Cara Kerja Motor Diesel

Cara Kerja Motor Diesel - Motor diesel ini didapatkan oleh Rudolf  Diesel pada tahun 1872. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi (compression ignition engine). Disebut motor penyalaan kompresi alasannya penyalaan materi bakarnya tidak menggunakan percikan api dari busi melainkan diakibatkan dari suhu kompresi udara di dalam riang bakar.

Cara pembakaran dan pengatomisasian (atomizing) materi bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. Jika pada motor bensin piston menghisap adonan materi bakar dan udara ke dalam ruang bakar, pada motor diesel yang dihisap oleh piston ke dalam ruang bakar cuma udara.

Setelah udara masuk ke dalam ruang bakar, udara tersebut akan dikompresikan hingga meraih suhu dan tekanan yang tinggi gres sehabis itu materi bakar solar diinjeksikan (dikabutkan) ke dalam ruang bakar. Bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar akan terbakar dengan sendirinya alasannya suhu dan tekanan di dalam silinder cukup tinggi.

Pada motor diesel tidak diinginkan tata cara pengapian seumpama pada motor bensin, tapi pada motor diesel diinginkan tata cara injeksi materi bakar berupa pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector).

Gambar Motor Diesel

Cara Kerja Motor Diesel

Cara Kerja Motor Diesel 2 Tak

1. Langkah hisap dan kompresi

Langkah hisap terjadi pada di saat piston berada di titik mati bawah (TMB). Pada di saat piton berada di TMB ini udara akan masuk lewat katup masuk. Udara masuk ke dalam silinder alasannya udara dipompakan oleh blower atau turbo. Setelah itu, piston akan bergerak dari TMB ke TMA dan jalan masuk masuk akan tertutup oleh dinding piston. Ketika piston meraih 1/4 langkah maka kompresi akan dimulai dan udara yang ada di dalam silinder dimampatkan sehingga suhu dan tekanannya naik.

2. Langkah jerih payah dan buang

Ketika Piston meraih TMA dan temperatur udara menjadi tinggi, di saat itulah injektor akan menyemprotkan sejumlah solar dalam bentuk partikel - partikel kecil (dikabutkan) ke dalam udara bertekanan tinggi yang tadi dikompresikan sehingga solar akan terbakar dengan sendirinya. Solar ini sanggup terbakar dengan sendirinya alasannya temperatur udara yang dikompresikan melampaui titik nyala solar.

Hasil dari pembakaran tersebut akan membuat daya ledak sehingga piston akan terdorong dari TMA ke TMB. Sebelum piston meraih TMB, jalan masuk masuk udara dan katup buang akan terbuka. Udara yang dipompakan oleh blower atau turbo akan masuk ke dalam silinder dan mendorong gas buang sisa pembakaran ke luar dari silinder.

Cara Kerja Motor Diesel 4 Tak

1. Langkah Hisap

Pada langkah hisap, piston bergerak dari TMA ke TMB, katup masuk terbuka dan katup buang tertutup. Gerakan piston dari TMA ke TMB menyebabkan terjadinya kevakuman di dalam ruang bakar sehingga udara akan masuk lewat katup masuk yang terbuka.

2. Langkah kompresi

Setelah piston meraih TMB dan  udara masuk ke dalam silinder, katup masuk akan tertutup dan katup buang masih dalam kondisi tertutup. Piston akan kembali bergerak dari TMB menuju TMA dan memampatkan (mengkompresikan) udara sehingga tekanan serta temperaturnya menjadi naik.

3. Langkah usaha

Pada langkah jerih payah ini katup masuk dan katup buang masih dalam kondisi tertutup. Sesaat sebelum piston meraih TMA, materi bakar (solar) akan diinjeksikan masuk ke dalam ruang bakar dalam bentuk partikel - partikel kecil. Ketika materi talenta tercampur dengan udara bertekanan tinggi maka materi bakar tersebut akan terbakar dengan sendirinya. Bahan bakar yang terbakar ini akan membuat gaya ledak dan mendorong piston dari TMA menuju ke TMB

4. Langkah buang

Setelah piston meraih TMB dan kembali bergerak ke TMA, katup buang akan terbuka dan katup masuk tetap dalam kondisi tertutup. Piston bergerak dari TMB menuju TMA dan mendorong gas sisa pembakaran keluar dari silinder lewat katup buang yang terbuka. Jika piston sudah meraih TMA itu artinya langkah buang ini sudah final dan selesailah piston melaksanakan melaksanakan satu siklus kerja.

Itulah cara kerja motor diesel yang sanggup diterangkan pada peluang ini, biar bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com