Jenis Jenis Turnbuckle Dan Fungsinya

Jenis Jenis Turnbuckle dan Fungsinya - Pernahkah Anda menyaksikan suatu objek diikat atau ditarik dengan menggunakan sling? Jika diperhatikan, terdapat suatu alat perhiasan yang dipasangkan pada sling tersebut. Nama alat perhiasan tersebut adalah turnbuckle atau disebut juga dengan nama jarum keras.

Sebuah baja sling yang digunakan untuk mengikat atau menawan suatu objek sering mengalami ikatan yang kendur atau mulur sehingga ikatan sling tidak maksimal dan berpeluang untuk lepas. Oleh alasannya merupakan itu, pada baja sling yang digunakan untuk mengikat atau menawan objek disertakan alat perhiasan yakni turnbuckle. Turnbuckle sungguh sering digunakan pada bidang konstruksi untuk menertibkan tegangan tali baja atau sling mudah-mudahan sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu Turnbuckle?

Turnbuckle merupakan alat yang berfungsi untuk menyesuaikan tegangan, mengencangkan dan meminimalisir (mengendurkan) tali, kabel, atau kawat baja. Di ujung turnbuckle terdapat fitting yang berfungsi selaku penyambung antara turnbuckle dengan tali baja.

Ujung fitting turnbuckle yang terhubung dengan tali atau metode penegang sanggup dikencangkan atau dilonggarkan untuk menyesuaikan tegangan (kekencangan) pada tali yang terhubung.

Penggunaan turnbuckle sanggup ditangani secara tunggal atau bareng dengan turnbuckle yang lain untuk menertibkan tegangan pada segmen tertentu.

Jenis Jenis Turnbuckle

Jika dilihat dari ujung sambungan (fitting), turnbuckle terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis fitting tersebut tersedia sesuai dengan jenis tali dan keadaan penyambungan pada turnbuckle. Berikut merupakan jenis jenis turnbuckle dan fungsinya berdasarnya bentuk fitting.

1. Hook End Turnbuckle (Fitting Pengait)


Hook end turnbuckle (fitting pengait) berfungsi untuk menghasilkan sambungan sementara alasannya merupakan sanggup disambung dan dilepas dengan gampang dan cepat. Jenis turnbuckle ini lebih sering digunakan pada sambungan sementara. Hook end turnbuckle (fitting pengait) tidak diusulkan digunakan untuk sambungan dengan beban tegangan dinamis alasannya merupakan sambungan fitting pengait sanggup terlepas tiba-tiba.

2. Jaw End Turnbuckle (Fitting Rahang)


Jaw end turnbuckle
(fitting rahang) merupakan turnbuckle yang berisikan sebuah fitting berbentuk rahang yang diikat bareng dengan suatu pin atau baut. Jaw end turnbuckle (fitting rahang) digunakan pada sambungan yang mempunyai pengaruh dan sanggup dikunci tetapi sanggup dilepaskan apabila diperlukan.

3. Eye End Turnbuckle (Fitting Mata/Bulat)

Eye end turnbuckle (fitting mata/bulat) merupakan turnbuckle dengan fitting berupa fitting tertutup yang sanggup dihubungkan pada suatu sambungan atau tautan tertentu dengan gampang dan kuat.

4. Turnbuckle Fitting Kombinasi


Turnbuckle fitting variasi berlainan dengan jenis turnbuckle sebelumnya. Jika turnbuckle sebelumnya memiliki fitting yang sama pada kedua ujungnya, turnbuckle fitting kombinasi mempunyai bentuk fitting yang berlainan antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya

Terkadang pada keadaan tertentu diperlukan variasi antara kedua ujung fitting yang berbeda. Contoh variasi ujung fitting yaitu mata-rahang, kait-rahang, kait-mata dan variasi lainnya.

Kombinasi ujung fitting pada turnbuckle dipengaruhi dengan apa yang terhubung dengan turnbuckle.

Itulah pembahasan perihal jenis jenis turnbuckle beserta dengan fungsinya. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com