Inilah Tanda Tanda Fuel Pump Motor Injeksi Telah Lemah

Tanda Fuel Pump Lemah - Fuel pump (pompa materi bakar) pada teknologi injeksi memili tugas yang sungguh vital. Fuel pump diinginkan oleh metode injeksi untuk menyalurkan materi bakar dari tangki materi bakar ke injektor sesuai dengan porsinya. Selain itu, Fuel pump juga berfungsi untuk mempertahankan tekanan materi bakar tetap pada tekanan standarnya.

Pada kendaraan yang menggunakan metode karburator tidak membutuhkan fuel pump sedangkan pada kendaraan dengan metode injeksi membutuhkan fuel pump untuk menghisap dan mendistribusikan materi bakar. Untuk kendaraan yang sering digunakan, komponen fuel pump lazimnya memiliki masa pakai sekitar 5 tahun.

Fuel pump sanggup mengalami kerusakan alasannya beberapa aspek menyerupai usia pemakaian dan kebiasaan membiarkan materi bakar di dalam tangki dalam kondisi kosong. Normalnya fuel pump sanggup bertahan hingga lima tahun jika dipakai secara normal. Volume materi bakar pada tangki kendaraan dengan metode injeksi semestinya tidak dibiarkan kosong. Dengan begitu sanggup memperpanjang masa pakai fuel pump.

Fuel pump yang telah mulai mengalamu kerusakan tidak akan sanggup berfungsi dengan maksimal. Lalu bagaimana cara mengenali kondisi fuel pump yang masih manis atau tidaknya? Kerusakan fuel pump sanggup dilihat dari beberapa tanda yang muncul. Berikut merupakan ciri-ciri fuel pump rusak pada kendaraan.

Gejala Fuel Pump Kendaraan Rusak

1. Mesin Sulit Dihidupkan

Pada di saat Anda menyalakan kendaraan Anda tetapi kendaraan Anda susah hidup meskipun starter dalam kondisi normal, sanggup jadi ini karena fuel pump yang telah mulai melemah.

Untuk menentukan kondisi fuel pump masih hidup atau tidak sanggup dilaksanakan dengan menyimak bunyi dengungan dari tangki materi bakar di saat kontak di ON kan. Jika tidak timbul bunyi dengungan atau dengungannya terdengar sungguh kecil, ini merupakan tanda fuel pump sudah lemah atau rusak.

Kondisi fuel pump yang masih manis normalnya berdengung dengan keras sesaat sehabis kunci kontak ditempatkan ke posisi ON.

2. Suara Dengungan Fuel Pump Pelan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada di saat kondisi kunci kontak di posisikan ke ON maka fuel pump akan eksklusif berdengung yang menunjukan fuel pump akan eksklusif memompakan materi bakar secara otomatis.

Pada di saat bunyi dengungan terdengar lebih pelan ketimbang lazimnya maka perlu dilaksanakan pengecekan, alasannya bunyi dengungan yang lemah menunjukan fuel pump sudah mulai melemah.

Untuk memastikannya, Anda sanggup eksklusif menenteng kendaraan Anda ke bengkel resmi. Jangan menanti fuel pump benar-benar mati alasannya kendaraan Anda tidak akan sanggup dihidupkan.

3. Lampu Indikator Injeksi Berkedip

Jika ada kedipan pada indikator check engine lamp, menunjukan adanya duduk kendala pada kendaraan Anda. Kerusakan pada fuel pump tidak senantiasa ditandai dengan adanya kedipan pada MIL (Mal Indicator Lamp).

Jika terjadi permasalahan pada sensor atau metode injeksi maka MIL akan menyala dan berkedip.  Pada di saat kunci kontak diputar pada posisi ON maka lampu MIL akan menyala sekitar 0,3 detik dan mati kembali. Pada di saat MIL menyala, ECM akan mendeteksi kondisi metode sensor. Jika terjadi kerusakan maka lampu MIL akan berkedip dan dibarengi beberapa tanda-tanda yang telah disebutkan di atas, maka sanggup ditentukan bahwa kondisi fuel pump mengalami kerusakan.

Fuel pump yang mengalami kerusakan sebaiknya diganti dengan yang baru. Penggantian fuel pump ini sanggup dilaksanakan dengan melepas beberapa baut dan cover tangki bensin. Jika tidak sanggup mengerjakan penggantian sendiri, sebaiknya Anda menenteng kendaraan Anda ke bengkel resmi untuk mengerjakan penggantian fuel pump.

Demikian Tanda Tanda Fuel Pump Motor Injeksi Sudah Lemah yang sanggup disampaikan pada potensi kali ini. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com