Kwh Meter Prabayar

Pembacaan kWh Meter

Daya yang dimakan ditunjukkan oleh meter energi dalam bentuk 1 unit atau 1 kilo watt jam (hour) energi yang dikonsumsi. 1 kWh mengacu pada energi listrik yang diperlukan untuk menawarkan daya 1000 watt selama 1 jam.

 Daya yang dimakan ditunjukkan oleh meter energi dalam bentuk  KWH Meter Prabayar

Unit energi yang dimakan terdeteksi oleh meter energi yang memperlihatkan jumlah daya yang dimakan dalam bentuk unit energi. Pengukur energi berisikan dua jenis - Pengukur Elektromekanik dan Pengukur Elektronik. Untuk kedua meter, pembacaan ditangani dari kiri ke kanan.

Meteran elektromekanis berisikan piringan aluminium yang ditempatkan di antara dua elektromagnet, yang salah satu kumparannya terhubung ke beban dan ialah kumparan arus dan kumparan elektromagnet lain terhubung ke tegangan supply. Interaksi fluks antara dua kumparan bertanggung jawab untuk menawarkan torsi ke disk, yang mulai berputar, dengan putaran yang seimbang dengan arus beban. Penghitung mencatat jumlah revolusi dan menampilkannya, yang memperlihatkan energi yang dikonsumsi.

Meter elektronik berisikan sensor arus dan tegangan yang mencicipi jumlah arus dan tegangan yang dimakan dan sinyal analog ini diambil sampelnya dan didigitalkan menggunakan ADC. Sinyal digital lalu diproses menggunakan DSP atau Mikrokontroler, yang lalu memperlihatkan jumlah energi yang dimakan pada LCD atau layar LED.

 Daya yang dimakan ditunjukkan oleh meter energi dalam bentuk  KWH Meter Prabayar

Kebutuhan untuk Sistem kWh Meter Prabayar:

Metode konvensional/manual penagihan listrik melibatkan seseorang dari unit distribusi membaca jumlah unit listrik yang dimakan dalam meter energi, menyodorkan isu ini ke unit distribusi dan lalu mempersiapkan tagihan sesuai dengan unit yang dimakan untuk jumlah waktu yang tetap.

Ini sanggup sungguh menjemukan alasannya melibatkan aneka macam kiprah menyerupai membaca, lalu mempersiapkan tagihan. Namun akurasi tidak sanggup dijamin alasannya ada kesalahan dalam membaca manusia. Meskipun meter digital sedang mengambil alih meter elektromekanis konvensional dan memperlihatkan banyak pembacaan yang akurat, masih ada duduk problem dengan sengaja menghasilkan pembacaan yang salah sanggup saja ada (alasan politis). Meskipun demikian, kiprah penagihan untuk setiap pelanggan yakni pekerjaan yang menyantap waktu untuk jaringan distribusi.

Untuk menetralisir semua duduk problem ini, metode yang paling gampang yakni menghasilkan seluruh metode prabayar menyerupai dengan mengisi ulang ponsel atau mengisi ulang DTH.

Menentukan Sistem kWh Meter Prabayar:

Pada dasarnya menyerupai dalam pengisian ulang ponsel, pelanggan berbelanja kartu isi ulang dan mendapat beberapa unit energi selaku imbalan dari jumlah saldo. Jumlah saldo akan terus menyusut untuk setiap unit energi yang dimakan dan sekali nol, catu daya akan terputus secara otomatis. Jumlah yang dikurangkan untuk setiap unit energi yang dimakan sanggup dikendalikan oleh unit distribusi sesuai dengan jam puncak.

Keuntungan Utama dari kWh Meter Prabayar adalah:

  • Ini sungguh akurat alasannya seluruh ide membaca unit dan lalu penagihan secara manual atau cara lain dihilangkan.
  • Konsumen sanggup lepas dari pembayaran tagihan listrik dan Bebas dari hutang Dewan Listrik Negara.
  • Di segi konsumen, kiprah yang bikin kecapekan untuk mengeluarkan duit tagihan dan menanti dengan kalut tagihan dihapuskan.
  • Pemborosan energi menyusut alasannya kini cuma energi yang diperlukan yang mau dimakan sesuai yang dialokasikan.
  • Jaringan listrik sanggup mengawasi konsumsi energi secara keseluruhan dan segala upaya pengrusakan bergotong-royong tidak ada gunanya dan sanggup dideteksi jika masih lazim.
Jenis meteran energi prabayar yang paling sederhana berisikan 2 E

Kit kWh Meter Prabayar Sederhana:

EEPROM yang dihubungkan dengan mikrokontroler. Satu EEPROM berisi jumlah saldo yang diisi ulang. Mikrokontroler membaca saldo ini dan menyimpannya di EEPROM yang lain bareng dengan tarifnya.

Pengukur energi memasok pulsa ke mikrokontroler untuk setiap unit energi yang dikonsumsi. Mikrokontroler mengembangkan unit energi bekas sebesar satu dan meminimalisir jumlah saldo dalam EEPROM dengan tarif tetap. Segera sehabis jumlah keseimbangan dalam EEPROM turun ke nol, mikrokontroler mengantarkan sinyal ke driver relay yang pada gilirannya mematikan relay, sehingga supply utama ke beban dimatikan. Tampilan juga dihubungkan ke mikrokontroler yang memperlihatkan jumlah energi yang dikonsumsi.

 Daya yang dimakan ditunjukkan oleh meter energi dalam bentuk  KWH Meter Prabayar

Kartu isi ulang bergotong-royong yakni EEPROM di mana jumlah saldo bareng dengan unit energi yang dialokasikan disimpan. Mikrokontroler membaca jumlah saldo dan menyimpannya bareng dengan tarif dan unit energi yang dialokasikan dalam RAM-nya dan diprogram untuk meniadakan isu yang ada dalam EEPROM (membuat kartu tidak valid untuk digunakan lebih lanjut).

Meter energi memperlihatkan sinyal listrik ke Opto-isololator yang berisikan LED dan variasi Opto-transistor sehingga LED menyala dan memancarkan cahaya untuk setiap sinyal listrik yang diterima oleh meter energi (yang mengantarkan sinyal listrik untuk setiap unit yang dikonsumsi). Opto-transistor mulai berlangsung dan mengantarkan pulsa tinggi dan rendah ke mikrokontroler. Mikrokontroler diprogram sedemikian sehingga penghitung terus meningkat untuk setiap pulse, yang memperlihatkan nilai energi yang dikonsumsi.

EEPROM lain dihubungkan ke mikrokontroler di mana jumlah seimbang dan unit energi yang dimakan disimpan. Untuk setiap peningkatan dalam hitungan, jumlah seimbang dalam EEPROM ini dikurangkan. Akhirnya saat jumlah keseimbangan yakni nol, mikrokontroler mengantarkan sinyal rendah ke driver Relai untuk memperlihatkan sinyal tinggi pada outputnya, yang mematikan relai.

Biasanya mikrokontroler memperlihatkan sinyal tinggi ke pin input driver estafet, yang membuatkan sinyal rendah logika pada pin output yang tepat dan coil relai diberi energi, sehingga menghubungkan beban ke supply utama.

kWh Meter Prabayar Praktis:


 Daya yang dimakan ditunjukkan oleh meter energi dalam bentuk  KWH Meter Prabayar

Ini yakni meteran sumber ganda 3 in 1. Ini juga memonitor konsumsi air dan gas bareng dengan konsumsi listrik. Yang mesti ditangani pelanggan yakni memperlihatkan kartu di panel depan meter selama 3 detik. Mikrokontroler menyimpan jumlah unit yang dialokasikan dan mengukur energi yang dikonsumsi. Sistem ini secara otomatis mematikan catu daya sehabis unit yang dibeli habis. Aplikasinya tergolong sentra perbelanjaan, kota perumahan, bangunan komersial, kawasan karyawan, dll.

kWh Meter Prabayar Aksen Daya

 Daya yang dimakan ditunjukkan oleh meter energi dalam bentuk  KWH Meter Prabayar

Muncul bareng dengan fitur-fitur menyerupai anti mekanik dan perusak listrik dan berisikan kartu cerdas dan perangkat lunak stasiun pedagang otomatis untuk mengisi ulang kartu pintar. Itu sanggup menyimpan kredit maksimum 10.000 kWh.