Belitan Motor Listrik : Jenis Dan Kalkulasi (Perhitungan)

Sebuah Motor listrik ialah salah satu jenis mesin yang dipakai untuk merubah energi dari listrik ke mekanik. Sebagian besar motor melakukan pekerjaan menurut prinsip interaksi antara arus listrik serta medan magnet dalam lilitan kawat. Ini sanggup menciptakan gaya dalam bentuk rotasi poros.

Motor-motor ini sanggup ditenagai dengan sumber DC atau AC. baterai sedangkan inverter, jaringan listrik, generator. Sebuah generator secara mekanis menyerupai dengan motor namun melakukan pekerjaan dalam arah sebaliknya dengan merubah energi dari mekanis menjadi listrik.

Motor listrik sanggup dibangun dengan rotor, stator, celah udara, lilitan, ganjal (bearing), & komutator. Klasifikasi motor sanggup ditangani dengan pertimbangan menyerupai jenis sumber daya, konstruksi, jenis keluaran gerak, dan aplikasi. Artikel ini membahas apa itu lilitan motor, jenis, dan kalkulasinya.

Apa itu Lilitan Motor?

Pengertian Lilitan motor listrik adalah, Lilitan atau (belitan/gulungan/kumparan/winding) pada motor listrik yakni kabel yang diposisikan di dalam gulungan, lazimnya tertutup di sekeliling inti magnetik besi fleksibel yang dilapisi untuk membentuk kutub magnet sambil diperkuat dengan arus.

Mesin-mesin listrik tersedia dalam dua konfigurasi kutub medan magnet fundamental yakni kutub yang menonjol dan juga kutub yang tidak menonjol. Diagram lilitan motor ditunjukkan di bawah ini.

Sebuah Motor listrik ialah salah satu jenis mesin yang dipakai untuk merubah energi Belitan Motor Listrik : Jenis dan Kalkulasi (perhitungan)

Pada mesin konfigurasi kutub yang menonjol, kutub medan magnet sanggup dihasilkan dengan lilitan wound yang di bawah permukaan kutub. Dalam konfigurasi kutub yang tidak menonjol, lilitan sanggup didispersikan dalam celah tampang kutub.

Motor kutub berarsir meliputi lilitan yang diposisikan di sekeliling bab kutub yang menahan fasa medan magnet. Beberapa jenis motor tergolong konduktor dengan logam lebih tebal menyerupai lembaran logam atau batangan lazimnya tembaga, atau aluminium. Umumnya, ini digerakkan oleh daya dengan induksi elektromagnetik.

Jenis-jenis Lilitan Motor

Jenis-jenis lilitan motor yakni berisikan dua jenis yang meliputi berikut ini.
  • Lilitan Stator
  • Lilitan Rotor
Berdasarkan sambungan lilitan motor, lilitan mengerikan dinamo diklasifikasikan menjadi dua jenis yang meliputi selaku berikut.
  • Lilitan Lap
  • Lilitan Gelombang

Lilitan Stator

Slot pada inti stator dari lilitan motor 3 fasa menjinjing lilitan stator. Lilitan ini sanggup disuplai dengan supply AC 3 fasa. Lilitan Motor dalam 3 fasa yang terhubung dalam bentuk star atau delta menurut jenis sistem permulaan yang digunakan.

Sebuah Motor listrik ialah salah satu jenis mesin yang dipakai untuk merubah energi Belitan Motor Listrik : Jenis dan Kalkulasi (perhitungan)

Motor menyerupai kandang bajing sanggup sering berada di jalur oleh star ke delta stator & dengan demikian stator motor sanggup dihubungkan dalam delta. Motor induksi 3-fasa slip ring sedang berjalan dengan memasukkan resistansi, sehingga lilitan stator motor induksi slip ring sanggup dikaitkan dalam bentuk delta sebaliknya.

Setiap kali lilitan stator diberi energi oleh supply 3-fasa AC, maka ia menciptakan medan magnet berputar (RMF).

Lilitan Rotor

Pada motor, bab yang berputar dimengerti selaku rotor. Rotor meliputi lilitan rotor dan juga inti rotor. Lilitan rotor diberi energi oleh supply DC. Rotor sanggup diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni fasa wound dan kandang tupai.

Inti rotor kandang bajing berisikan inti besi silinder yang memiliki slot melengkung di atas permukaan eksternal daerah aluminium atau konduktor tembaga berada. Ini hubung pendek (konsleting) di ujung menggunakan cincin tembaga atau aluminium.

Induksi elektromagnetik yakni peristiwa di mana gaya elektromagnetik diinduksi dalam konduktor yang menjinjing konduktor alasannya yakni medan magnet variabel. Ketika arus merangsang dalam rotor maka itu menyebabkan rotor bergerak.

Lilitan Lap (putaran)

Putaran lilitan yakni salah satu jenis lilitan mengerikan dinamo. Koneksi konduktor sanggup ditangani di mana jalur dan kutub terhubung dengan cara yang sama. Bagian final dari masing-masing lilitan mengerikan dinamo dikaitkan dengan komutator.

Jumlah kuas dalam lilitan sama dengan jumlah jalur paralel. Ini dibagi sama rata menjadi dua lilitan polaritas menyerupai nyata & negatif. Aplikasi putaran lilitan khususnya terlibat dalam mesin arus tinggi dan tegangan rendah. Lilitan ini dikategorikan menjadi tiga tipe yakni simplex, duplex dan triplex jenis lilitan.

Lilitan Gelombang

Lilitan Gelombang tergolong jalur paralel di antara keduanya yang disikat menyerupai nyata & negatif. Bagian ujung lilitan mengerikan dinamo primer sanggup dikaitkan dengan bab permulaan dari komutator lilitan mengerikan dinamo selanjutnya dengan jarak tertentu.

Konduktor dalam jenis lilitan ini sanggup dihubungkan dengan dua jalur paralel dalam sebuah kutub mesin. Jumlah port paralel sanggup sama dengan arah jumlah brush (sikat), yang dipakai untuk mesin bertegangan tinggi dan arus rendah. Silakan merujuk ke tautan untuk mengenali lebih lanjut wacana Lilitan Putaran (Lap) & Lilitan Gelombang (wave).

Perhitungan Lilitan Motor

Kalkulasi atau Perhitungan Lilitan Motor kawat sanggup ditangani dengan menggunakan ohm meter. Hubungkan terminal nyata multimeter yang berwarna merah ke terminal nyata dari lilitan motor.

Demikian pula, hubungkan terminal negatif yang berwarna hitam ke terminal negatif lilitan motor. Pembacaan mesin motor berliku sanggup ditampilkan pada layar multimeter yang tahan ohm.

Dengan derma Ohm meter, lepaskan catu daya dari motor. Tempatkan meteran pada ohm dan lazimnya kisaran sanggup diperlukan dari 3 sampai 2 ohm. Jika kita mengamati bacaan menyerupai nol, dan pendek di antara fasa terjadi. Secara umum, jikalau terbuka maka akan berada di atas 2K ohm atau tak terbatas.

Jadi, ini semua wacana tinjauan biasa wacana teori putaran motor. Dari informasi di atas akhirnya, kita sanggup menyimpulkan bahwa lilitan dibentuk dengan kabel tembaga yang melilit inti untuk menciptakan atau mendapatkan energi elektromagnetik.

Kawat yang dipakai dalam lilitan mesti dilindungi. Tetapi dalam beberapa kasus, kita sanggup menyaksikan lilitan menyerupai tembaga telanjang namun cuma dilapisi dengan enamel. Bahan yang paling biasa dipakai untuk lilitan yakni tembaga.

Aluminium juga sanggup dipakai namun mesti lebih tebal untuk menahan beban serupa dengan aman. Lilitan tembaga memungkinkan untuk motor berskala kecil.

Lilitan motor ini yakni komponen yang sungguh penting dalam mesin listrik. Ini tergolong satu set lilitan di slot serta secara konsisten diposisikan di wilayah margin lilitan.