Cara Menyalakan Dan Mematikan Komputer Sesuai Dengan Sop

SOP Menyalakan dan Mematikan Komputer - Komputer merupakan perangkat elektronik pengolah data yang dikala ini banyak dipakai di segala sektor industri, mulai dari industri pemesianan, industri busana hingga industri pangan. Kebutuhan komputer di setiap sektor industri pastinya berbeda-beda, tergantung dari dipakai untuk apa komputer tersebut.

Selain di industri, komputer telah usang dipakai pada pekerjaan kantoran. Di perkantoran, komputer umumnya dipakai untuk mengolah dan menyimpan data suatu perusahaan.

Menyalakan dan mematikan komputer mungkin telah menjadi hal yang biasa bagi mereka yang terjun di dunia komputer. Tetapi bagi mereka yang gres belajar komputer, menyalakan dan mematikan komputer pastinya menjadi tantangan tersendiri, sebab menyalakan dan mematikan komputer tidak sama halnya dengan menyalakan dan mematikan televisi.

Menyalakan dan mematikan komputer mesti dilakukan sesuai dengan SOP (Standar Operational Procedure). Jika komputer dinyalakan dan dimatikan tidak cocok dengan SOP maka akan terjadi kerusakan pada komputer tersebut.

    Lalu, bagaimana cara menyalakan dan mematikan komputer sesuai SOP?

Cara Menyalakan Komputer Sesuai Dengan SOP

Berikut merupakan cara menyalakan komputer sesuai dengan SOP:

  1. Pastikan semua kabel telah terpasang dengan baik, mulai dari kabel power hingga kabel VGA.
  2. Pastikan semua komponen komputer yang dikehendaki menyerupai mouse dan keyboard telah terpasang.
  3. Tekan tombol power CPU, umumnya terdapat pada casing CPU potongan depan.
  4. Tunggu beberapa dikala hingga proses booting final dan timbul desktop windows.
  5. Komputer siap digunakan

Agar komputer sanggup dipakai dengan lebih aman, gunakanlah UPS atau stabilizer yang mau mempertahankan input listrik ke komputer tetap stabil.

UPS dan stabilizer merupakan perangkat periferal yang berfungsi untuk menstabilkan suplai listrik ke komputer, sehingga perangkat komputer menjadi lebih baka dan aman.

Cara Mematikan Komputer Sesuai Dengan SOP

Cara mematikan komputer tidak sama dengan cara mematikan televisi atau perangkat elektro yang lain yang sanggup dilakukan cuma dengan menekan tombol powernya saja. Mematikan komputer mesti dilakukan dengan tindakan yang benar mudah-mudahan tidak terjadi kerusakan baik pada dokumen yang sedang dilakukan maupun pada komponen komputernya sendiri.

Berikut merupakan cara mematikan komputer sesuai dengan SOP:

  1. Klik start santapan atau sanggup dengan menekan tombol windows pada keyboard
  2. Klik opsi power
  3. Klik shut down
  4. Tunggu hingga komputer betul-betul mati
  5. Cabut kabel power dari catu daya
  6. Komputer telah sukses dimatikan

Sebelum komputer dimatikan, seharusnya pastikan tidak ada file yang sedang terbuka atau pekerjaan yang belum disimpan (save). Jika masih ada file yang terbuka dan komputer dimatikan, maka akan ada kemungkinan file tersebut menjadi rusak atau hilang.

Itulah cara menyalakan dan mematikan komputer sesuai dengan SOP. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com