Jenis - Jenis Flange Menurut Ansi (American National Standards Institute)

Jenis - Jenis Flange Berdasarkan ANSI - Flange yaitu suatu komponen yang dipakai untuk menyambungkan pipa dengan pipa atau pipa dengan valve atau dengan komponen lainnya.  Penggunaan flange sanggup memudahkan penyambungan pipa alasannya yaitu dengan menggunakan flange, penyambungan pipa sanggup dijalankan dengan menggunakan baut dan mur saja selaku pengikatnya. Terdapat banyak jenis flange yang dikala ini digunakan, salah satunya yaitu jenis - jenis flange menurut ANSI (American National Standards Institute). Berikut yaitu jenis - jenis flange menurut ANSI (American National Standards Institute).

Socket Flanges

Socket flanges yaitu flange yang terdapat tahanan pada segi luarnya. Tahanan ini berfungsi untuk menahan pipa yang dimasukkan ke dalamnya biar tidak tembus ke luar.

Slip on Flanges

Slip on flanges yaitu flange dengan diameter dalam lebih besar dari diameter luar pipa. Flange cuma dimasukkan sebagiannya saja lalu bab luar dan bab dalamnya dilas. Penggunaan slip on flange diperlukan sanggup tahan usang dan tidak ada celah antar sambungan pipa.

Lap Joint Flanges

Lap joint flanges yaitu flanges yang  posisi lubang bautnya sanggup diputarkan. Lap joint flange dan slip on flange memiliki kegunaan yang nyaris sama. Lap joint flange diusulkan untuk tidak dipakai untuk pressure yang tinggi.

Weldneck Flanges

Weldneck flanges yaitu flange yang bagus untuk dipakai pada pressure dan temperatur rendah maupun tinggi. Weldneck flange ini mempunyai sifat yang gampang untuk disambungkan sehingga flange jenis ini menjadi flange yang paling banyak digunakan.

Threaded Flanges

Threaded flanges yaitu flange yang mempunyai ulir pada diameter dalamnya. Ulir ini dipakai berfungsi untuk pengikat falnge dengan pipa (sambungan pipa dan flange menggunakan ulir). Threaded flanges banyak dipakai pada metode yang riskan terjadi kebakaran kalau dilas.

Blind Flanges

Blind flanges yaitu flange yang tidak mempunyai lubang alasannya yaitu blind flanges dipakai untuk menutup pemikiran fluida pada pipa. Dengan kata lain, flange ini yaitu simpulan dari pemikiran fluida pada pipa sehingga blind flange akan menemukan tekanan yang lebih tinggi ketimbang flange jenis lainnya.

Reducing Flange

Reducing flange yaitu flange yang dipakai untuk menyambungkan pipa dengan diameter yang berbeda.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com