Jenis Jenis Bulldozer

Jenis Jenis Bulldozer - Bulldozer merupakan alat berat yang digunakan untuk mendorong, memotong, menggali ataupun menawan material menyerupai pasir, tanah dan bebatuan. Bulldozer lazimnya digunakan pada pekerjaan pemindahan tanah atau material alasannya memiliki daya dorong yang sungguh tinggi. Bulldozer sanggup beroperasi pada tempat dengan kontur lunak maupun keras.

Buldozer banyak didapatkan pada pembangunan konstruksi dan lazimnya digunakan untuk meratakan tanah atau material, menggali, mendorong, menggusur dan menguruk banyak sekali material.

Jenis - Jenis Bulldozer dan Gambarnya

Untuk menyanggupi banyak sekali keperluan pekerjaan, bulldozer dirancang dengan banyak sekali jenis. Jenis jenis bulldozer yang banyak digunakan merupakan selaku berikut.

1. Bulldozer Perayap (Crawler Bulldozer)

Bulldozer perayap disebut juga dengan bulldozer lintasan. Bulldozer perayap cocok untuk pekerjaan yang yang memerlukan daya dorong yang tinggi. Bulldozer perayap ini sungguh sesuai untuk memindahkan material berat dari satu area ke area lain.

Bulldozer perayap sungguh ideal untuk melintasi medan yang padat dan tidak beraturan. Crawler yang lebih besar memiliki ripper yang sanggup menolong untuk merusak dan membersihkan medan yang padat.

2. Bulldozer Roda (Wheel Buldozer)

Wheel buldozer lazimnya disebut dengan bulldozer roda dan memiliki ukuran yang lebih besar dari bulldozer perayap. Wheel buldozer sebagian besar dilengkapi dengan torsi konverter dan transmisi power-shift dan beberapa diantaranya merupakan pencetus langsung.

Jika ketimbang bulldozer perayap, Wheel buldozer lebih gampang bermanuver alasannya rodanya sanggup menanggulangi secara keseluruhan dengan baik. Bulldozer roda memiliki kemudi hidrolik yang bergerak pada sumbu yang lebih kecil.

Bulldozer roda ideal untuk digunakan pada permukaan yang lunak atau sensitif alasannya rodanya lebih lembut.

3. Bulldozer Mini (Mini Bulldozer)

Bulldozer mini memiliki bentuk yang lebih sederhana dan disebut juga dengan bulldozer konservatif atau bulldozer kompak. Bulldozer mini sungguh sesuai untuk pekerjaan yang memerlukan mobilitas dan kebebasan yang tinggi.

Dengan ukurannya yang kecil, bulldozer mini sanggup melakukan pekerjaan dengan baik dalam banyak sekali jenis pekerjaan yang memerlukan mobilitas yang tinggi menyerupai membersihkan bidang tanah.

4. Bulldozer Hybrid (Hybrid Bulldozer)

Bulldozer hybrid merupakan buldozer berteknologi tinggi dengan komponen listrik dan banyak sekali blade yang sanggup digunakan pada lingkungan yang berair maupun kerng. Bulldozer hybrida sanggup digunakan pada lingkungan berawa dan berlumpur.

Sebagian besar bulldozer hybrida digunakan untuk meratakan tanah yang hendak disiapkan untuk pembangunan.

5. Bulldozer Shiphold

Bulldozer shiphold merupakan bulldozer yang dirancang khusus untuk memindahkan muatan berat ke dalam maupun ke luar dari kapal yang berlabuh di pelabuhan pada ketika menampung atau membongkar muatan.

6. Bulldozer Mulcher

Bulldozer mulcher dilengkapi dengan mulsa besar di bab depan bulldozer. Buldozer mulcher lazimnya digunakan pada industri kehutanan dan konstruksi jalan.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com