Pompa Sentrifugal : Karakteristik, Prinsip Kerja, Jenis Dan Aplikasi

Mesin pertama yang dikarakterisasi menjadi pompa sentrifugal dinamai mesin pengangkat lumpur. Mesin ini timbul pada tahun 1475 oleh Francesco di Giorgio Martini. Dia yakni seorang insinyur Renaisans Italia.

Namun, pompa sentrifugal yang berbarengan tidak diimplementasikan hingga periode ke-17, sementara Denis Papin mendesain pompa dengan tunjangan baling-baling lurus. Pada tahun 1851, penemu Inggris yakni John Appold sudah meluncurkan baling-baling melengkung.

Pompa yang paling biasa dipakai dan paling terkenal yakni pompa sentrifugal, yang utamanya dipakai untuk mentransfer cairan dengan kapasitas pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal ini sanggup dibangun dengan pendorong berputar untuk mentransfer air atau cairan dengan tunjangan gaya sentrifugal dari satu kawasan ke kawasan lain di beberapa industri menyerupai kota, pembangkit listrik, pertanian, industri, kimia, pertambangan, minyak bumi, farmasi, dll.

Apa itu Pompa Sentrifugal?

Karakteristik pompa sentrifugal adalah, pompa yang sanggup dipakai untuk menanggulangi sejumlah besar cairan untuk menampilkan laju fatwa yang sungguh tinggi, dan mereka memiliki kesanggupan untuk mengendalikan fatwa laju cairannya dalam rentang yang luas.

Umumnya, pompa sentrifugal ini dirancang untuk cairan yang memiliki viskositas yang relatif rendah yang ditransfer menyerupai minyak ringan atau air. Beberapa cairan viskositas pada 680F -700F akan memerlukan tenaga kuda extra untuk menjalankan pompa dengan kapasitas pompa sentrifugal.

Komponen pompa sentrifugal utamanya meliputi tiga bab menyerupai impeller, selubung, pipa hisap oleh katup kaki & pipa pengantaran saringan. Pompa sentrifugal mempergunakan rotasi untuk meneruskan kecepatan ke arah fluida. Setiap pompa sentrifugal menggunakan elemen hidrolik menyerupai impeller yang berputar untuk meneruskan kecepatan menuju cairan yang dipompa.

Pompa sentrifugal ini utamanya dipakai untuk merubah kecepatan menjadi fatwa cairan. Setiap pompa menggunakan elemen hidrolik menyerupai selubung yang menangkap kecepatan yang diinformasikan oleh impeller & mengarahkan cairan yang didorong ke ujung pengosongan pompa.

Prinsip Kerja Pompa Sentrifugal

Prinsip kerja pompa sentrifugal utamanya tergantung pada fatwa gaya pusaran yang mempunyai arti setiap kali akumulasi cairan atau fluida diizinkan untuk berputar dengan torsi eksterior dibandingkan dengan akan terjadi kenaikan dalam putaran head tekanan cair yang terjadi.

Mesin pertama yang dikarakterisasi menjadi pompa sentrifugal dinamai mesin pengangkat lump Pompa Sentrifugal : Karakteristik, Prinsip Kerja, Jenis dan Aplikasi

Peningkatan head tekanan sanggup dipakai untuk menjinjing air dari satu situs ke situs lain. Ini yakni kekuatan yang melakukan pekerjaan pada cairan yang menciptakan untuk memasok dalam casing dari kapasitas pompa sentrifugal.

Efisiensi Pompa Sentrifugal

Efisiensi kapasitas pompa sentrifugal sanggup didefinisikan selaku rasio daya output (air) dengan daya input (poros). Itu sanggup ditunjukkan dengan menggunakan persamaan berikut.

Ef = PW / PS

Dimana,
Ef yakni efisiensi
Pw yakni kekuatan air
Ps yakni kekuatan poros

Di U.S, daya poros yakni daya yang diberikan ke poros pompa di BHP (tenaga kuda rem), dan tenaga air Pw adalah

Pw = (Q x H) / 3960

Di mana 'Q' fatwa dan 'H' yakni kepala (head).

Dalam persamaan di atas, konstanta (3.960) merubah fatwa hasil & kepala menjadi BHP. Persamaan di atas mengkalkulasikan bahwa pompa menciptakan 100 GPM pada head 30-kaki & memerlukan 1BHP. Ini akan memiliki efisiensi total yakni 75.7% pada simpulan aliran.

Ekspansi persamaan kedua juga memungkinkan perkiraan BHP yang diinginkan pada satu titik pada agresi kurva karakteristik pompa sentrifugal jikalau kita mengerti efisiensi hidroliknya.

Priming Pompa Sentrifugal

Priming pompa yakni langkah terpenting ketika mengawali pompa sentrifugal. Karena pompa ini tidak dapat memompa uap jikalau tidak udara. Ini yakni satu jenis metode di mana pendorong pompa akan sungguh-sungguh karam di dalam cairan langsung dari beberapa perangkap udara di dalamnya. Ini sungguh diinginkan alasannya ada startup primer.

Metode priming diklasifikasikan menjadi empat jenis yakni secara manual, dengan pompa vakum, dengan pompa jet, dan dengan pemisah.

Jenis Pompa Sentrifugal

Karakteristik pompa sentrifugal sanggup ditangani utamanya menurut faktor-faktor menyerupai konstruksi, desain, layanan, aplikasi, ketaatan dengan tolok ukur industri, dll. Dengan demikian, satu pompa yang cocok sanggup masuk ke dalam golongan yang berlawanan yang dibahas di bawah ini. Berdasarkan jumlah impeler yang dipakai dalam pompa, pompa ini diklasifikasikan ke dalam berbagai macam pompa sentrifugal yakni selaku berikut.

Mesin pertama yang dikarakterisasi menjadi pompa sentrifugal dinamai mesin pengangkat lump Pompa Sentrifugal : Karakteristik, Prinsip Kerja, Jenis dan Aplikasi

Pompa Sentrifugal Single Stage

Pompa satu tahap yakni pompa pendorong tunggal, dan rancangan serta perawatan pompa ini sungguh sederhana. Pompa-pompa ini tepat untuk laju fatwa yang besar serta pemasangan tekanan rendah. Pompa satu tahap lazimnya dipakai dalam layanan pemompaan menyerupai head dinamis tinggi (TDH) fatwa tinggi & rendah hingga sedang.

Pompa Sentrifugal Two Stage

Pompa dua tahap sanggup dibangun dengan dua impeler yang melakukan pekerjaan berdampingan. Pompa ini utamanya dipakai dalam aplikasi kepala tengah.

Pompa Sentrifugal MultiStage

Pompa sentrifugal multistage sanggup dibangun dengan dua atau tiga impeler yang terhubung secara seri. Pompa sentrifugal ini dipakai untuk layanan head tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Sentrifugal

Kelebihan pompa sentrifugal meliputi yang berikut ini.

  • Pompa ini tidak tergolong drive seal yang menghemat risiko kebocoran.
  • Pompa ini dipakai untuk memompa cairan berbahaya dan berisiko.
  • Pompa ini memiliki kopling magnetik yang sanggup rusak cuma dalam suasana keistimewaan beban serta melindungi pompa dari kekuatan eksternal.
  • Motor dan pompa terpisah satu sama lain sehingga perpindahan panas sulit dipercayai dari motor ke pompa.
  • Pompa ini menciptakan ukiran rendah.

Kekurangan Pompa Sentrifugal

Kekurangan pompa sentrifugal tergolong yang berikut ini.
  • Hilangnya energi sanggup terjadi alasannya kopling yang menciptakan beberapa resistansi magnetis.
  • Setelah beban intens terjadi, ada kemungkinan untuk jatuh kopling.
  • Jika cairan dengan partikel besi dipompa keluar, maka karat terjadi & seiring waktu pompa berhenti bekerja.
  • Ketika fatwa cairan kurang lewat pompa, maka overheating sanggup terjadi.

Aplikasi Pompa Sentrifugal

Aplikasi pompa sentrifugal meliputi yang berikut ini.

Pompa sentrifugal yakni pompa yang sering digunakan, dan fatwa cairan fluida menjadikannya mempunyai faedah dalam beberapa aplikasi menyerupai industri, kenaikan tekanan, penyediaan air, keperluan domestik, mendukung metode pertahanan api, mengendalikan air boiler, dan drainase limbah, dll dengan kapasitas pompa sentrifugal yang tersedia. Beberapa aplikasi pompa sentrifugal utama meliputi yang berikut ini.
  • Pompa ini dipakai dalam industri minyak dan energi untuk memompa minyak, lumpur, bubur, dan pembangkit listrik.
  • Pompa ini dipakai dalam proteksi industri dan kebakaran untuk ventilasi & pemanas, umpan boiler, kenaikan tekanan, metode sprinkler keselamatan kebakaran, dan pendingin udara.
  • Pompa ini dipakai dalam pengelolaan limbah, pertanian, dan manufaktur untuk pabrik pembuatan air limbah, pemrosesan gas, irigasi, drainase, industri kota, dan keselamatan luapan.
  • Pompa ini dipakai dalam industri makanan, kimia, farmasi untuk hidrokarbon, cat, selulosa, petrokimia, bikinan minuman, penyulingan gula, dan makanan.
Jadi, ini semua mengenai karakteristik pompa sentrifugal yang beroperasi lewat transmisi energi rotasi dari beberapa impeler. Ketika agresi impeller memajukan kecepatan dan juga tekanan cairan maka itu akan mengarahkannya ke arah keluaran pompa. Dengan desainnya yang mudah, pengoperasian & perawatan pompa bisa sederhana dan diketahui dengan baik.