Jenis Pengendali Muatan Tenaga Surya (Matahari), Fungsi Kerja Dan Aplikasi

Pengontrol pengisian daya tenaga surya intinya yakni pengontrol tegangan atau arus untuk mengisi daya baterai dan mempertahankan sel-sel listrik dari pengisian yang berlebihan. Ini mengarahkan tegangan dan arus yang berasal dari panel surya menuju ke sel listrik.

Umumnya, papan/panel 12V dipasang di rata-rata 16 sampai 20V, jadi jikalau tidak ada regulasi, sel-sel listrik akan rusak sebab pengisian yang berlebihan. Secara umum, perangkat penyimpanan listrik memerlukan sekitar 14 sampai 14.5V untuk sanggup terisi penuh. Kontroler muatan matahari tersedia dalam semua fitur, kerugian, dan ukuran. Kisaran pengontrol muatan mulai dari 4.5A dan sampai 60 sampai 80A.

Jenis Pengisi Daya Tenaga Surya

Ada tiga jenis pengendali muatan matahari, yaitu:
  1. Kontrol 1 atau 2 tahap sederhana
  2. PWM (modulasi lebar pulsa)
  3. Pelacakan titik daya maksimum (MPPT)

1. Kontrol 1 atau 2 Sederhana

Ini memiliki shunt transistor untuk menertibkan tegangan dalam satu atau dua langkah. Pengontrol ini intinya cuma menyingkat panel surya di saat tegangan tertentu tiba. Bahan bakar orisinil utama mereka untuk mempertahankan reputasi beken yakni mutu mereka yang tak tergoyahkan - mereka memiliki terlalu banyak segmen, cuma ada sedikit yang sanggup ditembus.

2. PWM (Pulse Width Modulated)

Ini yakni tipe pengontrol muatan tradisional, misalnya anthrax, Blue Sky dan sebagainya. Ini intinya yakni persyaratan industri sekarang.

3. Maximum power point tracking (MPPT)

Pengontrol muatan surya MPPT yakni bintang berkilau dari tata cara tata surya dikala ini. Kontroler ini sungguh-sungguh mengidentifikasi tegangan dan ampere kerja terbaik dari festival panel surya dan cocok dengan bank sel listrik.

Hasilnya yakni daya tambahan 10-30% lebih banyak dari cluster berorientasi surya Anda versus pengontrol PWM. Biasanya bernilai spekulasi untuk setiap tata cara listrik tenaga surya lebih dari 200 watt.

Fitur Pengontrol Muatan Tenaga Surya

  • Melindungi baterai (12V) dari pengisian berlebih
  • Mengurangi pemeliharaan tata cara dan mengembangkan masa pakai baterai
  • Indikasi yang dibebankan otomatis
  • Keandalannya tinggi
  • 10amp sampai 40amp arus pengisian
  • Monitor anutan arus balik

Fungsi Pengontrol Muatan Tenaga Surya

Pengontrol pengisian daya yang terpenting intinya menertibkan tegangan perangkat dan membuka rangkaian, menghentikan pengisian, di saat tegangan baterai naik ke tingkat tertentu. Lebih banyak pengendali muatan menggunakan relai mekanis untuk membuka atau menutup rangkaian, menghentikan atau mengawali anutan daya ke perangkat penyimpanan listrik.

Umumnya tata cara tenaga surya menggunakan 12V baterai. Panel surya sanggup mengalirkan lebih banyak tegangan dari yang semestinya dibebankan pada baterai. Tegangan muatan sanggup dijaga pada tingkat terbaik beberapa waktu yang dibutuhkan untuk mengisi sarat perangkat penyimpanan listrik berkurang.

Ini memungkinkan tata surya untuk melakukan pekerjaan secara maksimal terus-menerus. Dengan melakukan tegangan yang lebih tinggi pada kabel dari panel surya ke pengontrol muatan, disipasi daya pada kabel menyusut secara mendasar.

Kontroler muatan tenaga surya juga sanggup menertibkan anutan daya terbalik. Pengontrol muatan sanggup membedakan dikala tidak ada daya yang berasal dari panel surya dan membuka rangkaian yang memisahkan panel surya dari perangkat baterai dan menghentikan anutan arus balik.

Pengontrol pengisian daya tenaga surya intinya yakni pengontrol tegangan atau arus  Jenis Pengendali Muatan Tenaga Surya (matahari), Fungsi Kerja dan Aplikasi

Aplikasi Pengontrol Muatan Tenaga Surya

Dalam beberapa hari terakhir, proses menciptakan listrik dari sinar matahari memiliki popularitas lebih dari sumber alternatif lain dan panel fotovoltaik sungguh-sungguh bebas polusi dan mereka tidak memerlukan perawatan yang tinggi. Berikut ini yakni beberapa pola di mana energi matahari memanfaatkan.
  • Lampu jalan menggunakan sel fotovoltaik untuk merubah sinar matahari menjadi muatan listrik DC. Sistem ini menggunakan pengontrol muatan matahari untuk menyimpan DC di baterai dan dipakai di banyak daerah.
  • Sistem rumah menggunakan modul Fotovoltaik untuk aplikasi rumah tangga.
  • Tata surya bibit unggul dipakai untuk banyak sekali sumber energi untuk menawarkan pasokan cadangan full time ke sumber lain.

Contoh Pengontrol Muatan Tenaga Surya

Dari pola di bawah ini, dalam hal ini panel surya dipakai untuk mengisi baterai. Seperangkat LED digunakan.

MOSFET dipakai selaku sakelar semikonduktor daya oleh pengontrol muatan tenaga surya untuk memutuskan beban terputus dalam keadaan rendah atau keadaan pemuatan berlebih. Energi matahari dilewati menggunakan transistor ke beban tiruan di saat baterai terisi penuh. Ini akan melindungi baterai dari pengisian berlebih.

Unit ini Menjalankan 4 Fungsi Utama:
  • Mengisi daya baterai.
  • Memberikan indikasi dikala baterai terisi penuh.
  • Monitor tegangan baterai dan di saat minimum, potong supply ke sakelar beban untuk meniadakan koneksi beban.
  • Jika keistimewaan beban, sakelar beban dalam keadaan off untuk memutuskan beban terputus dari supply baterai.
Pengontrol pengisian daya tenaga surya intinya yakni pengontrol tegangan atau arus  Jenis Pengendali Muatan Tenaga Surya (matahari), Fungsi Kerja dan Aplikasi

Panel surya yakni kumpulan sel surya. Panel surya merubah energi matahari menjadi energi listrik. Panel surya menggunakan materi Ohmic untuk interkoneksi serta terminal eksternal. Makara elektron yang dibentuk dalam materi tipe-n melalui elektroda ke kawat yang terhubung ke baterai.

Melalui baterai, elektron meraih materi tipe-p. Di sini elektron bergabung dengan holes/lubang. Ketika panel surya terhubung ke baterai, ia bertingkah menyerupai baterai lainnya, dan kedua tata cara secara seri menyerupai dua baterai yang terhubung secara seri.

Panel surya sungguh-sungguh berisikan empat langkah proses overload, di bawah pengisian, baterai rendah dan keadaan debit dalam. Output dari panel surya terhubung ke sakelar dan dari sana output diumpankan ke baterai. Dan pengaturan dari sana ia pergi ke sakelar beban dan karenanya pada beban output.

Sistem ini berisikan 4 penggalan yang berlainan indikasi dan deteksi tegangan berlebih, deteksi keistimewaan muatan, indikasi keistimewaan muatan, indikasi dan deteksi baterai lemah. Jika keistimewaan muatan, daya dari panel surya dilewati lewat sakelar MOSFET. Jika daya rendah, catu daya ke sakelar MOSFET terputus untuk menjadikannya dalam keadaan mati dan dengan demikian mematikan catu daya ke beban.

Energi matahari yakni sumber energi terbarukan yang paling higienis dan terus tersedia. Teknologi terbaru sanggup mempergunakan energi ini untuk banyak sekali keperluan, tergolong menciptakan listrik, menawarkan cahaya dan air penghangat untuk aplikasi domestik, komersial atau industri.