Kontrol Intensitas Otomatis Lampu Jalan Dan Cara Kerja Dengan Aplikasi

Di masa lalu, lampu jalan di jalan diatur secara manual. Namun, di sekarang ini lampu jalan diatur secara otomatis atau dengan teknologi otomasi yang muncul. Tetapi orang sanggup menyaksikan bahwa tidak ada kewajiban intensitas tinggi di jam-jam sibuk yakni di saat tidak ada kemudian lintas dan bahkan di waktu pagi hari.

Dengan meminimalisir intensitas cahaya menggunakan lampu LED, energi sanggup dilestarikan. Artikel ini membahas tentang perancangan kendali intensitas otomatis lampu jalan menggunakan komponen elektronik dan listrik sederhana menyerupai LED, mikrokontroler, kerja dan tujuan serta aplikasi proyek ini.

Kontrol Intensitas Otomatis Lampu Jalan

Secara umum, lampu jalan di jalan raya dirancang dengan lampu intensitas tinggi yang menyantap lebih banyak energi dan juga tidak sanggup diubah sesuai kebutuhan. Dengan demikian, metode yang dianjurkan menangani duduk urusan ini dengan menggunakan LED dan bukannya lampu HID di metode lampu jalan.

Sehingga intensitas cahaya sanggup diubah dan dikendalikan sesuai kebutuhan. Mikrokontroler 8051 diprogram dengan isyarat untuk mengontrol intensitas cahaya dengan menciptakan sinyal PWM yang menciptakan MOSFET untuk menggugah LED ON untuk mendapat hasilnya.

Oleh alasannya yakni itu, intensitas lampu jalan meningkat selama waktu malam dan secara sedikit demi sedikit menyusut di malam hari dan berlanjut lagi di pagi hari jam 6 pagi.

 lampu jalan di jalan diatur secara manual Kontrol Intensitas Otomatis Lampu Jalan dan Cara Kerja dengan Aplikasi

Rangkaian dan Cara Kerja Kontrol Intensitas Otomatis Lampu Jalan

Tujuan utama dari proyek ini yakni untuk mengontrol intensitas lampu jalan dan juga meminimalisir penggunaan listrik di lampu jalan dengan menggunakan LED di kawasan lampu HID. Proyek ini menggunakan mikrokontroler 8051 yang menciptakan sinyal PWM (modulasi lebar pulsa) yang mengingatkan MOSFET untuk menggugah ON untuk meraih operasi yang ideal.

Persyaratan perangkat keras dan perangkat lunak utamanya meliputi Transformator, Dioda, Resistor, Kapasitor, LED, LED, 8051 mikrokontroler, kristal, MOSFET, kompiler Keil, dan embedded bahasa c.

 lampu jalan di jalan diatur secara manual Kontrol Intensitas Otomatis Lampu Jalan dan Cara Kerja dengan Aplikasi

Sebagian besar penerangan jalan dilaksanakan lewat lampu HID (High Intensity Discharge), yang konsumsi energinya tinggi.

Intensitas cahaya tidak sanggup diatur sesuai dengan kebutuhan. Ini sanggup diselesaikan dengan metode alternatif metode pencahayaan dengan menggunakan lampu LED. Proyek ini mengambarkan penggunaan lampu LED selaku sumber cahaya dan kendali intensitas yang sanggup disesuaikan, sesuai dengan kebutuhan.

Umur lampu yang digunakan dalam metode ini lebih dan juga menyantap daya lebih minim daripada lampu HID. Tujuan utama dari proyek ini yakni untuk mengontrol intensitas cahaya sesuai keadaan selama jam non-puncak, yang sulit dipercayai pada lampu HID.

Seperangkat LED digunakan untuk menciptakan lampu jalan dan menurut sinyal modulasi lebar pulsa (PWM) yang dihasilkan, mikrokontroler 8051 meliputi isyarat yang sanggup diprogram yang menertibkan intensitas cahaya.

Sesuai instruksi, intensitas cahaya tetap tinggi selama malam hari. Ketika kemudian lintas di jalan raya condong menyusut secara sedikit demi sedikit pada malam hari, intensitas lampu jalan juga menyusut secara sedikit demi sedikit sampai pagi hari. Itu betul-betul ditutup pada pagi hari jam 6, dan sekali lagi berlanjut pada jam 6 sore. Proses ini terus berulang.

 lampu jalan di jalan diatur secara manual Kontrol Intensitas Otomatis Lampu Jalan dan Cara Kerja dengan Aplikasi

Selanjutnya, proyek ini sanggup dikembangkan dengan menggabungkannya dengan panel surya, alasannya yakni merubah intensitas energi matahari menjadi tegangan yang setara, dan energi ini digunakan untuk lampu jalan raya. Seperti namanya, ini menggunakan lampu jalan yang sungguh sederhana.

Beberapa laba utama dari mereka utamanya meliputi: tidak perlu mengontrol secara manual, hemat energi, dengan lampu LED meminimalisir biaya, masa pakai lampu jalan sanggup ditingkatkan, deteksi kendaraan, stabilitas yang bagus dalam dingin, sensitivitas tinggi, menurut pada intensitas cahaya yang bekerja, sepenuhnya otomatis, desainnya sungguh sederhana dengan komponen dan lampu jalan yang cerdas.

Beberapa Proyek Berbasis Lampu Jalan Lainnya

Daftar beberapa proyek berbasis lampu jalan tercantum di bawah ini.
  • Peredaman Waktu Idle dari Lampu Jalan LED menurut Gerakan Kendaraan
  • Pensinyalan Tersinkronisasi menurut Manajemen Lalu Lintas Cerdas
  • Intensitas Terkendali Lampu Jalan ke Penghematan Energi
  • Otomatisasi Berbasis Protokol RTC dan I2C pada Lampu Jalan LED
  • Siang Hari Otomatis Mematikan Sistem Pencahayaan Matahari
  • Implementasi Solar Inverter untuk Aplikasi Rumah, Lampu Jalan, Taman
  • PIC Microcontroller berbasis Kontrol Intensitas Otomatis Lampu Jalan
  • Penghemat Energi Berbasis Resistor Tergantung Cahaya (LDR) untuk Mengontrol Intensitas Cahaya Jalan
  • Kontrol Intensitas Otomatis berbasis Arduino dari Lampu Jalan LED
  • Lampu Jalan Tenaga Surya menggunakan Raspberry Pi
Dengan demikian, postingan ini menguraikan perancangan kendali intensitas otomatis rangkaian lampu jalan dan cara kerjanya. Proyek ini berfungsi dengan baik untuk menghidupkan/mematikan lampu jalan.

Setelah merancang proyek, lampu jalan menggunakan LED sudah sukses diatur oleh mikrokontroler 8051. Dengan isyarat dari pengontrol, lampu jalan akan AKTIF di kawasan gelap.

Kaprikornus balasannya kita sanggup menyimpulkan bahwa, rangkaian ini sanggup digunakan di jalan raya antar kota. Kami harap Anda mendapat pengertian yang lebih baik tentang konsep ini.