Sistem Perlindungan Motor Induksi Rangkaian Dan Cara Kerjanya

Motor listrik yakni pelopor terpenting di kurun otomatisasi modern. Motor ini digunakan dalam banyak sekali aplikasi industri. Tetapi motor ini sanggup dilindungi dari kesalahan mekanis dan listrik yang berlainan untuk menolong tujuan mereka. Artikel ini membahas wacana metode perlindungan untuk motor induksi dari kesalahan yang timbul menggunakan mikrokontroler tertanam.

Motor listrik yakni pelopor terpenting di kurun otomatisasi terbaru Sistem Proteksi Motor Induksi Rangkaian dan Cara Kerjanya

Motor induksi sering mengalami banyak sekali macam gangguan listrik seumpama tegangan berlebih atau di bawah tegangan, tegangan tidak seimbang, keistimewaan beban, gangguan grounding, pembalikan fasa dan 1 fasa. Karena kesalahan ini, belitan di motor menjadi panas yang membuat meminimalkan kehidupan motor.

Kesalahan pada motor sanggup terjadi lantaran kerusakan pada motor atau pada pembangkit yang digerakkan, keadaan yang dihukum oleh catu daya eksternal n / b. Derajat motor induksi tergantung pada aplikasi dan ongkos motor.

Apa itu Motor Induksi?

Motor induksi atau motor asinkron yakni motor yang paling biasa digunakan dalam banyak sekali aplikasi. Sebab, motor induksi ini senantiasa berlangsung pada kecepatan yang lebih rendah dari kecepatan sinkron. Kecepatan sinkron sanggup diartikan sebagai, kecepatan medan magnet yang berputar di stator.

Motor induksi diklasifikasikan menjadi empat jenis yaitu; motor induksi fasa split, motor induksi kapasitor start, motor kapasitor start melakukan motor induksi dan motor induksi kutub berbayang.

Kemudian Motor induksi diklasifikasikan menjadi dua jenis menurut jenis supply input seumpama motor induksi 1 fasa dan motor induksi 3 fasa. Dan juga menurut jenis rotor motor induksi 3 fasa diklasifikasikan menjadi dua jenis seumpama tipe wound, motor slip ring, motor kandang bajing (squirrel cage).

Motor listrik yakni pelopor terpenting di kurun otomatisasi terbaru Sistem Proteksi Motor Induksi Rangkaian dan Cara Kerjanya

Cara Kerja Motor Induksi

Pada motor DC, supply mesti diberikan untuk belitan rotor dan belitan stator. Tetapi pada motor induksi cuma supply AC yang diumpankan dengan belitan stator.

Fluks bergantian terbentuk di sekeliling belitan stator lantaran supply AC. Fluks ini berputar dengan kecepatan sinkron yang disebut selaku RMF (Rotating Magnetic Field). GGL yang diinduksi sanggup disebabkan oleh kecepatan komparatif antara konduktor rotor dan RMF stator.

Menurut aturan Faraday induksi elektromagnetik, konduktor rotor konsleting, dan kemudian arus rotor dihasilkan lantaran ggl yang diinduksi. Itu sebabnya motor ini disebut selaku motor induksi.

Motor listrik yakni pelopor terpenting di kurun otomatisasi terbaru Sistem Proteksi Motor Induksi Rangkaian dan Cara Kerjanya

Sekarang, arus yang diinduksi dalam rotor juga akan menghasilkan fluks bolak-balik di sekitarnya. Menurut aturan Lenz, arah arus rotor yang diinduksi adalah, ia akan condong menentang penyebab produksinya.

Rangkaian Sistem Proteksi Motor Induksi dan Cara Kerjanya

Tujuan utama dari proyek ini yakni untuk mendesain metode santunan motor induksi untuk mempertahankan motor dari kesalahan yang terjadi dari 1 fasa dan keadaan tegangan berlebih.

Motor listrik yakni pelopor terpenting di kurun otomatisasi terbaru Sistem Proteksi Motor Induksi Rangkaian dan Cara Kerjanya

Motor induksi yakni perangkat penting dalam banyak sekali aplikasi industri. Motor ini melakukan pekerjaan pada supply 3 fasa dan suhu patokan untuk mempertahankan beban pada keadaan yang diinginkan. Tapi; jikalau ada fasa yang hilang atau ada kenaikan suhu belitan yang membahayakan motor.

Dengan demikian, metode yang disarankan menolong untuk menampilkan santunan terhadap motor di industri dengan menetralisir daya ke motor listrik secepatnya jikalau ada fasa yang hilang dari 3 fasa, atau jikalau suhu motor melampaui nilai ambang batas.

Sistem yang disarankan menggunakan catu daya 3 fasa, di mana 3 pembanding (komparator) untuk menghubungkan tegangan input.

Sebuah Termistor digunakan untuk mencicipi suhu dari motor induksi dengan menghubungkan dengan badan motor induksi. Motor ini difungsikan dengan mengubah relai utama, yang melakukan pekerjaan dengan rangkaian relai lain dengan mendeteksi 1 fasa & keadaan suhu berlebih.

Motor listrik yakni pelopor terpenting di kurun otomatisasi terbaru Sistem Proteksi Motor Induksi Rangkaian dan Cara Kerjanya

Di masa depan, proyek ini sanggup dikembangkan dengan menggunakan sensor arus dan sensor fasa-urutan untuk melindungi keistimewaan beban dan juga motor dari menerapkan urutan fasa yang salah.

Sistem perlindungan Motor induksi dari 1 fasa, tegangan berlebih, tegangan di bawah, overheating, dan pembalikan fasa menampilkan kelangsungan motor induksi untuk memperpanjang masa pakai dan juga efisiensi.

Umumnya, kesalahan ini terjadi saat metode supply melanggar peringkatnya. Ketika motor berlangsung pada nilai arus, beban dan tegangan maka kesalahan ini tidak akan dihasilkan.

Secara umum, kelangsungan motor sanggup tergantung pada tegangan supply di bawah batas yang diputuskan & beban yang diputuskan oleh motor juga mesti di bawah batas yang ditentukan.

Oleh lantaran itu, ini semua wacana proyek metode santunan motor induksi dan cara kerjanya. Kami berharap warta yang ditawarkan dalam postingan ini sungguh memiliki fungsi bagi Anda untuk pengertian yang lebih baik wacana desain ini.