih tinggi daripada motor brushed. Itu juga sanggup bertahan dalam rentang waktu yang lebih lama.

Rangkaian ESC (Pengendali Kecepatan Elektronik)

Istilah ESC sering digunakan selaku kontraksi untuk 'pengendali kecepatan elektronik'. Fungsi dasar ESC yakni untuk merubah jumlah daya ke motor listrik dari baterai pesawat menurut lokasi throttle stick.

Pada sebelumnya, pengendali kecepatan khususnya digunakan pada kapal dan kendaraan beroda empat remote control yang menggunakan variabel resistor dengan wiper yang dirangsang oleh motor servo.

Electronic Speed Control atau ESC yakni rangkaian elektronik yang digunakan untuk menguba Kontrol Kecepatan Elektronik (ESC) - Prinsip Kerja dan Aplikasinya

Teknik ini melakukan pekerjaan secara masuk akal pada kecepatan sarat alasannya baterai dihubungkan langsung ke motor, walaupun pada sebagian keadaan throttle anutan arus lewat resistor menciptakan daya yang hendak hilang dalam bentuk panas.

Sebagai model, pesawat akan menggunakan sebagian besar waktunya di bab throttle. Ini bukan cara kendali daya yang sungguh praktis. Pengontrol kecepatan arus membedakan daya ke motor dengan merubah daya ON dan OFF dengan cepat.

Di sini, Transistor MOSFET digunakan selaku sakelar alih-alih perangkat mekanis, dan jumlah di mana ia diaktifkan yakni sekitar 2000 kali per detik. Jadi, daya ke motor beragam dengan merubah jumlah waktu ON, kepada waktu OFF dalam siklus tertentu. Berikut yakni rangkaian ESC sederhana dengan diagram bentuk gelombang yang sanggup menolong dengan deskripsi.

Ketika Transistor MOSFET dihidupkan, arus naik selaku medan magnet di belitan motor meningkat. Ketika MOSFET dimatikan, energi magnetik yang disimpan dalam belitan mesti diserap oleh ESC. Dengan memasang kabel dioda melintasi motor, kami mengembalikan energi ke motor selaku arus, yang naik ke bawah alasannya medan magnet gagal.

Memilih ESC yang Tepat

Pertimbangan penting nomor satu yang perlu dikenang yakni untuk mencocokkan Kontrol Kecepatan Elektronik dengan jenis motor yang Anda gunakan. Pastikan untuk berbelanja ESC yang sempurna untuk motor yang tepat: ESC brushed digunakan untuk motor brushed, ESC brushless digunakan untuk motor brushless, dilarang sebaliknya.

Biasanya, terlepas dari label, Anda akan langsung tahu bahwa itu yakni motor brushed bila memiliki 2 kabel. Jika motor memiliki tiga kabel, maka itu motor brushless. Untuk orang-orang yang tidak sadar dengan kendali kecepatan elektronik, sebagian besar versi seumpama versi RTR RC ditawarkan dengan ESC yang sudah diinstal.

Sebagian besar yakni unit digital brushed yang menjinjing langkah-langkah yang pantas dalam operasi mereka. Jika kendaraan beroda empat RC dilengkapi dengan kendali kecepatan analog, yang memerlukan motor servo untuk menggerakkan lengan ayun, pikirkan untuk menerima yang digital sesegera mungkin.

Juga baik untuk menerima ESC dengan fungsi yang berlawanan. Dengan cara ini Anda akan meniadakan semua gangguan dan pencegahan turun dari area dudukan pengemudi untuk memulihkan kendaraan beroda empat RC Anda setiap kali terjebak di trek.

Aplikasi ESC

Sistem kendali kecepatan elektronik atau ESC banyak digunakan dalam kendali jarak jauh dan aplikasi kendaraan.
  • Mobil listrik
  • Sepeda listrik
  • Pesawat listrik
  • Mobil
  • Helikopter
  • Pesawat terbang
  • Kapal
  • Quadcopters
  • ESC Firmware
Jadi, ini semua wacana pengontrol kecepatan elektronik atau ESC. Kami harap Anda menerima pengertian yang lebih baik wacana rancangan ini.