Sistem Otomasi Industri Dan Perumahan

Tren modern dalam metode kendali industri dan rumah sudah melihat evolusi teknologi otomasi. Meskipun mulanya sedikit dalam beberapa dekade terakhir, otomatisasi sudah meningkat dari kendali kabel ke nirkabel lewat aplikasi kendali sederhana sampai kompleks.

Dengan adanya banyak sekali jenis metode otomasi, sifat kendali proses menjadi meningkat untuk menyediakan produktivitas yang lebih tinggi dengan ongkos lebih rendah. Mari kita lihat secara singkat tentang jenis otomasi ini dan penggunaannya di banyak sekali bidang.

Tren modern dalam metode kendali industri dan rumah sudah  melihat evolusi teknologi  Sistem Otomasi Industri dan Perumahan

Apa itu Otomasi?

Otomasi mengacu pada kondisi perlengkapan atau mesin yang dioperasikan secara otomatis dan ialah langkah melebihi mekanisasi di mana ia memerlukan tenaga fisik untuk menjalankan fungsi secara manual.

Dengan mengotomatisasi peralatan, tenaga kerja manual dikurangi dengan menggunakan mesin yang dibantu komputer dan otomatis. Operasi metode otomasi terintegrasi dengan penggunaan metode sensorik, loop kendali umpan balik, dan perangkat penggagas otomatis.

Tren modern dalam metode kendali industri dan rumah sudah  melihat evolusi teknologi  Sistem Otomasi Industri dan Perumahan

"Otomasi menciptakan orang-orang kehilangan pekerjaan" yakni kesalahpahaman lazim tentang otomasi. Tetapi argumentasi untuk menempatkan operasi proses menjadi otomatis yakni untuk mengembangkan produktivitas dan mutu produk, mengurangi investigasi manual / berkala, mengembangkan keselamatan, mengurangi ongkos bikinan dan menjadi ramah operator.

Otomasi menyediakan penyelesaian kendali yang mempunyai efek untuk banyak sekali aplikasi seumpama industri, mobil, pesawat terbang, dan kendali domestik, dll. Dalam kendali otomasi, pengendali mutakhir seumpama Programmable Logic Controllers (PLC) dikerahkan untuk banyak sekali operasi.

Kontroler ini diprogram dengan loop kendali lanjutan yang ialah kepingan intrinsik dari itu dan beberapa struktur kendali ini yakni umpan balik, umpan maju, cascade, loop kendali rasio dan sebagainya.

2 Jenis Sistem Otomasi

Sistem otomasi mengambil alih metode relai berkabel konvensional dengan mengotomatiskan fungsi proses dengan menggunakan banyak sekali perangkat keras dan perangkat lunak dengan intervensi insan minimal. Ada banyak sekali jenis metode otomasi yang dipakai dalam aplikasi yang berbeda, namun semua metode otomatis tidak serupa. Bergantung pada area aplikasi dan sifat kontrol, metode otomatis ini diklasifikasikan. Beberapa jenis otomasi dibahas secara singkat di bawah ini.

1. Sistem Otomasi Industri

Sistem otomasi industri yakni proses kerja yang menciptakan proses bikinan industri lebih fleksibel dan sederhana dengan efisiensi yang lebih tinggi. Integrasi otomasi ke industri menciptakan penyelesaian manufaktur yang pintar dengan mutu produk dan produktivitas yang lebih baik dengan penghematan waktu henti dan pemborosan.

Sistem otomasi industri melibatkan penggunaan banyak sekali perangkat kendali seumpama PC, sensor dan aktuator, bus/modul komunikasi, drive mesin, metode HMI (Human Machine Interface), dan perlengkapan kendali lainnya.

Tren modern dalam metode kendali industri dan rumah sudah  melihat evolusi teknologi  Sistem Otomasi Industri dan Perumahan

Sistem otomasi industri ini paling terkenal dipakai dalam otomotif, komputer dan elektronik, medis, telekomunikasi, barang-barang konsumsi dan aplikasi industri lainnya. Sistem otomasi sanggup berupa metode yang tetap, terprogram, fleksibel dan terintegrasi. Beberapa jenis metode otomasi industri diberikan di bawah ini.

Mesin Yang Dikontrol Secara Numerik

Mesin ini yakni mesin yang dikendalikan komputer yang menggunakan komputer untuk menjalankan operasi kendali dengan memperoleh, memproses, mengkalkulasikan dan mengendalikan variabel proses.

Otomasi ini yakni model alat mesin yang diprogram dan juga disebut selaku Mesin Computerized Numerical Controlled (CNC). Mesin CNC ini dipakai dalam aplikasi pemotongan dan penggilingan untuk akurasi tinggi dan operasi presisi yang akurat.

Tren modern dalam metode kendali industri dan rumah sudah  melihat evolusi teknologi  Sistem Otomasi Industri dan Perumahan

Computer - Aided Manufacturing (CAM)

Dalam hal ini, seluruh proses pengerjaan (termasuk produksi, perencanaan, dan kontrol) diotomatisasi dengan menggunakan mesin yang diatur secara numerik, robot industri, dan jenis perangkat otomasi lainnya.

Sistem otomasi ini juga menggunakan komputer untuk merencanakan, merancang, dan mengendalikan banyak sekali produk. Contoh dari metode otomasi ini yakni desain dengan tunjangan komputer (CAD), desain dan perancangan dengan tunjangan komputer (CADD) dan penyusunan rencana proses dengan tunjangan komputer (CAPP).

Robot Industri

Ini yakni jenis mesin atau perlengkapan otomatis yang sanggup menjalankan kiprah yang berlawanan untuk durasi yang lebih lama. Ini sebagian besar dipraktekkan di tempat yang sungguh berbahaya atau berbahaya bagi manusia.

Tren modern dalam metode kendali industri dan rumah sudah  melihat evolusi teknologi  Sistem Otomasi Industri dan Perumahan

Sistem Manufaktur yang Fleksibel

Otomatisasi ini sepenuhnya otomatis. Mulai dari proses penyusunan rencana dan perancangan sampai pengantaran produk, seluruh metode sepenuhnya terintegrasi untuk menjadi otomatis. Otomatisasi ini memadukan mesin yang diatur secara numerik, robot industri, dan perlengkapan otomasi yang lain menjadi satu metode terintegrasi.

2. Sistem Otomasi Rumah

Sebagai teknologi yang maju pesat yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari insan lebih fleksibel, utamanya dalam mengendalikan perlengkapan rumah. Instalasi listrik yakni jantung dari setiap bangunan, oleh karena itu kendali bangunan pintar sungguh-sungguh memutuskan keamanan dan kendali yang efisien dan pada akibatnya mengurangi konsumsi daya listrik dan energi manusia.

Sistem otomasi rumah menjalankan operasi seumpama kendali dan pengaturan pencahayaan, mengendalikan perlengkapan HVAC (Pemanasan, Ventilasi dan Pendingin Udara), administrasi energi dan beban, keamanan dan pemantauan, metode audio/video, kiprah HMI dan kiprah kendali lainnya.

Tren modern dalam metode kendali industri dan rumah sudah  melihat evolusi teknologi  Sistem Otomasi Industri dan Perumahan

Sistem otomatisasi rumah menggunakan banyak sekali sensor untuk mencicipi parameter seumpama suhu, tekanan, gerakan, penerangan, dll dan mengantarkan sinyal-sinyal ini ke pengontrol pusat. Pengontrol ini yakni perangkat yang sanggup diprogram seumpama PLC yang diprogram sesuai dengan aplikasi yang digunakan.

Oleh sebab itu, pengontrol ini mendapat input dari sensor dan mengantarkan sinyal kendali ke perangkat penggagas seumpama relai. Beberapa jenis metode otomasi rumah diberikan di bawah ini.

Sistem Otomasi Rumah Saluran Listrik

Otomatisasi ini berbiaya rendah sebab menggunakan kanal listrik untuk mentransfer isu atau data sehingga tidak memerlukan kabel komplemen untuk mentransfer informasi. Namun, metode ini sedikit rumit yang memerlukan rangkaian konverter tambahan.

Sistem Otomasi Rumah Kabel

Jenis otomasi ini menggunakan bus komunikasi lazim yang menghubungkan semua perlengkapan di rumah. Bus atau kabel komunikasi ini terhubung ke pengontrol utama (pengontrol logika yang sanggup diprogram ) untuk menemukan sinyal input dan mengantarkan sinyal perintah kendali ke aktuator.

Sistem Otomasi Rumah Nirkabel (wireless)

Ini yakni teknologi otomatisasi mutakhir ketimbang otomatisasi kabel. Otomatisasi ini menggunakan teknologi nirkabel seumpama RF, Zigbee, GSM, WI-Fi dan Bluetooth untuk meraih operasi kendali jarak jauh. Ini yakni jenis otomasi yang fleksibel yang memerlukan kabel yang sanggup diabaikan untuk menghubungkan banyak sekali perlengkapan di rumah ke unit kendali pusat.

Tren modern dalam metode kendali industri dan rumah sudah  melihat evolusi teknologi  Sistem Otomasi Industri dan Perumahan

Ini yakni dua jenis metode otomasi yang sudah dipraktekkan di sebagian besar industri dan rumah. Kualitas keseluruhan, akurasi, produktivitas, penghematan ongkos tenaga kerja dan keamanan yakni argumen yang lebih baik untuk metode otomasi.