Prinsip Kerja Dan Aplikasi Transistor Bipolar (Transistor Transistor Bipolar)

Transistor Bipolar didapatkan pada tahun 1948 oleh William Shockley, Brattain, dan John Bardeen yang sudah merombak tidak cuma dunia elektronik tetapi juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Transistor bipolar menggunakan kedua pembawa muatan yang ialah elektron dan lubang (hole).

Pengabaian transistor unipolar menyerupai transistor FET cuma menggunakan satu jenis pembawa muatan. Untuk kebutuhan operasi, transistor bipolar menggunakan dua tipe semikonduktor tipe-n dan tipe-p di antara dua persimpangan (junction).

Fungsi dasar utama dari suatu transistor bipolar yakni untuk memperkuat arus itu akan memungkinkan transistor bipolar digunakan selaku amplifier atau sakelar untuk menciptakan penerapan luas dalam perlengkapan elektronik tergolong ponsel, kendali industri, televisi, dan pemancar radio. Ada dua jenis transistor bipolar yang tersedia, yakni transistor NPN, dan transistor PNP.

Pengertian Transistor Bipolar

Transistor Bipolar didapatkan pada tahun  Prinsip Kerja dan Aplikasi Transistor Bipolar (transistor transistor bipolar)

Transistor bipolar yakni perangkat solid state dan dalam transistor bipolar pemikiran arus ada di dua terminal, mereka yakni emitor dan pengumpul dan jumlah arus yang dikendalikan oleh terminal ketiga yakni terminal dasar (basis).

Berbeda dengan jenis transistor yang lain yakni transistor FET yang ialah arus output diatur oleh tegangan input. Simbol dasar tipe-n transistor bipolar dan tipe-p ditunjukkan gambar diatas.

Jenis-jenis Transistor Bipolar

Seperti yang sudah kita lihat, semikonduktor menampilkan lebih minim resistansi untuk mengalirkan arus dalam satu arah dan resistansi tinggi yakni arah lain dan kita sanggup menyebut transistor selaku mode perangkat semikonduktor. Transistor bipolar berisikan dua jenis transistor. Yang memberi kita
  • Kontak Titik
  • Persimpangan (junction) Transistor
Dengan membandingkan dua transistor, transistor junction lebih banyak digunakan dibandingkan dengan transistor jenis titik. Selanjutnya transistor junction diklasifikasikan menjadi dua jenis yang diberikan di bawah ini. Ada tiga elektroda untuk setiap transistor junction mereka yakni emitor, kolektor, dan basis
  • Transistor PNP
  • Transistor NPN

Transistor PNP

Dalam transistor PNP, emitor lebih aktual dengan base dan juga kepada kolektor. Transistor PNP yakni perangkat tiga terminal yang yang dibikin dari materi semikonduktor. Tiga terminal yakni collector, base, dan emitor dan transistor digunakan untuk switching dan aplikasi penguatan. Pengoperasian transistor PNP ditunjukkan di bawah ini.

Umumnya terminal pengumpul dihubungkan ke terminal aktual dan emitor ke supply negatif dengan resistor baik emitor atau rangkaian kolektor. Ke terminal dasar tegangan dipraktekkan dan mengoperasikan transistor selaku kondisi ON/OFF. Transistor dalam kondisi OFF dikala tegangan base sama dengan tegangan emitor.

Mode transistor dalam kondisi ON dikala tegangan base menyusut sehubungan dengan emitor. Dengan menggunakan properti ini, transistor sanggup melakukan pekerjaan pada kedua aplikasi menyerupai sakelar dan penguat. Diagram dasar transistor PNP ditunjukkan di bawah ini.

Transistor NPN

Transistor NPN persis bertentangan dengan transistor PNP. Transistor NPN berisi tiga terminal yang serupa dengan transistor PNP yang ialah emitor, kolektor, dan base. Pengoperasian transistor NPN adalah

Umumnya supply aktual diberikan ke terminal pengumpul dan supply negatif ke terminal emitor dengan Resistor baik emitor atau pengumpul atau rangkaian emitor. Ke terminal dasar tegangan dipraktekkan dan dioperasikan selaku kondisi ON/OFF dari suatu Transistor.

Transistor dalam kondisi OFF dikala tegangan base sama dengan emitor. Jika tegangan base meningkat sehubungan dengan emitor maka mode transistor dalam kondisi ON. Dengan menggunakan kondisi ini, transistor sanggup bertindak menyerupai kedua aplikasi yang ialah amplifier dan switch.

Simbol dasar dan diagram konfigurasi NPN menyerupai yang ditunjukkan di bawah ini.

Transistor Bipolar didapatkan pada tahun  Prinsip Kerja dan Aplikasi Transistor Bipolar (transistor transistor bipolar)

Transistor Bipolar Hetero

Transistor bipolar Hetero juga ialah jenis transistor bipolar. Ini menggunakan materi semikonduktor yang berlawanan untuk tempat emitor dan base dan menciptakan hetero junction.

HBT sanggup menanggulangi frekuensi sungguh tinggi tunggal beberapa ratus GHz lazimnya digunakan di rangkaian ultra cepat dan sebagian besar digunakan dalam frekuensi radio. Aplikasinya digunakan di telepon seluler, dan amplifier daya RF.

Prinsip Kerja Transistor Bipolar

Persimpangan atau junction BE yakni bias maju dan junction CB yakni bias terbalik. Lebar daerah penipisan persimpangan CB lebih tinggi dari persimpangan BE. Bias maju di persimpangan BE meminimalisir potensi penghalang dan menciptakan elektron untuk mengalir dari emitor ke base dan dasarnya tipis dan sedikit diolah, memiliki lubang yang sungguh sedikit dan jumlah elektron yang lebih minim dari emitor sekitar 2% yang bergabung kembali dalam tempat dasar berlubang dan dari terminal base akan mengalir keluar.

Ini mengawali pemikiran arus base alasannya variasi elektron dan hole. Jumlah elektron yang tersisa akan melalui persimpangan pengumpul bias terbalik untuk menginisiasi arus kolektor. Dengan menggunakan Hukum Kirchoff 1 - Arus (KCL) kita sanggup mengamati persamaan matematika

IE = IB + IC

Arus basis sungguh kurang dibandingkan dengan emitor dan arus kolektor

IE IC

Di sini operasi transistor PNP sama dengan transistor NPN. Satu-satunya perbedaan hanyalah hole bukan elektron. Diagram di bawah ini menampilkan transistor PNP dari daerah mode aktif.

Transistor Bipolar didapatkan pada tahun  Prinsip Kerja dan Aplikasi Transistor Bipolar (transistor transistor bipolar)

Kelebihan Transistor Bipolar

  • Kemampuan driving yang tinggi
  • Operasi frekuensi tinggi
  • Keluarga kebijaksanaan digital memiliki emitor coupled logic yang digunakan dalam transistor bipolar selaku sakelar digital

Aplikasi Transistor Bipolar

Berikut ini yakni dua jenis aplikasi yang berlawanan di transistor bipolar
  • Switching (beralih)
  • Amplifikasi (penguatan)
Artikel ini berbincang gunjingan perihal apa itu transistor bipolar, Jenis transistor bipolar, kelebihan, aplikasi, dan karakteristik transistor bipolar. Saya harap gunjingan yang diberikan dalam postingan ini berfaedah untuk berbincang beberapa gunjingan yang bagus dan mengerti proyek.