Jenis Jenis Blade Pada Bulldozer Dan Fungsinya

Jenis Blade Bulldozer - Pada bulldozer terdapat bab yang memiliki peranan sungguh penting yakni blade. Blade kebanyakan berfungsi untuk mendorong dan membersihkan material. Untuk pekerjaan yang berbeda, terdapat beberapa macam blade yang sanggup digunakan pada bulldozer. Setidaknya ada 6 jenis blade yang berkhasiat yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Blade Pada Bulldozer dan Fungsinya

Berikut yakni jenis-jenis blade pada bulldozer dan fungsinya.

1. Universal Blade (U-Blade)

Universal blade dilengkapi dengan sayap yang sanggup mengembangkan produktifitas. Sayap ini berfungsi mudah-mudahan bulldozer sanggup mendorong atau menjinjing muatan dengan jumlah yang lebih banyak sehingga menjadi lebih efektif. Universal blade lazimnya digunakan pada pekerjaan reklamasi tanah, penyediaan materi (stock pilling) dan lain-lain.

2. Straight Blade (S-Blade)

Straight blade yakni jenis blade yang cocok digunakan pada banyak sekali keadaan medan. Straight blade yakni bentuk adaptasi dari universal blade. Straight blade banyak digunakan untuk mendorong material cohesive, penggalian struktur dan penimbunan.

Straight blade sanggup digunakan untuk menggali tanah yang keras dengan cara memiringkan bladenya. Manuver straight blade lebih gampang dan sanggup digunakan untuk mengatasi material dengan mudah.

3. Angling Blade (A-Blade)

Angling blade yakni blade yang berupa lurus dan menyudut. Angling blade digunakan untuk:

  • Pembuangan ke samping (side casting)
  • Pembukaan jalan (pioneering roads)
  • Penggalian kanal (cutting ditches)
  • Efektif untuk digunakan pada pekerjaan side hill atau back filling

4. Cushion Blade (C-Blade)

Cushion blade dilengkapi dengan alas karet (rubber cushion) yang berfungsi untuk meredam tumbukan. Selain digunakan untuk push dozing, cushion blade juga digunakan untuk pemeliharaan jalan dan pekerjaan dozing lainnya. Lebar cushion blade sanggup memungkinkan kenaikan manuver.

5. Bowl-Dozer

Bowl-Dozer yakni blade yang digunakan untuk mendorong atau menjinjing material dengan kehilangan material sesedikit mungkin. Ini sanggup ditangani alasannya yakni ad dinding besi pada segi blade yang cukup lebar. Blade jenis ini dinamakan Bowl-Dozer alasannya yakni bentuknya yang menyerupai mangkuk.

6. Universal Blade For Light Material (Light Blade)

Universal Blade For Light Material dirancang khusus untuk mengatasi material non kohesif yang lebih ringan menyerupai stock pile dari tanah lepas atau gembur.

Selain peralatan persyaratan bulldozer yang telah dituliskan di atas, bulldozer juga memiliki beberapa opsi peralatan komplemen seperti:

  • Pisau garuk
  • Garu batuan
  • Pembajak akar
  • Pemotong pohon jenis V
  • Kanopi pelindung operator
  • Roda pencacah
  • Kap pelindung untuk pekerjaan berat


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com