Penjelasan Ihwal Dasar-Dasar Breadboard Dan Rangkaian

Dalam elektronik, prototipe diperlukan, yang sanggup dijalankan dengan menggunakan mekanisme penyolderan, namun tidak ekonomis, tidak sanggup digunakan kembali, dan memicu hilangnya elemen listrik dan elektronik.

Prototipe sanggup didefinisikan selaku menghasilkan sampel produk atau rangkaian untuk pengujian, menganalisis yang digunakan untuk memajukan produk atau rangkaian asli. Dalam proses prototipe ini, elemen dihubungkan bareng dengan melelehkan atau menggunakan logam pengisi yang memiliki titik leleh rendah ketimbang logam yang berdampingan.

Dengan demikian, proses penyolderan yang digunakan untuk menghasilkan prototipe ini tidak hemat dan tidak sanggup digunakan kembali. Jadi, untuk menghasilkan prototipe dasar konstruksi yang sanggup digunakan tanpa penyolderan diperlukan untuk tujuan ekonomis, efisien, dan menggunakan kembali. Oleh alasannya yakni itu, papan breadboard tanpa solder dirancang pada tahun 1970-an dan digunakan untuk prototipe elektronik.

Pada postingan ini, kami akan menerangkan ihwal dasar-dasar papan breadboard, rangkaian papan breadboard, daftar harga breadboard, dasar-dasar rangkaian papan breadboard, cara menggunakan papan breadboard untuk pemula, dan kenapa diundang begitu.

Dasar-Dasar Breadboard

Pada 1960-an, teknik wire-warp (kawat-bungkus) digunakan untuk merancang, membangun, dan menguji rangkaian elektronik dan prototipe. Kemudian, papan yang lebih besar (seperti papan kayu yang digunakan untuk breadboard) digunakan di mana elemen (elemen elektronik besar) dihubungkan menggunakan kabel, pin atau pines.

Oleh alasannya yakni itu, ini disebut selaku papan breadboard namun nama teknis papan rangkaian ini yakni papan breadboard solderless atau tanpa solder. Breadboard tanpa solder ini berisikan lubang yang digunakan untuk menempatkan terminal elemen dan kemudian lubang ini dihubungkan satu sama lain menggunakan banyak sekali kabel/kawat.

Dasar Rangkaian Breadboard

Jika kita menyaksikan papan breadboard untuk pertama kalinya, maka kita mungkin merasa sungguh sukar untuk menghubungkan rangkaian alasannya yakni berisikan beberapa lubang yang agak membingungkan. Bahkan, sungguh mudah untuk menghubungkan rangkaian jika kita mengerti dasar-dasar rangkaian papan breadboard.

Dua baris pertama (atas) dan dua baris terakhir (bawah) papan breadboard digunakan untuk kasatmata (satu baris pertama dan terakhir dua) dan untuk negatif (baris lain dari dua pertama dan terakhir).

 yang sanggup dijalankan dengan menggunakan mekanisme penyolderan Penjelasan ihwal Dasar-Dasar Breadboard dan Rangkaian

Di sini, dua baris pertama (atas) dan terakhir (bawah) papan breadboard berisikan 5 lubang di setiap kolom (total 10 kolom) saling terhubung secara horizontal satu sama lain secara internal.

Jika terminal sumber daya terhubung dalam satu lubang satu kolom di baris atas atau bawah (salah satu dari dua baris), maka daya listrik yang serupa sanggup diambil dari lima lubang berturut-turut di kolom yang sama. Diagram tata letak konduktif papan breadboard ditunjukkan pada gambar di atas.

Rangkaian Breadboard

Mari kita cari tahu dasar-dasar rangkaian papan breadboard menyerupai bagaimana rel terhubung secara internal. Gambar di bawah ini berbincang rangkaian internal dari rel elemen dan rel daya.

 yang sanggup dijalankan dengan menggunakan mekanisme penyolderan Penjelasan ihwal Dasar-Dasar Breadboard dan Rangkaian

Bahkan, rel listrik sanggup dihubungkan dengan menggunakan kabel jumper menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini untuk mendapat catu daya yang serupa di kedua rel. Di sini, indikasi terminal plus dan minus cuma untuk indikasi dan tidak perlu untuk menghubungkan daya di "+" yang ditunjukkan rel dan gound ke dalam "-" rel yang ditunjukkan.

 yang sanggup dijalankan dengan menggunakan mekanisme penyolderan Penjelasan ihwal Dasar-Dasar Breadboard dan Rangkaian

Para pemula elektronik mungkin gundah dikala menghubungkan elemen DIP (Paket In-line Ganda) menyerupai rangkaian terintegrasi, mikrokontroler, chip, dll.,. Rel diisolasi oleh celah, sehingga baris tidak terhubung satu sama lain di kedua sisi. Jadi, elemen DIP sanggup dihubungkan menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

 yang sanggup dijalankan dengan menggunakan mekanisme penyolderan Penjelasan ihwal Dasar-Dasar Breadboard dan Rangkaian

Ada beberapa pos yang mengikat bareng dengan papan breadboard yang terlihat menyerupai terhubung ke papan breadboard secara internal. Bahkan, ini tidak terhubung dan secara eksternal kita sanggup menghubungkan mereka menggunakan beberapa kabel jumper sesuai kebutuhan.

 yang sanggup dijalankan dengan menggunakan mekanisme penyolderan Penjelasan ihwal Dasar-Dasar Breadboard dan Rangkaian

Ada banyak sekali aktivitas yang sanggup digunakan untuk membangun rangkaian umum, rangkaian proyek elektronik, dll., Pada papan breadboard virtual. Program-program ini tergolong Fritzing yang memfasilitasi pengguna untuk merancang rangkaian dan juga untuk menguji fungsionalitas rangkaian.

Daftar Harga Breadboard

Daftar harga breadboard beragam dengan jenis papan breadboard. Karena ada banyak sekali jenis papan breadboard menyerupai papan breadboard catu daya bawaan, papan breadboard tipe usang yang dibikin dari board of bread, dan sebagainya. Ada banyak sekali jenis papan breadboard tersedia dengan ongkos yang berbeda.

Bagaimana Cara Menggunakan Breadboard untuk Pemula?

Mari kita diskusikan cara menggunakan papan breadboard untuk pemula, pertimbangkan untuk merancang rangkaian LED sederhana yang menghasilkan LED menyala menggunakan catu daya lewat resistor untuk menertibkan daya ke LED. Hubungkan catu daya eksternal lewat tiang pengikat atau pribadi dari sumber tegangan menggunakan kabel jumper.

Kemudian, sambungkan kabel jumper ini ke LED lewat Resistor. Sekarang, aktifkan catu daya dan dengan demikian LED menyala. Sebuah tombol push digunakan untuk menghubungkan terminal resistor (kedua) ke ground rel dan tombol push ini sanggup digunakan selaku sakelar untuk menggugah dan mematikan LED. Rangkaian ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

 yang sanggup dijalankan dengan menggunakan mekanisme penyolderan Penjelasan ihwal Dasar-Dasar Breadboard dan Rangkaian

Dengan demikian, setiap rangkaian proyek listrik dan elektronik sanggup dirancang di atas papan breadboard. Tetapi, dikala kompleksitas perancangan rangkaian proyek meningkat dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan kenaikan kompleksitas proyek. Ada alat dan papan mutakhir menyerupai papan rangkaian cetak, dan sebagainya untuk mengurangi kerepotan rancangan dan meminimalisir waktu.