Teknologi Layar Sentuh - Definisi, Cara Kerja, Jenis Dan Aplikasi

Teknologi layar sentuh yakni teknologi berbasis kode manipulasi langsung. Manipulasi pribadi yakni kesanggupan untuk memanipulasi dunia digital di dalam layar. Layar sentuh yakni penampilan visual elektronik yang dapat mendeteksi dan mendapatkan sentuhan di area tampilan.

Ini lazimnya mengacu pada menjamah layar perangkat dengan jari atau tangan. Teknologi ini paling banyak dipakai di komputer, mesin interaktif pengguna, smart phone, tablet dll untuk mengambil alih sebagian besar fungsi mouse dan keyboard.

Teknologi layar sentuh sudah ada selama bertahun-tahun tapi teknologi layar sentuh yang mutakhir baru-baru ini meningkat pesat. Perusahaan memasukkan teknologi ini ke dalam lebih banyak produk mereka.

Tiga teknologi layar sentuh yang paling lazim tergolong resistif, kapasitif dan SAW (gelombang akustik permukaan). Sebagian besar perangkat layar sentuh low end mengandung plug-in papan sirkuit tercetak (PCB) tolok ukur dan dipakai pada protokol SPI.

Sistem memiliki dua bagian, yaitu; perangkat keras dan perangkat lunak. Arsitektur perangkat keras berisikan metode tertanam yang bangun sendiri menggunakan mikrokontroler 8-bit, berbagai jenis antarmuka dan sirkuit driver. Driver perangkat lunak metode dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C interaktif.

Jenis Teknologi Layar Sentuh

Layar sentuh yakni perangkat penginderaan 2 dimensi yang yang dibikin dari 2 lembar material yang dipisahkan oleh spacer. Ada empat teknologi layar sentuh utama: Resistive, Capacitive, Surface Acoustical wave (SAW) dan infrared (IR).

Resistif

Layar sentuh resistif berisikan lapisan atas yang fleksibel yang yang dibikin dari plastik dan lapisan bawah yang kaku yang dibikin dari beling yang dipisahkan oleh titik-titik isolasi, yang menempel pada pengontrol layar sentuh.

Panel layar sentuh resistif lebih terjangkau tapi cuma mengobrol 75% monitor cahaya dan lapisannya sanggup rusak oleh benda tajam. Layar sentuh resistif dibagi lagi menjadi layar sentuh resistif kabel 4-, 5-, 6-, 7-, 8-. Desain konstruksi semua modul ini serupa tapi ada perbedaan utama dalam setiap metodenya untuk menyeleksi koordinat sentuhan.

Kapasitif

Panel layar sentuh kapasitif dilapisi dengan materi yang menyimpan muatan listrik. Sistem kapasitif sanggup mentransmisikan sampai 90% cahaya dari monitor. Ini dibagi menjadi dua kategori. Dalam teknologi kapasitif permukaan, cuma satu segi isolator yang dilapisi dengan lapisan konduktor.

Setiap kali jari insan menjamah layar, konduksi muatan listrik terjadi pada lapisan yang tidak dilapisi yang menciptakan pembentukan kapasitor dinamis. Pengontrol kemudian mendeteksi posisi sentuhan dengan mengukur pergantian kapasitansi di empat sudut layar.

Dalam teknologi kapasitif yang diproyeksikan, lapisan konduktif (Indium Tin Oxide) terukir untuk membentuk kisi-kisi elektroda horizontal dan vertikal berganda. Ini melibatkan penginderaan sepanjang sumbu X dan Y menggunakan referensi ITO yang terukir jelas. Untuk mengembangkan akurasi sistem, layar proyektif berisi sensor pada setiap interaksi baris dan kolom.

Infrared

Dalam teknologi layar sentuh inframerah atau infrared, susunan sumbu X dan Y dilengkapi dengan pasangan Led Infrared dan detektor foto. Detektor foto akan mendeteksi gambar apa pun dalam referensi cahaya yang dipancarkan oleh Led setiap kali pengguna menjamah layar.

Gelombang Akustik Permukaan (SAW)

Teknologi gelombang akustik permukaan atau SAW (Surface Acoustical wave) berisi dua transduser yang diposisikan di sepanjang sumbu X dan sumbu Y dari plat beling monitor bareng dengan beberapa reflektor. Ketika layar disentuh, gelombang diserap dan sentuhan terdeteksi pada dikala itu. Reflektor ini merefleksikan semua sinyal listrik yang dikirim dari satu transduser ke yang lain. Teknologi ini mengobrol hasil dan mutu yang sungguh baik.

Komponen dan cara kerja layar sentuh

Teknologi layar sentuh yakni teknologi berbasis kode manipulasi pribadi Teknologi Layar Sentuh - Definisi, Cara kerja, Jenis dan Aplikasi

Layar sentuh dasar memiliki sensor sentuh, pengontrol, dan driver perangkat lunak selaku tiga komponen utama. Layar sentuh dikehendaki untuk dikombinasikan dengan penampilan dan PC untuk menciptakan metode layar sentuh.

Sensor Sentuh

Sensor lazimnya memiliki arus listrik atau sinyal melewatinya dan menjamah layar mengakibatkan pergantian sinyal. Perubahan ini dipakai untuk menyeleksi lokasi sentuhan layar.

Pengendali (Controller)

Kontroler akan dihubungkan antara sensor sentuh dan PC. Dibutuhkan keterangan dari sensor dan menerjemahkannya untuk mengerti PC. Kontroler menyeleksi jenis koneksi apa yang dibutuhkan.

Driver Perangkat Lunak

Ini memungkinkan komputer dan layar sentuh untuk melakukan pekerjaan bersama. Ia menginformasikan OS cara berinteraksi keterangan program sentuh yang dikirim dari pengontrol.

Aplikasi - Remote control menggunakan teknologi Layar Sentuh

Teknologi layar sentuh yakni teknologi berbasis kode manipulasi pribadi Teknologi Layar Sentuh - Definisi, Cara kerja, Jenis dan Aplikasi

Layar sentuh yakni salah satu antarmuka PC paling sederhana untuk digunakan, untuk sejumlah besar aplikasi. Layar sentuh berharga untuk mengakses keterangan dengan mudah cuma dengan menjamah layar tampilan. Sistem perangkat layar sentuh berkhasiat dalam mulai dari kendali proses industri sampai otomatisasi rumah .

Teknologi layar sentuh yakni teknologi berbasis kode manipulasi pribadi Teknologi Layar Sentuh - Definisi, Cara kerja, Jenis dan Aplikasi

Secara real time dengan cuma menjamah layar sentuh dan dengan antarmuka grafis, siapa pun sanggup mengawasi dan mengatur operasi yang kompleks.

Teknologi layar sentuh yakni teknologi berbasis kode manipulasi pribadi Teknologi Layar Sentuh - Definisi, Cara kerja, Jenis dan Aplikasi

Pada ujung transmisi menggunakan unit kendali layar sentuh, beberapa arah akan dikirim ke robot untuk bergerak ke arah tertentu seumpama maju, mundur, berputar ke kiri dan berputar ke kanan. Pada ujung akseptor empat motor dihubungkan dengan mikrokontroler. Dua di antaranya akan dipakai untuk gerakan lengan dan cengkeraman robot dan dua yang lain dipakai untuk gerakan tubuh.

Beberapa operasi jarak jauh sanggup dilaksanakan dengan teknologi layar sentuh menggunakan komunikasi nirkabel untuk menjawab panggilan, mendapatkan dan berkomunikasi dengan staf, dan mengoperasikan kendaraan dan robot. Untuk kebutuhan ini komunikasi RF atau komunikasi infrared sanggup digunakan.

Aplikasi real time: Mengontrol perlengkapan rumah tangga menggunakan Teknologi Layar Sentuh

Dimungkinkan untuk mengatur perlengkapan listrik di rumah menggunakan teknologi layar sentuh. Seluruh metode melakukan pekerjaan dengan mengantarkan perintah input dari panel layar sentuh lewat komunikasi RF yang diterima di ujung akseptor dan mengatur peralihan beban.

Di ujung pemancar, panel layar sentuh dihubungkan ke Mikrokontroler lewat konektor layar sentuh. Ketika area pada panel disentuh, koordinat x dan y dari area tersebut dikirim ke Mikrokontroler yang menciptakan kode biner dari input.

Data biner 4 bit ini diberikan ke pin data encoder H12E yang menyebarkan output serial. Output serial ini kini dikirim menggunakan modul RF dan antena.

Pada ujung penerima, modul RF mendapatkan data serial yang dikodekan, mendemodulasi, dan data serial ini diberikan ke dekoder H12D. Dekoder ini merubah data serial ini menjadi data paralel yang berhubungan dengan data orisinil yang dikirim oleh mikrokontroler di ujung transmisi.

Mikrokontroler pada ujung penerima, mendapatkan data ini dan akhirnya mengirim sinyal kecerdikan rendah ke optocoupler yang tepat yang pada gilirannya beralih pada masing-masing TRIAC untuk memungkinkan arus AC ke beban dan masing-masing beban diaktifkan.