Kavitasi Pada Pompa - Jenis, Pencegahan Dan Aplikasi

Kavitasi pompa sanggup terbentuk lantaran ledakan gelembung uap di dalam pompa. Gelembung ini menempati ruang di dalam pompa sehingga tekanan operasi, serta pedoman pompa, sanggup terpengaruh. Ketika gelembung diperpanjang bukannya menjinjing lebih banyak cairan ke dalam pompa, maka energi motor sanggup terbuang tidak bermanfaat di tempat daya pompa yang rendah.

Ketika gelembung mengalir ke tempat tekanan tinggi pompa, energi motor sanggup terbuang lantaran penghematan gelembung bukannya memperluas cairan dari pompa. Gelembung uap sanggup jatuh saat mereka mengalir dari tempat bertekanan rendah ke tempat bertekanan tinggi di dalam pompa.

Kaprikornus fluida mengenai kepingan logam dengan kecepatan suara. Suara yang dihasilkan dari gelembung gas berefek ke dalam kepingan logam dalam pompa menghasilkan bunyi menyerupai kerikil & kelereng memompa.

Apa itu Kavitasi Pompa?

Kavitasi pompa sanggup didefinisikan selaku lantaran merupakan pembentukan gelembung uap di dalam pompa, jikalau tidak rongga dalam fluida di sekeliling impeler pada tekanan rendah. Ketika gelembung di pompa runtuh kemudian aktifkan gelombang kejut yang berpengaruh di dalam pompa, yang membuat kerusakan besar pada baling-baling pompa.

Ada banyak argumentasi untuk penyebab kavitasi pompa yang meliputi kegagalan Impeller, getaran ekstrim, dan penurunan aliran, lebih unggul dari pemanfaatan daya yang dibutuhkan, kenaikan suhu, kenaikan kecepatan cairan, keadaan pedoman cairan yang tidak dikehendaki yang disebabkan oleh persoalan dan berkurangnya pedoman atau memaksa.

Jenis Kavitasi Pompa

Ada dua jenis kavitasi pompa yakni kavitasi hisap dan kavitasi pengosongan.

Kavitasi pompa sanggup terbentuk lantaran ledakan gelembung uap di dalam pompa Kavitasi Pada Pompa - Jenis, Pencegahan dan Aplikasi

Kavitasi Hisap

Kavitasi hisap terjadi saat pompa berada di bawah tekanan rendah atau keadaan vakum tinggi. Ketika pompa tidak menerima pedoman cairan yang cukup, maka rongga atau, gelembung akan terbentuk di mata baling-baling.

Ketika gelembung menggantikan ke permukaan pengosongan pompa, maka keadaan fluida akan berubah, meminimalisir gelembung ke arah fluida & menyebabkannya runtuh berdekatan dengan permukaan impeller.

Sebuah impeller sudah menjadi korban kavitasi hisap yang mau meliputi potongan-potongan besar jikalau tidak ada bagian-bagian kecil dari materi yang hilang, menyebabkannya terlihat serupa dengan spons. Jenis kavitasi ini sanggup mengakibatkan lantaran beberapa argumentasi yang meliputi berikut ini.
  • Filter atau saringan yang tersumbat
  • Halangan di dalam pipa
  • Pompa berlangsung terlalu jauh pada kurva pompa
  • Desain perpipaan buruk
  • Kondisi hisap buruk

Kavitasi Pengosongan

Kavitasi pengosongan atau pelepasan terjadi saat kekuatan pengusiran pompa sungguh tinggi. Karena tekanan pengusiran tinggi, pedoman fluida akan sukar mengalir keluar dari pompa, sehingga mengalir di dalam pompa di antara impeller serta blok mesin pada kecepatan yang sungguh tinggi, yang mau mengakibatkan kekosongan pada pembagi blok mesin & pembentukan gelembung.

Dalam jenis kavitasi ini, keruntuhan gelembung akan mengaktifkan gelombang kejut yang berpengaruh yang mau mengakibatkan blok mesin pompa dan ujung impeller. Maka jenis kavitasi ini merupakan argumentasi untuk poros pendorong menuju break. Jenis kavitasi ini sanggup terjadi lantaran beberapa argumentasi yang meliputi berikut ini.
  • Obstruksi di dalam pipa di segi pengosongan
  • Saringan filter dinyatakan tersumbat
  • Pompa berlangsung terlalu jauh pada kurva pompa
  • Desain perpipaan buruk

Tanda-tanda Kavitasi

Setiap kali terjadi dilema mekanis atau struktural, sungguh penting untuk mempertahankan proses yang jago untuk menyidik langkah-langkah pompa untuk mengerti indikasi perayaan dini dari kavitasi. Satu atau lebih tanda-tanda berikut sanggup mengakibatkan kavitasi.
  • Kebisingan
  • Aliran atau kekuatan yang berkurang
  • Kegagalan alas (bearing) atau segel (seal)
  • Penggunaan daya yang tidak sanggup diprediksi
  • Kerusakan impeler secara bertahap
  • Getaran tiba-tiba

Pencegahan Kavitasi

Ketika pompa menghadapi dilema kavitasi, maka pencegahan sanggup dijalankan dengan menggunakan tata cara berikut.
  • Verifikasi filter dan saringan satu kali lantaran blok pada hisap, atau segi pengosongan sanggup mengakibatkan ketidakseimbangan kekuatan dalam pompa
  • Melihat kurva pompa dengan menggunakan pengukur tekanan & flow meter untuk mengerti pompa yang melakukan pekerjaan di atas kurva, dan konfirmasikan fungsinya pada ujung efisiensi terbaiknya.
  • Periksa kembali konsep pipa dengan menentukan jalur pedoman cairan dari pompa Anda yang cocok untuk keadaan kerja pompa.

Rumus Kavitasi Pompa NPSH

Kepanjangan dari NPSH merupakan Net Suction Head Net, dan sanggup didefinisikan selaku perbedaan utama antara tingkat tekanan terusan masuk serta tingkat tekanan paling rendah dalam pompa. Di kepingan utama pompa, gaya menyusut sebelum mengembangkan permukaan pengosongan ke arah tingkat atas ketimbang gaya intake.

Rumus untuk menjumlah Net Suction Head Net (NPSH) adalah

NPSH = PT-Pv / ρg

Dimana,
PT = Tekanan total masuk
Pv = Tekanan uap fluida
Ρ = densitas
G = percepatan gravitasi.

Jadi, ini semua mengenai kavitasi pompa. Setelah pencegahan kavitasi sanggup dijalankan maka umur, serta efisiensi pompa, sanggup ditingkatkan. Pencegahan kavitasi bernilai seribu perawatan. Jadi, amati pompa yang salah sebelum bermetamorfosis dilema utama dengan meluangkan waktu untuk memelihara pompa agar berlangsung lama.