Pompa Vertikal : Jenis, Prinsip Kerja Dan Aplikasi

Pompa vertikal khususnya meliputi konfigurasi yang berlainan seumpama pompa submersible, double case, wet-pit, handling solid, sump, dan slurry. Mereka mematuhi persyaratan ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi), ASME (Perkumpulan Insinyur Mekanik Amerika) atau proses efisien API (American Petroleum Institute), dan menjamin keandalan.

Pompa vertikal tersedia dalam banyak sekali ukuran, materi serta variasi hidrolik. Kombinasi-kombinasi ini secara khusus cocok untuk digunakan dalam aplikasi yang berlainan seumpama di mana konsistensi & efisiensi yang tidak fleksibel pada banyak sekali ajaran ialah input. Artikel ini membahas pemahaman pompa vertikal.

Apa itu Pompa Vertikal?

Pompa turbin vertikal juga dipahami selaku pompa turbin dalam. Pompa vertikal yakni ajaran campuran, atau pompa sentrifugal vertikal sumbu yang meliputi tahapan impeler berputar & mangkuk stasioner untuk memproses baling-baling pemandu. Pompa vertikal digunakan di mana pun tingkat pemompaan air l berada di bawah batas pompa sentrifugal volute.

Pompa vertikal khususnya meliputi konfigurasi yang berlainan seumpama pompa submersible Pompa Vertikal : Jenis, Prinsip Kerja dan Aplikasi

Pompa vertikal ini mahal dan lebih rumit untuk dipasang dan diperbarui. Perancangan head tekanan khususnya tergantung pada panjang impeller serta kecepatan putarannya. Head tekanan yang dirancang dengan impeler tunggal tidak sanggup menjadi besar. Karena kepala komplemen sanggup diraih dengan memasukkan panggung tambahan, atau bowl assemblies.

Prinsip Kerja Pompa Vertikal

Prinsip kerja pompa vertikal adalah, mereka umumnya melakukan pekerjaan dengan mesin diesel atau listrik AC motor induksi seluruh sudut drive yang tepat. Bagian terakhir dari pompa ini sanggup dirancang dengan impeller pemintalan minimal. Ini sanggup dihubungkan ke poros lewat air sumur ke dalam mangkuk atau casing diffuser.

Beberapa impeler sanggup digunakan dengan banyak sekali konfigurasi di atas poros yang serupa untuk menciptakan tekanan tinggi. Ini akan dikehendaki untuk sumur dalam di permukaan bumi.

Pompa vertikal ini melakukan pekerjaan setiap kali air mengalir lewat pompa di dasar seluruh bel isap dan bentuknya seumpama bab bel. Setelah itu, ia bergerak ke pendorong tahap utama untuk mengembangkan kecepatan air. Kemudian air mengalir ke mangkuk diffuser secepatnya di atas impeller, di mana energi berkecepatan tinggi ini sanggup diubah menjadi tekanan tinggi.

Cairan dari mangkuk juga memasok ke impeller sekunder yang sanggup diposisikan pribadi di atas mangkuk. Makara tata cara ini berlanjut sepanjang fase pompa. Setelah pasokan air menjauh dari mangkuk diffuser sebelumnya, kemudian mengalir selama pipa kolom vertikal panjang saat mengalir dari sumur bor ke arah luar.

Poros berputar di dalam kolom sanggup disokong pada interval 3 atau 5 langkah lewat bushing lengan. Ini diposisikan di dalam kolom & diminyaki oleh air yang mengalir melewatinya. Kepala pelepasan pompa akan terletak di permukaan pompa ini yang memungkinkan ajaran air untuk merubah arah, ke arah pipa pembuangan. Motor AC dorong tinggi vertikal diposisikan di bab atas kepala pelepasan.

Jenis-jenis Pompa Vertikal

Berbagai jenis pompa vertikal khususnya termasuk
  • Pompa in-line
  • Pompa barel
  • Kolom vertikal memompa
  • Pompa submersible
  • Pompa sumur dalam
  • Can pump
  • Beberapa jenis pompa yang lebih terkait yakni turbin vertikal, jumlah vertikal, proses, dan pompa industri.

Aplikasi Pompa Vertikal

Penggunaan pompa vertikal khususnya meliputi yang berikut ini.
  • Pompa vertikal ini khususnya digunakan di mana penggunaan pompa submersible tidak memungkinkan alasannya yakni argumentasi seumpama ajaran air di atas kisaran pompa; atau, pemilik memutuskan motor biasa yang terletak di puncak pompa.
  • Mereka juga biasa memamerkan air api ke pabrik-pabrik industri.
  • Pompa ini umumnya digunakan di sumur untuk memasok air ke pertanian selain irigasi.
  • Pompa ini juga sanggup digunakan untuk memompa air dari sungai, sumur bor, dan reservoir.
Jadi, ini semua ihwal pompa vertikal, yakni vertikal. Laju ajaran pompa vertikal ini berkisar antara 50 gpm-30.000 gpm. Pompa vertikal ini sungguh fleksibel alasannya yakni pompa ini sanggup dibangun dengan satu atau banyak tahapan. Kelebihan dari pompa vertikal yakni salah satu jenis pompa sentrifugal yang paling umum.