Gear Pump (Pompa Roda-Gigi) - Cara Kerja, Jenis Dan Kelebihan/Kekurangan

Pompa roda gigi atau Gear pump yakni salah satu jenis pompa yang paling kerap digunakan. Seperti namanya, pompa roda gigi ini dibikin dengan roda gigi (gear). Fungsi utama dari gear pump yakni untuk menampilkan energi gaya ke air di dalam pompa.

Secara sederhana, fungsi gear pump yakni untuk memindahkan air dari satu lokasi ke lokasi lain dengan derma instrumen roda gigi. Jika kekuatan tata cara tetap serupa maka mereka akan memasok dengan kecepatan pedoman tetap.

Artikel ini membahas Pengertian Gear-Pump (pompa roda gigi). Kaprikornus mari kita diskusikan tinjauan pompa ini dengan jenis, cara kerja, kelebihan, kelemahan dan aplikasinya.

Apa itu Gear Pump (pompa roda gigi)?

Pengertian gear pump adalah, itu yakni pompa PD (perpindahan positif) pompa berputar yang menolong Anda untuk memindahkan air atau cairan dengan derma roda gigi inbuilt.

Jenis pompa ini meliputi dua atau lebih roda gigi yang bikin gaya vakum untuk menggerakkan cairan di dalam pompa. Pompa roda gigi ini sanggup dibangun dengan banyak sekali bab menyerupai poros, rotor, dan casing.

Pompa roda gigi atau Gear pump yakni salah satu jenis pompa yang paling kerap dipakai Gear Pump (Pompa Roda-Gigi) - Cara Kerja, Jenis dan Kelebihan/Kekurangan

Pompa roda gigi ini memiliki tekanan tinggi dan tersedia dalam ukuran kecil untuk memasok pedoman cairan yang konstan & tidak berpulsa ketimbang jenis pompa lain menyerupai pompa diafragma & peristaltik. Manfaat utama menggunakan pompa ini lebih unggul menyerupai sanggup mendorong cairan dengan ketebalan tinggi, mudah digunakan, dioperasikan, dan juga dirawat.

Bagaimana Cara Kerja Pompa Roda-gigi?

Prinsip kerja pompa roda gigi atau gear pump adalah, ia menggunakan langkah-langkah gigi jika tidak berputar langkah-langkah untuk memindahkan cairan. Bagian yang berotasi memperpanjang tutup cairan oleh wadah pompa untuk bikin pengisapan pada susukan masuk pompa. Cairan yang ditarik ke dalam pompa sanggup dimasukkan ke dalam lubang gigi berputar dan dipindahkan ke output.

Jenis-jenis Pompa Roda-gigi (gear pump)

Pompa roda gigi ini diklasifikasikan ke dalam berbagai macam berlainan tapi beberapa desain pompa roda gigi dasar diklasifikasikan ke dalam dua jenis yang meliputi:
  • Pompa Roda Gigi Eksternal
  • Pompa Roda Gigi Internal

Pompa Roda Gigi Eksternal

Pompa roda-gigi eksternal sanggup dibangun dengan dua roda gigi, yakni saling mengunci dan identik di mana roda gigi saling terkunci dengan poros yang terpisah. Secara umum, gigi tunggal sanggup digerakkan dengan derma motor untuk menggerakkan gigi lainnya. Dalam beberapa kasus, poros sanggup digerakkan oleh motor listrik, dan ini ditahan dengan ganjal (bearing) di setiap segi casing.

Ketika roda gigi timbul dari mesh di segi inlet pompa, mereka menciptakan jumlah yang diperpanjang. Pasokan cairan ke dalam rongga serta terperangkap dengan gigi gigi alasannya roda gigi terus berputar di samping selubung pompa. Cairan yang terperangkap sanggup dipindahkan dari segi masuk ke segi keluar di daerah casing.

Ketika gigi persneling menjadi terhubung pada permukaan pelepasan pompa roda gigi, maka jumlahnya sanggup dikurangi & cairan dipaksa keluar di bawah kekuatan. Tidak ada cairan yang sanggup dipindahkan kembali ke tengah, di antara roda gigi, alasannya mereka terkait.

Toleransi yang erat di antara roda gigi serta epilog memungkinkan pompa untuk memperluas hisap pada susukan masuk & menghentikan cairan bocor mundur dari segi pengeluaran. Desain pompa roda gigi ini sanggup menggunakan roda gigi heliks, spur, atau herringbone.

Fitur Pompa Roda Gigi Eksternal

Fitur-fitur pompa ini meliputi berikut ini
  • Pompa ini berskala solid dengan desain sederhana
  • Ini cukup untuk mendistribusikan kapasitas tinggi alasannya outlet besar mereka.
  • Ia mengorganisir tekanan menyerupai rendah, sedang, atau tinggi
  • Dukungan poros serta toleransi erat pada kedua permukaan roda gigi.

Pompa Roda Gigi Internal

Pompa roda gigi internal melakukan pekerjaan pada prinsip yang serupa kecuali dua ukuran roda gigi pengait berlainan dengan yang satu berputar di antara yang lain. Rotor yakni gigi yang lebih besar dan juga gigi bab dalam, dan memiliki gigi yang menonjol di dalamnya.

Sebuah gigi eksternal kecil dipasang, dan ini khususnya dirancang untuk dihubungkan oleh rotor sehingga gigi-gigi terhubung pada satu ujung. Bushing dan pinion sanggup dihubungkan ke case pompa yang menahan idler di dalam lokasi.

Pembagi permanen setengah bulat permanen atau spacer seal void terbuat lewat lokasi pemasangan di luar sentra idler & melakukan menyerupai segel di antara port menyerupai masuk & keluar. Ketika roda gigi timbul dari mesh di segi masuk pompa, mereka menciptakan jumlah yang diperpanjang.

Pasokan cairan ke dalam rongga serta terperangkap dengan gigi gigi alasannya roda gigi terus berputar di samping selubung pompa. Cairan yang terperangkap sanggup dipindahkan dari segi masuk ke segi keluar di daerah casing.

Ketika roda gigi dihubungkan pada permukaan pompa, maka jumlahnya sanggup dikurangi & cairan dipaksa keluar alasannya tekanan. Rancangan pompa roda gigi dalam cuma menggunakan roda pacu.

Fitur Pompa Roda Gigi Internal

Fitur pompa roda gigi internal meliputi yang berikut ini
  • Itu sanggup dilaksanakan untuk fasa kecil.
  • Ini memiliki jejak yang sungguh besar dan besar.
  • Persyaratan net positive suction head (NPSH) sungguh rendah.

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Roda-gigi (Gear-pump)

Kelebihan dari gear pump yakni selaku berikut

  • Perawatannya sederhana
  • Ini menanggulangi banyak sekali kelekatan (viskositas)
  • Output sanggup dikontrol
  • Mudah merekonstruksi
  • Kavitasi kurang sensitif

Kekurangan dari gear pump yakni selaku berikut.

  • Cairan tersebut mesti bebas dari abrasive
  • Saling mengunci gigi juga sanggup berisik

Aplikasi Pompa Roda-gigi (Gear-pump)

Aplikasi gear pump yakni meliputi yang berikut ini.
  • Pompa ini biasanya dipakai untuk menggerakkan cairan dengan ketebalan tinggi menyerupai minyak, resin, cat, atau materi masakan lainnya.
  • Pompa roda gigi ini diseleksi jika dikehendaki output daya kekuatan tinggi. Pipa-pipa ini lebih disenangi dalam keadaan apa pun di mana pasokan tidak merata. Karena output pompa tidak terlampau dipengaruhi oleh gaya.
  • Baik pompa roda gigi internal maupun eksternal lazimnya dipakai dalam materi bakar, minyak pelumas, pelarut, dan alkohol yang berbeda
  • Pompa eksternal dipakai dalam pengawet kimia, metering polimer, pencampuran dan pencampuran aplikasi kimia, pertanian, industri, dan hidraulik bergerak.
Dengan demikian, ini semua wacana pompa roda gigi (gear pump), pompa roda gigi ini sanggup dipakai untuk memindahkan cairan dengan sering mengelilingi volume permanen dalam menghubungkan roda gigi atau geligi, memindahkannya secara otomatis untuk mendorong pedoman bebas pulsa yang relatif relatif kepada kecepatan putar roda gigi.

Info Pemesanan: 


PT. ASHANUA GLOBAL DINAMIKA

Email: info@ashanua.com

https://ashanua.com

Call: 081314734479

produk lainnya : pompa teral ~ pompa terada