Jenis-Jenis Variabel Resistor, Fungsi Dan Aplikasi

Sebuah variabel resistor merupakan komponen paling signifikan yang didapatkan di banyak perangkat listrik untuk mengatur nada, bass dan juga volume. Ini disebabkan oleh fakta bahwa resistor sanggup dihubungkan bareng dengan komponen lain untuk membentuk filter untuk level yang diinginkan.

Mereka juga sanggup dipakai di monitor komputer untuk warna atau posisi serta peredupan atau lampu switching. Ini diraih lewat digital ke analog dan analog ke rangkaian digital ; satu laba embel-embel merupakan kenop sanggup diputar alih-alih mengetik nilai setiap kali Anda ingin merubah warna atau kecerahan.

resistor merupakan komponen paling signifikan yang didapatkan di banyak perangkat listrik untu Jenis-jenis Variabel Resistor, Fungsi Dan Aplikasi

Jenis jenis Variabel Resistor

Sebuah variabel resistor merupakan suatu resistor di mana nilai persoalan listrik sanggup disesuaikan. Juga variabel resistor merupakan transduser elektro-mekanis yang biasanya melakukan pekerjaan dengan memindah kontak (menghapus) di atas elemen resistif.

Sebuah variabel resistor dipakai lantaran pembagi mempunyai kesempatan dengan 3 terminal dimengerti selaku potensiometer. Ketika mempunyai dua terminal, ia bertindak selaku variabel resistor, yang dimengerti selaku Rheostat.

Sebuah variabel resistor yang dikendalikan secara elektronik mengontrol secara elektronik alih-alih menggunakan agresi mekanis. Resistor ini disebut selaku potensiometer digital.

resistor merupakan komponen paling signifikan yang didapatkan di banyak perangkat listrik untu Jenis-jenis Variabel Resistor, Fungsi Dan Aplikasi

Potensiometer

Potensiometer merupakan variabel resistor biasa. Berfungsi selaku pembagi potensial, yang dipakai untuk menciptakan sinyal tegangan tergantung pada lokasi potensiometer. Ini merupakan sinyal yang sanggup dipakai untuk banyak sekali aplikasi yang sungguh luas tergolong kendali gain amplifier, pengukuran jarak atau sudut, penyetelan rangkaian dan banyak lagi.

Setiap kali variabel resistor dipakai untuk menyetel atau mengkalibrasi rangkaian atau aplikasinya atau potensiometer trimmer atau trimpot digunakan, ini biasanya merupakan potensiometer yang mempunyai rating lebih rendah yang dipasang pada papan rangkaian, dan sanggup diubahsuaikan dengan menggunakan obeng.

resistor merupakan komponen paling signifikan yang didapatkan di banyak perangkat listrik untu Jenis-jenis Variabel Resistor, Fungsi Dan Aplikasi

Rheostat

Rheostat banyak terkait dengan potensiometer dalam hal konstruksi, tapi mereka tidak dipakai selaku pembagi potensial, sebaliknya rheostat dipakai selaku variabel resistor. Rheostat cuma sanggup menggunakan 2 terminal ketimbang potensiometer 3 terminal. Satu koneksi terhubung di salah satu ujung elemen resistif, yang lain merupakan pada penghapus dari variabel resistor.

Pada zaman kuno, rheostat dipakai selaku perangkat pengontrol daya, yang dihubungkan secara seri dengan beban, seumpama bola lampu. Saat ini rheostat tidak lagi dipakai selaku pengontrol daya lantaran merupakan tata cara yang tidak efisien. Untuk kendali daya, rheostat diganti dalam perangkat switching elektronik yang sungguh efisien. Pada variabel preset, resistor ditransfer selaku rheostat, yang dipakai dalam rangkaian untuk menjalankan penyetelan atau kalibrasi.

resistor merupakan komponen paling signifikan yang didapatkan di banyak perangkat listrik untu Jenis-jenis Variabel Resistor, Fungsi Dan Aplikasi

Resistor Digital

Digital variabel resistor merupakan jenis variabel resistor yang dipakai setiap kali pergeseran resistansi tidak ditangani oleh gerakan mekanik, tapi oleh sinyal elektronik. Mereka juga sanggup merubah resistansi dalam tindakan terpisah dan sering dikelola oleh protokol digital seumpama I2C atau dengan sinyal naik dan turun yang sederhana.

resistor merupakan komponen paling signifikan yang didapatkan di banyak perangkat listrik untu Jenis-jenis Variabel Resistor, Fungsi Dan Aplikasi

Preset

Preset sama seumpama model kecil dari variabel resistor. Mereka sanggup diposisikan dengan mudah di PCB dan juga sanggup diubahsuaikan ketika dibutuhkan. Nilai persoalan biasanya diubahsuaikan dengan derma driver sekrup. Mereka sering dipakai dalam aplikasi yang mempunyai nada frekuensi alarm yang sanggup diubahsuaikan atau rangkaian sensitivitas yang sanggup disesuaikan.

Ini merupakan yang paling murah di antara perangkat yang disebutkan di atas. Ini juga merupakan preset yang sungguh spesifik yang mempunyai pilihan multi-turn. Dalam jenis preset ini, resistansi ditingkatkan atau dikurangi secara sedikit demi sedikit dan oleh lantaran itu sekrup mesti diputar lebih banyak kali.

resistor merupakan komponen paling signifikan yang didapatkan di banyak perangkat listrik untu Jenis-jenis Variabel Resistor, Fungsi Dan Aplikasi

Koneksi Variabel Resistor

Variabel Resistor dipakai selaku rheostat ketika salah satu ujung resistan dilacak dan terminal penghapus dihubungkan ke rangkaian dan terminal lain dari jalur resistan tetap terbuka. Dalam hal ini, persoalan listrik dihubungkan antara terminal jalur dan terminal penghapus yang tergantung pada posisi penghapus (penggeser) pada jalur resistan.

Suatu variabel resistor juga sanggup dipakai selaku potensiometer ketika kedua ujung jalur persoalan dihubungkan ke rangkaian input dan salah satu ujung jalur persoalan tersebut dan terminal penghapus dihubungkan ke rangkaian output.

resistor merupakan komponen paling signifikan yang didapatkan di banyak perangkat listrik untu Jenis-jenis Variabel Resistor, Fungsi Dan Aplikasi

Dalam hal ini, ketiga terminal sedang digunakan. Kadang-kadang, dalam rangkaian elektronik, mungkin ada kriteria resistansi atau persoalan yang sanggup beradaptasi, tapi modifikasi ini cuma diharapkan sekali atau sungguh sering.

Ini ditangani dengan menghubungkan resistor preset di rangkaian. Resistor preset merupakan salah satu jenis variabel resistor yang nilai resistansi listriknya sanggup diubahsuaikan dengan menyesuaikan sekrup yang sanggup disetel yang terpasang padanya.

Prinsip kerja dari Variabel Resistor

Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, variabel resistor berisikan trek yang menawarkan jalur resistansi. Dua terminal mesin terhubung ke kedua ujung lintasan. Terminal ketiga dikaitkan dengan penghapus yang menyeleksi gerakan trek. Gerakan penghapus di sepanjang trek menolong mengembangkan dan menghemat hambatan.

Lintasan biasanya yang dibikin dari adonan keramik dan logam atau sanggup dibentuk dari karbon juga. Karena materi resistif diperlukan, jenis film karbon dari variabel resistor biasanya digunakan. Mereka sanggup didapatkan dalam aplikasi di rangkaian peserta radio, rangkaian penguat audio dan peserta TV.

Rotary track resistor mempunyai dua aplikasi: satu untuk memodifikasi persoalan dan yang yang lain - tata cara sakelar - yang dipakai untuk kontak listrik dan non-kontak dengan operasi sakelar on/off.

Ada tata cara sakelar di mana variabel resistor dengan penampang annular dipakai untuk mengatur peralatan. Trek yang dibentuk di jalur lurus disebut slider. Karena posisi slider tidak sanggup dilihat atau dikonfirmasi sesuai dengan modifikasi hambatan,

Penggunaan Variabel Resistor

Sebuah Variabel Resistor sanggup dipakai sebagian besar dengan dua cara berbeda. Ketika salah satu ujung jalur resistan dan terminal penghapus dihubungkan dengan rangkaian, maka arus lewat batas resistor sesuai dengan posisi kontak penghapus di jalur resistan.

Ketika kontak penghapus bergeser jauh dari ujung yang terhubung dari jalur resistansi, nilai resistif dari resistor meningkat dan arus turun lewat rangkaian - yang berarti, variabel resistor bertingkah seumpama rheostat.

Penggunaan lain merupakan selaku potensiometer. Dalam hal ini kedua ujung jalur persoalan dihubungkan dengan sumber tegangan. Oleh lantaran itu, penurunan tegangan di trek resistansi sama dengan nilai sumber tegangan. Sekarang rangkaian output atau beban terhubung di salah satu ujung jalur resistan dan terminal yang dihapus.

Oleh lantaran itu, tegangan melintasi terminal beban merupakan fraksi dari tegangan sumber dan itu tergantung pada posisi terminal penghapus di jalur resistansi. Ini merupakan aplikasi lain yang dipakai variabel resistor. Potensiometer dipakai untuk mengontrol tegangan, sedangkan rheostat dipakai untuk mengontrol arus listrik.

Aplikasi dari Variabel Resistor

Variabel resistor sanggup didapatkan di
Elektronika masa depan mempunyai pilihan lengkap variabel resistor dengan ukuran berlainan dari beberapa produsen ketika mencari chip variabel resistor, potensiometer variabel resistor, variabel resistor 12 volt, variabel resistor digital, variabel resistor daya tinggi, atau resistor pemangkas.

Cukup pilih dari atribut teknis variabel resistor di bawah ini dan hasil penelusuran Anda akan dengan segera dipersempit agar sesuai dengan keperluan aplikasi variabel resistor spesifik Anda.

Jadi, ini semua mengenai jenis variabel resistor, prinsip kerjanya dan aplikasinya. Kami harap Anda mendapat pengertian yang lebih baik mengenai info ini.