Bagian - Bab Jangka Sorong Beserta Dengan Fungsinya

Bagian - Bagian Jangka Sorong

Jangka sorong ialah alat ukur mekanik yang memiliki kecermatan hingga 1/100. Jangka sorong berisikan beberapa bab yang memiliki fungsinya masing - masing. Secara biasa ada tiga jenis jangka sorong yang di sekarang ini digunakan yakni jangka sorong manual (vernier caliper), jangka sorong analog (dial caliper) dan jangka sorong digital (digital caliper). Ketiga jenis jangka sorong ini berisikan dua bab utama yakni bab tetap (diam) dan bab yang sanggup digeser (bergerak). Pada goresan pena ini akan diterangkan bab - bab jangka sorong beserta dengan fungsinya, utamanya jangka sorong manual.

Gambar di bawah ini ialah gambar jangka sorong manual beserta dengan bab - bagiannya.

Pada gambar di atas, bab - bab jangka sorong ditunjukan oleh angka 1 hingga 6 yakni selaku berikut:
1. Rahang dalam
2. Rahang luar
3. Depth probe
4. Skala utama (mm)
5. Skala utama (inchi)
6. Skala nonius/skala vernier (mm)
7. Skala nonius/skala vernier (inchi)
8. Pengunci



Rahang Dalam (Inside Jaw)
Rahang dalam atau insinde jaw terdiri dari rahang tetap dan rahang geser. Rahang dalam berfungsi untuk mengukur diameter dalam lubang. Contohnya yakni diameter lubang hasil bor, diameter silinder mesin dan lain sebagainya.

Rahang Luar (Outside Jaw)
Rahang luar atau outside jaw berfungsi untuk mengukur bab luar seumpama diameter luar, tebal dan lebar sebuah benda. Outside jaw berisikan dari rahang tetap dan rahang geser.

Depth Probe
Depth probe yakni bab ekor jangka sorong. Depth kafetaria berfungsi untuk mengukur kedalaman lubang.

Skala Utama (mm)
Skala utama (mm) terdapat pada batang utama. Skala utama (mm) menandakan angka nominal dari sebuah benda dalam satuan milimeter.

Skala Utama (Inchi)

Skala utama (inchi) terdapat pada batang utama. Skala utama (inchi) menandakan angka nominal dari sebuah benda dalam satuan inchi.

Skala Nonius/Skala Vernier (mm)
Skala nonius atau skala vernier berfungsi selaku penanda angka desimal selaku penambah nilai ketelitian. Skala nonius/skalavernier (mm) menandakan angka desimal dalam satuan milimeter.

Skala Nonius/Skala Vernier (Inchi)
Skala nonius atau skala vernier berfungsi selaku penanda angka desimal selaku penambah nilai ketelitian. Skala nonius/skalavernier (inchi) menandakan angka desimal dalam satuan inchi.

Pengunci
Pengunci berfungsi untuk menahan bab yang bergerak pada di saat proses pengukuran.

Itulah bab - bab jangka sorong dan funginya yang sanggup diterangkan pada potensi kali ini.
Semoga bermanaat.

Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com