Konstruksi Dan Cara Kerja Baterai Kertas

Perangkat dan gadget elektronik memerlukan catu daya (baik AC atau DC), catu daya ini sanggup diambil eksklusif dari catu daya listrik atau dari baterai listrik. Baterai sanggup didefinisikan selaku perangkat elektronik yang berisikan (satu atau lebih) sel elektrokimia. Energi kimiawi dari sel-sel elektrokimia sanggup diubah menjadi energi listrik.

Berdasarkan persyaratan yang berbeda, baterai diklasifikasikan ke dalam banyak sekali jenis sehingga menurut keadaan yang sanggup diisi ulang, baterai tersebut diklasifikasikan selaku baterai yang sanggup diisi ulang dan baterai yang tidak sanggup diisi ulang. Kemajuan teknologi meningkatkan baterai yang ramah lingkungan dan lebih fleksibel seumpama baterai kertas.

Pada postingan ini, mari kita diskusikan tentang konstruksi dan kerja baterai kertas. Tapi, terutama, kita mesti tahu apa itu baterai kertas.

Baterai Kertas

Perangkat dan gadget elektronik memerlukan catu daya  Konstruksi dan Cara Kerja Baterai Kertas

Perangkat penyimpanan energi yang fleksibel dan tipis yang sanggup digunakan selaku baterai disebut baterai kertas. Baterai kertas ini juga mampu digunakan selaku kapasitor. Baterai ini sanggup dibuat dengan memadukan nanotube (dibuat menggunakan karbon) dan kertas nano-komposit (dibuat menggunakan selulosa).

Baterai kertas berisikan properti baterai - kapasitas penyimpanan energi tinggi dan properti Kapasitor Super - kepadatan energi tinggi dan karenanya, menciptakan daya ekstrem.

Konstruksi Baterai Kertas

Komponen utama yang digunakan untuk pembangunan baterai kertas meliputi:
  • Carbon Nanotube (CNT) digunakan untuk terminal katoda
  • Logam litium (Li +) digunakan untuk terminal anoda
  • Berbagai jenis elektrolit yang tergolong darah, urin, dan keringat (yang disebut selaku bio-elektrolit)
  • Kertas (Pemisah Selulosa)

7-Langkah Sederhana untuk Membuat Baterai Kertas

Langkah 1: Ambil kertas berbasis selulosa dan berikan tinta karbon hitam di atasnya.
Langkah2: Sebarkan tinta ini di atas kertas.
Langkah3: Setelah membuatkan tinta, laminasi film tipis di atas permukaan selulosa.
Langkah4: Panaskan kertas selulosa selama 5 menit pada 80 derajat C.
Langkah 5: Kemudian, lepaskan film dari substrat.
Langkah 6: Elektroda baterai kertas dibikin oleh film. Elektrolit KPP dan LCO terhubung ke banyak sekali film.
Langkah 7: Fungsi baterai kertas sanggup diperiksa dengan menghubungkan terminal baterai ke LED.

Perangkat dan gadget elektronik memerlukan catu daya  Konstruksi dan Cara Kerja Baterai Kertas

Cara Kerja Baterai Kertas

Baterai isi ulang konvensional yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari berisikan banyak sekali unsur pemisah yang digunakan untuk menciptakan elektron dengan reaksi kimia logam dan elektrolit. Jika begitu kertas baterai dicelupkan ke dalam cairan berbasis ion, maka baterai mulai melakukan pekerjaan yaitu, listrik dihasilkan oleh pergerakan elektron dari terminal katoda ke terminal anoda.

Ini alasannya merupakan reaksi kimia antara elektroda baterai kertas dan cairan. Karena fatwa ion yang cepat dalam beberapa detik (10dtk) energi akan disimpan dalam elektroda kertas selama pengisian ulang. Dengan menumpuk banyak sekali baterai-kertas satu sama lain, output dari baterai kertas sanggup ditingkatkan.


Karena baterai kertas saling terhubung dengan sungguh akrab untuk meningkatkan output, ada kemungkinan terjadi konsleting antara terminal anoda dan terminal katoda. Jika begitu terminal anoda bersentuhan dengan terminal katoda, maka tidak akan ada fatwa arus di rangkaian eksternal.

Dengan demikian, untuk menyingkir dari konsleting antara anoda dan katoda dikehendaki penghalang atau pemisah, yang sanggup dipenuhi oleh pemisah kertas.

Perangkat dan gadget elektronik memerlukan catu daya  Konstruksi dan Cara Kerja Baterai Kertas
Baterai Kertas = Kertas (Selulosa) + Karbon Nanotube

Baterai kertas sanggup digunakan untuk banyak sekali aplikasi alasannya merupakan memfasilitasi keistimewaan seumpama melipat, memutar, mencetak, meremas, membentuk, dan memangkas tanpa mempengaruhi efisiensinya.

Karena baterai kertas merupakan variasi kertas selulosa dan karbon nanotube, yang memfasilitasi keistimewaan penggunaan jangka panjang, daya stabil, dan semburan energi. Jenis baterai kertas ini diperkirakan digunakan untuk memberi daya pada kendaraan dan perangkat medis pembangkit berikutnya.

Properti Baterai Kertas

Sifat-sifat baterai kertas sanggup diketahui dari sifat-sifat selulosa seumpama porositas yang sungguh baik, biodegradabilitas, tidak beracun, mampu didaur ulang, kekuatan tarik tinggi, kapasitas perembesan yang baik, dan kekuatan geser rendah dan juga dari sifat-sifat nanotube karbon seumpama kepadatan massa rendah, fleksibilitas, kepadatan bungkus tinggi, ringan, konduktivitas listrik yang lebih baik ketimbang silikon, tipis (sekitar 0.5 sampai 0.7mm), dan resistansi rendah.

Kelebihan Baterai Kertas

  • Berbeda dengan baterai konvensional, baterai kertas sanggup digunakan dengan melipat, memotong, dan menggulung.
  • Baterai kertas berfungsi selaku baterai dan juga kapasitor.
  • Baterai kertas merupakan perangkat penyimpanan terbaru dengan ukuran sungguh tipis.
  • Ini memiliki sifat khusus seumpama lebih ekonomis, biodegradable, dan bio-kompatibel.
  • Baterai kertas sanggup menciptakan energi listrik 1.5V.
  • Tegangan output baterai kertas sanggup diubahsuaikan menurut kebutuhan.

Kelemahan Baterai Kertas

  • Karbon nanotube yang digunakan dalam baterai kertas sungguh mahal.
  • Kebocoran baterai kertas sanggup menghancurkan paru-paru jikalau terhirup.
  • E-wastage dihasilkan oleh baterai kertas.

Aplikasi Baterai Kertas

Perangkat dan gadget elektronik memerlukan catu daya  Konstruksi dan Cara Kerja Baterai Kertas

Ada banyak aplikasi untuk baterai kertas di banyak sekali bidang. Dalam elektronik, baterai kertas lazimnya digunakan pada ponsel, laptop, kalkulator, kamera, mouse, keyboard, perangkat Bluetooth, dan sebagainya.

Demikian pula dalam ilmu kedokteran untuk jaringan buatan, kosmetik, tata cara pengantaran obat, dan sebagainya. Dalam kendaraan beroda empat dan pesawat terbang, baterai kertas digunakan dalam kendaraan bibit unggul alasannya merupakan bobotnya yang ringan.