Perbedaan Antara Motor Dan Generator (Ac/Dc)

Dari prinsip kerja elektrostatik pada 1740-an sampai motor universal dikala ini, motor listrik dan generator sudah berevolusi lewat sejumlah besar perubahan. Meskipun standar perangkat kerasnya serupa, motor & generator berlawanan dalam sikap operasionalnya. Saat ini motor dan generator sudah menjadi alat listrik umum, yang dipakai di nyaris setiap alat listrik.

Di antara mereka sendiri, motor dan generator berlawanan tergantung pada sumber dayanya, jenis belitan yang digunakan, dengan sikat (brush) atau tanpa sikat (brushless), pendingin udara atau pendingin air. Sebelum mengenali perbedaan mereka, sebelumnya kita mengenal motor listrik dan generator listrik.

Apa itu Motor Listrik dan Generator?

Pengertian motor listrik dan generator dibahas di bawah ini. Motor yaitu perangkat listrik yang sanggup merubah energi listrik menjadi energi mekanik, menggunakan prinsip-prinsip listrik dan magnet. Motor berisi yang berikut ini.

 motor listrik dan generator sudah berevolusi lewat sejumlah besar pergantian Perbedaan antara Motor dan Generator (AC/DC)
  • Stator - magnet permanen.
  • Rotor - bab yang berputar yang mengandung kumparan penghantar di dalamnya,
  • Shaft - menciptakan energi mekanik
  • Komutator - untuk menerapkan arus bolak-balik ke rotor.
  • Sikat (brushes) - Untuk menciptakan kontak antara catu daya dan komutator.

Prinsip Kerja

Ketika daya dihidupkan, sikat memasok arus ke Komutator. Ini komutator yang menempel pada kumparan berputar, satu untuk setiap akhir. Arus yang lewat dari komutator ke coil, diposisikan di antara kutub magnet permanen, stator. Ketika arus bergerak di coil, medan magnet diinduksi di sekeliling coil.

Medan magnet ini bersinggungan dengan medan magnetik magnet permanen dan alasannya yaitu karakteristik magnetisme yang menyerupai kutub saling tolak dan tidak menyerupai kutub yang menarik, coil mulai berputar. Ketika rotor memutar poros yang menempel padanya juga berputar, sehingga merubah energi listrik yang dipraktekkan menjadi energi mekanik.

Generator Listrik

Perangkat yang sanggup merubah energi mekanik menjadi energi listrik disebut generator. Persyaratan perangkat keras generator sama tetapi prinsip kerjanya berbeda. Di sini di saat energi mekanik dipraktekkan pada poros, rotor berputar dan gerakan rotor ini di antara magnet permanen mulai menciptakan listrik di dalam gulungan rotor. Listrik ini dikumpulkan oleh sikat (burshes).

 motor listrik dan generator sudah berevolusi lewat sejumlah besar pergantian Perbedaan antara Motor dan Generator (AC/DC)

Perbandingan antara Motor Listrik dan Generator

Motor listrik
Generator Listrik
Menghasilkan energi mekanik dari energi listrik.
Menghasilkan energi listrik dari energi mekanik
Listrik diinginkan untuk operasinya.
Ini menciptakan listrik.
Kaidah tangan kiri Flemings disertai untuk mengenali arah gerak.
Kaidah asisten Fleming disertai untuk mengenali arah listrik yang dihasilkan.
Sumber energi yaitu jaringan listrik, supply listrik.
Sumber energi yaitu turbin uap, turbin air, mesin pembakaran internal.
Motor dipakai dalam Mobil, elevator (lift), kipas, pompa, dll
Generator dipakai dalam rantai supply daya di industri, tujuan pengujian di laboratorium, penerangan umum, menyalakan baterai, dll

Perbedaan antara Motor AC dan Motor DC

  • Di motor AC, sumber dayanya yaitu supply listrik AC sedangkan di motor DC didapat dari baterai.
  • Pada motor AC tidak ada komutator dan sikat yang dipakai sedangkan pada motor DC ini memainkan bab penting dalam operasi mereka.
  • Pada motor AC angker dinamo (rotor) stasioner dan medan magnet berputar sedangkan pada motor DC sebaliknya.
  • Motor AC cocok untuk aplikasi industri besar sedangkan motor DC cocok untuk aplikasi domestik.

Perbedaan antara Generator AC dan Generator DC

  • Generator AC menciptakan daya listrik AC sedangkan generator DC menciptakan daya listrik DC.
  • Pada generator DC arus mengalir dalam satu arah sedangkan pada generator AC arus balik secara berkala.
  • Di DC generator ring split dipakai mereka aus dengan segera sedangkan di AC generator slip ring digunakan, sehingga mereka memiliki efisiensi tinggi.
  • Generator AC dipakai untuk aplikasi domestik kecil sedangkan generator DC dipakai untuk memberi daya pada motor besar.
Ini yaitu perbedaan utama antara Motor dan Generator. Berdasarkan aplikasi, persyaratan, dan jenis opsi catu daya dibentuk antara motor dan generator. Ada aneka macam jenis motor AC dan generator AC serta motor DC dan generator DC. Beberapa tipe pada generator DC yaitu generator wound shunt, generator wound seri, dll.