Cara Kerja Motor Bensin 4 Tak

Cara Kerja Motor Bensin 4 Tak - Motor 4 tak atau dalam bahasa inggris disebut dengan four stroke engine merupakan suatu mesin di mana untuk menciptakan satu kali tenaga memerlukan empat kali langkah naik turun piston dan dua putaran poros engkol atau sanggup dibilang motor 4 tak memerlukan dua putaran poros engkol dan empat kali langkah naik turun piston untuk menciptakan satu siklus tenaga. Cara kerja motor 4 tak merupakan selaku berikut:

Cara Kerja Motor 4 Tak

Seperti namanya yaitu four stroke engine, cara kerja motor 4 tak memiliki empat kali gerakan naik turun piston yang disebut dengan langkah isap, langkah kompresi, langkah usaha/langkah tenaga dan langkah buang dan dua kali putaran poros engkol untuk menciptakan satu kali siklus tenaga. Langkah tertinggi piston pada silinder disebut dengan titik mati atas (TMA) dan titik paling rendah dari piston di dalam silinder disebut dengan titik mati bawah (TMB).

Untuk lebih jelasnya sanggup dilihat pada klarifikasi di bawah ini:

1. Langkah Isap

Langkah Isap

Langkah isap dimulai ketika piston bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Pada langkah ini katup In (katup masuk) terbuka dan katup Ex (katup buang) tertutup. Piston yang bergerak turun dari TMA ke TMB menyebabkan terjadinya kevakuman di dalam silinder. Kevakuman yang terjadi di dalam silinder menyebabkan adonan udara dan materi bakar terisap masuk ke ruang bakar lewat katup masuk yang terbuka.

Pada langkah isap ini piston yang bergerak dari TMA ke TMB disebabkan lantaran dua hal yakni pada dikala permulaan menyalakan mesin, piston bergerak lantaran adanya gaya dari motor starter dan pada dikala mesin menyala piston bergerak lantaran ada saat-saat dari roda absurd (fly wheel). Saat langkah isap ini poros engkol bergerak setengah putaran dan memutarkan cam shaft dengan perbandingan dua berbanding satu sehingga menyebabkan katup isap terbuka sementara katup buang masih dalam kondisi tertutup

2. Langkah Kompresi

Langkah Kompresi

Ketika piston sudah meraih TMB pada langkah isap tadi, piston akan kembali bergerak menuju TMA. Saat langkah kompresi ini katup isap dan katup buang dalam kondisi tertutup. Karena adanya dorongan dari piston, adonan materi bakar dan udara yang ada di dalam silinder akan terdorong oleh piston menuju TMA dan menyebabkan materi adonan materi bakar dan udara jadi dimampatkan. Campuran materi bakar dan udara yang dimampatkan piston ini menyebabkan tekanan dan temperaturnya naik sehingga adonan materi bakar dan udara itu jadi gampang terbakar. Pada langkah ini poros engkol kembali berputar setengah putaran

3. Langkah Usaha

Langkah Usaha

Pada dikala piston nyaris meraih TMA, adonan materi bakar dan udara dinyalakan dengan percikan bunga api dari busi dan terjadilah proses pembakaran. Terjadinya pembakaran pada adonan materi bakar dan udara menyebabkan tekanan dan temperatur di ruang bakar menjadi naik. Tekanan yang tinggi akhir dari pembakaran adonan materi bakar dan udara ini akan mendorong piston yang sudah meraih TMA kembali ke TMB. Pada langkah kerja keras ini katup masuk dan katup buang dalam kondisi tertutup.

4. Langkah Buang

Langkah Buang

Jika piston yang terdorong pada langkah kerja keras sudah meraih TMB, katup buang akan terbuka dan katup isap tetap tertutup. Setelah meraih TMB, piston akan kembali bergerak ke atas menuju TMA dan mendesak gas sisa pembakaran ke luar dari dalam silinder lewat katup buang yang terbuka. Pada dikala ini, poros engkol kembali berputar setengah putaran yang mempunyai arti poros engkol sudah berputar sebanyak dua putaran penuh. Sampai langkah buang ini mempunyai arti piston sudah mengerjakan empat langkah bolak balik. Setelah langkah buang tamat maka siklus dimulai lagi dari langkah hisap dan seterusnya.

Keuntungan dan Kerugian Motor 4 Tak

Keuntungan:

  1. Mesin lebih presisi, efisien dan stabil lantaran proses masuk, kompresi, kerja keras dan buang bangun sendiri.
  2. Kerugian langkah lantaran tekanan balik lebih kecil.
  3. Putaran rendah yang lebih baik dan panas mesin lebih gampang didinginkan dengan sirkulasi oli
  4.  Penggunaan materi bakar lebih hemat
  5. Panas mesin lebih rendah

Kerugian:

  1. Mekanisme katup lebih rumit
  2. Suara lebih berisik

Itulah cara kerja motor bensin 4 tak yang sanggup disampaikan pada peluang kali ini, agar bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com