Ic Lm7912 : Regulator Tegangan Negatif

Di nyaris semua rangkaian untuk aplikasi kami, kami menggunakan tegangan konkret dan negatif. Biasanya, perangkat ini dipakai dengan tegangan konkret dan ground, bukan tegangan negatif. Tegangan negatif yakni tegangan kurang dari tegangan ground. Ini sanggup didorong oleh catu daya dengan merubah polaritas.

Tegangan negatif juga sanggup menyebabkan kerusakan pada rangkaian apabila tidak stabil. Untuk menjadikannya stabil dan menawan tegangan output negatif konstan, regulator tegangan negatif digunakan. Salah satu jenis regulator yang tersedia di pasar yakni IC LM7912.

Apa itu IC LM7912?

Biasanya untuk memasok tegangan negatif ke rangkaian menyerupai -3.3V, tersedia tegangan proteksi -5V yang diambil dari catu daya berbasis transformator. Tetapi tegangan ini tidak sanggup menjadi regulator secara akurat.

Regulator tegangan konkret sanggup dipakai untuk tujuan ini namun mereka memperbesar kegaduhan dan gangguan pada tegangan output. Selain itu, untuk menertibkan tegangan output, rangkaian akan menggunakan pembagi resistif menurut -5V bukan pada 0V. Hal ini menyebabkan buruknya akurasi regulator.

Regulator tegangan diperlukan untuk menciptakan output yang stabil bahkan saat input berfluktuasi. Secara umum, rangkaian ini memiliki penguat diferensial yang bertindak selaku komparator atau pembanding antara tegangan input dan output. Ini ditawarkan dengan tegangan rujukan sama dengan tegangan output.

Perbedaan tegangan minimum dalam output dan tegangan rujukan yang sanggup dideteksi oleh penguat diferensial dan dikontrol oleh regulator disebut nilai Dropout dari regulator.

Tegangan input yang mau dipraktekkan untuk kerja regulator mesti lebih besar dari jumlah tegangan output dan nilai dropout dari regulator. Jika keadaan tegangan input tidak diterapkan, regulator cuma melakukan pekerjaan selaku rangkaian resistif di mana input sama dengan output.

IC LM7912 yakni regulator tegangan negatif yang dipakai untuk menertibkan tegangan negatif. Ini dirancang khusus untuk menertibkan tegangan negatif. Ini dirancang dengan noise paling rendah dan rasio penolakan catu daya tertinggi. Tegangan output IC LM7912 yakni -12V.

Konfigurasi Pin IC LM7912 

Seri regulator LM79xx hadir dalam paket daya TO-220. Perangkat berisi tiga terminal. Mereka yakni Input, Output dan Ground. Perangkat ini menampilkan arus output 1.5A. IC LM7912 tersedia dengan tegangan tetap menyerupai -5V, -12V, -15V.

Di nyaris semua rangkaian untuk aplikasi kami IC LM7912 : Regulator Tegangan Negatif

Terminal ground dipakai untuk menawarkan landasan bareng untuk terminal input dan output. Pin ini terhubung ke ground. Ke terminal input, tegangan yang tidak dikontrol diterapkan. Output yang dikontrol diambil dari terminal output.

Diagram Rangkaian IC LM7912 dan Cara Menggunakannya

Karena ialah regulator/pengatur tegangan negatif, sumber daya yang dipakai atau input yang dipraktekkan ke rangkaian mesti negatif. Jadi, polaritas input terbalik di rangkaian. IC LM7912 melakukan pekerjaan dengan tegangan input di kisaran -14V sampai -27V.

Di nyaris semua rangkaian untuk aplikasi kami IC LM7912 : Regulator Tegangan Negatif

Kapasitor dipakai baik pada terminal input dan output untuk menyaring kegaduhan dalam sinyal. rangkaian ini juga memiliki metode proteksi untuk keistimewaan panas yang disebabkan oleh disipasi daya yang berlebihan.

Untuk menangkal arus maksimum rangkaian, ditawarkan proteksi hubung singkat (konsleting) internal. Ketika tegangan lintas transistor meningkat, arus output berkurang. Untuk mengkompensasi kerugian ini, kompensasi area kondusif output transistor disediakan.

Di mana Harus Menggunakan IC LM7912?

IC LM7912 yakni IC regulator tegangan negatif. Rangkaian ini dipakai di mana ada tolok ukur penerapan tegangan negatif. Seperti, di rangkaian analog, di sensor dll...

Karena IC ini tersedia untuk aneka macam konfigurasi tegangan tetap menyerupai -5V, -12V, -15V, menurut tolok ukur aplikasi ini dipilih. Arus output yang ditawarkan oleh IC ini yakni 1A, namun dengan arus pendingin yang sempurna sampai 2.2A sanggup ditarik darinya.

Spesifikasi IC LM7912 

Spesifikasi IC LM7912 tergolong yang berikut.
  • IC LM7912 yakni regulator tegangan negatif 12V.
  • Ini memiliki input tegangan minimum -14.5 V.
  • Input tegangan maksimum IC LM7912 yakni -27 V.
  • Ia melakukan pekerjaan dengan arus output puncak 2.2 A.
  • Arus output rata-rata IC LM7912 yakni 1 A.
  • Ini memiliki keistimewaan panas internal dan proteksi menangkal arus hubung singkat (konsleting).
  • IC LM7912 cuma tersedia dalam paket TO-220.
  • Kapasitor Bypass diperlukan untuk operasi yang stabil.
  • Output Kapasitor bypass mengembangkan respons transien regulator.
  • Jika aluminium elektrolit dipakai untuk kapasitor bypass, nilainya mesti 10μF atau lebih besar.
  • Kisaran suhu persimpangan operasi yakni 0°c sampai + 125°c.
  • Kisaran suhu penyimpanan yakni -65°C TO + 150°C.
  • Temperatur timbal yakni 230°C.
  • Penolakan riak tinggi.

Aplikasi IC LM7912 

Aplikasi IC LM7912 tergolong yang berikut ini.
  • Ini sanggup dipakai dalam rangkaian analog dan digital selaku daya atau tegangan referensi.
  • IC ini sanggup dipakai selaku pembatas arus dalam aneka macam aplikasi.
  • IC LM7912 memiliki supply ganda.
  • Ia juga memiliki rangkaian polaritas-pembalikan-perlindungan output.
  • Regulator 1A stabilitas tinggi.
  • Sebagai arus sumber.
  • Pengontrol Cahaya menggunakan fotosel silikon.
  • Pengontrol cahaya sensitivitas tinggi.
  • Dual trimmed supply.

Persamaan IC Regulator Tegangan

Regulator tegangan setara yang mempunyai kegunaan serupa IC LM7912 yakni LM7905, LM7915, dan LM7918. Di sini nilai 79 menampilkan bahwa itu yakni regulator tegangan negatif. Dua digit selanjutnya setelah 79 menampilkan nilai tegangan output yang ditawarkan oleh regulator.

LM7905 menampilkan output -05V. LM7915 menampilkan bahwa regulator menciptakan output -15V dan LM7918 menampilkan output -18V.

Biasanya, rujukan negatif diperlukan menggunakan perangkat menyerupai dioda Zener untuk menciptakan rujukan negatif digunakan. Ini yakni penyelesaian yang mudah tetapi, saat daya dari transformator dipakai untuk rujukan itu niscaya memiliki kegaduhan dan fluktuasi tegangan. Jadi, regulator tegangan negatif sungguh berkhasiat dalam suasana menyerupai itu. Karakteristik listrik lebih lanjut sanggup didapatkan dalam lembar data IC LM7912.