Jenis Jenis Katup Perluasan Pada Ac Kendaraan Beroda Empat Dan Cara Kerjanya

Jenis Jenis  dan Cara Kerja Ketup Ekspansi Pada AC Mobil - Sebagian besar kendaraan beroda empat keluaran modern dilengkapi dengan AC. AC di dalam kendaraan beroda empat mempunyai fungsi yang serupa dengan AC di dalam ruangan rumah atau kantor yakni untuk mempertahankan suhu ruangan tetap dingin. Pada umumnya, AC berisikan beberapa komponen seumpama kompresor, kondensor, receiver (dryer), katup perluasan (expansion valve) dan evaporator.

Dari beberapa komponen tersebut, pada peluang kali ini akan disampaikan perihal cara kerja katup ekspansi.

Fungsi Katup Ekspansi (Expansion Valve)

Katup perluasan (expansion valve) berfungsi untuk menghalangi pemikiran fluida biar tekanan sebelum katup perluasan menjadi tinggi dan tekanan sehabis katup perluasan menjadi rendah.

Katup perluasan biasanya digunakan pada metode refrigerasi kompresi uap (SRKU) seumpama AC dan lemari es. Secara umum, katup perluasan yang digunakan pada AC dan lemari es merupakan katup perluasan berupa pipa kapiler yang memiliki luas penampang yang sungguh kecil. Refrigeran pada metode SRKU sanggup mengalir pada pipa alasannya adanya tekanan dari kompresor. Kemudian, pipa kapiler disambungkan ke katup perluasan sehingga pemikiran refrigeran akan terhambat dan tekanannya naik. Tekanan yang tinggi pada refrigeran terjadi sebelum melalui katup perluasan sedangkan sehabis melalui katup perluasan tekanannya menjadi rendah.

Tekanan refrigeran yang diturunkan akan berubah wujud dari cair menjadi uap bosan sehingga refrigeran menjadi lebih gampang menyerap panas dan menguap di sekeliling evaporator.

Katup perluasan ini dipasangkan pada bab kanal masuk evaporator menjadi satu unit.

Macam - Macam Katup Ekspansi (Expansion Valve)

Terdapat beberapa tipe katup perluasan yakni selaku berikut:

1. Katup Ekspansi Tipe Pipa Kapiler

Katup perluasan tipe pipa kapiler merupakan salah satu jenis katup perluasan di mana terdapat heat sensing tube untuk mengukur suhu freon yang keluar dari evaporator. Cara kerjanya yakni panas yang diterima heat sensing tube akan digunakan untuk mengontrol jumlah freon yang keluar dari evaporator.

2. Katup Ekspansi Tipe Orrifice

Katup perluasan tipe orrifice merupakan jenis katup perluasan yang menggunakan orrifice untuk mengontrol freon yang disalurkan dari katup perluasan ke evaporator. Jumlah refrigeran yang mengalir tetap sesuai dengan ukuran orrifice yang ada.

3. Katup Ekspansi Tipe Box

Katup perluasan tipe box merupakan jenis katup perluasan yang paling banyak digunakan pada kendaraan keluaran terbaru. Untuk mengontrol jumlah refrigeran yang mengalir dari katup perluasan menuju evaporator, katup perluasan tipe box menggunakan sensor suhu dan tekanan.

Komponen Katup Ekspansi (Expansion Valve)

Katup perluasan (expansion valve) berisikan beberapa komponen yang bertugas biar katup perluasan berfungsi sebagaimana fungsinya. Berikut merupakan komponen katup perluasan (expansion valve).

1. Saluran Masuk (Inlet)

Saluran masuk berfungsi selaku kanal masuk cairan refrigeran atau freon yang mengalir dari receiver/dryer.

2. Saluran Keluar (Outlet)

Saluran keluar berfungsi selaku kanal keluarnya cairan refrigeran atau freon dari katup perluasan menuju ke evaporator.

3. Diafragma

Diafragma berfungsi untuk meneruskan panas yang dideteksi oleh heat sensing tube, untuk melawan pegas biar katup sanggup membuka sesuai dengan sirkulasi AC.

Cara kerja diafragma yakni membran akan melengkung sehingga akan mendorong pegas sehingga jarum membuka. Semakin besar beban kerja AC maka diafragma akan makin melengkung lebih dalam dan katup akan membuka lebih lebar.

4. Pressure Spring (Pegas Penekan)

Pressure spring berfungsi untuk mengembalikan diafragma biar katup kembali tertutup tepat pada di saat katup perluasan tidak bekerja.

5. Jarum dan Katup

Jarum dan katup berfungsi untuk mengontrol volume refrigeran atau freon yang disalurkan menuju ke evaporator. Semakin besar katup membuka maka bertambah banyak freon yang disalurkan dan makin kecil tajil katup maka akan makin sedikit freon yang disalurkan.

6. Bodi

Bodi berfungsi selaku kawasan komponen katup perluasan dan melindungi komponen katup perluasan yang ada di dalamnya.

7. Heat Sensing Tube

Heat sensing tube berfungsi selaku sensor temperatur pada kanal yang keluar dari evaporator. Semakin tinggi suhu maka heat sensing tube akan meneruskan panas bertambah banyak sehingga membuka membran makin besar dan makin kecil panas yang diterima maka akan makin kecil juga membran membuka katup.

8. Capiler Tube (Pipa Kapiler)

Capiler tube berfungsi untuk menyalurkan panas dari heat sensing tube ke membran.

Cara Kerja Katup Ekspansi

Cara kerja katup perluasan dibedakan sesuai dengan jenis katup perluasan yang digunakan pada mobil. Pada goresan pena ini, cara kerja katup perluasan yang hendak diterangkan merupakan cara kerja katup perluasan tipe pipa kapiler yang masih banyak digunakan pada mobil. Pada dasarnya, cara kerja jenis katup perluasan lainnya nyaris sama dengan cara kerja katup perluasan tipe pipa kapiler.

Berikut merupakan cara kerja katup ekspansi:

1. Freon bertekanan mengalir dari receiver dryer ke katup perluasan alasannya tekanan dari kompresor tetapi freon belum diteruskan ke evaporator alasannya katup masih dalam kondisi tertutup.

2. Heat sensing tube akan mendeteksi panas yang dihasilkan freon yang keluar dari kanal keluar evaporator.

3. Panas yang diterima akan diteruskan lewat pipa kapiler ke membran di dalam katup perluasan di mana membran akan makin melengkung pada di saat panas yang diterima makin banyak.

4. Membran yang melengkung akan mendorong jarum untuk melawan pegas.

5. Jarum atau ball yang terdorong akan membuka katup ekspansi.

Besar kecilnya pembukaan katup tergantung pada lengkungan membran diafragma. Semakin besar lengkungan maka katup akan membuka makin lebar dan jikalau lengkungan makin kecil maka katup akan membuka sedikit saja.

Katup yang membuka sedikit cuma akan menyalurkan sedikit freon, alasannya beban AC yang sedikit tidak memerlukan banyak freon.

Katup yang membuka banyak maka freon akan bertambah banyak yang disalurkan, alasannya makin besar beban AC maka akan bertambah banyak freon yang diperlukan.

Itulah jenis jenis katup perluasan dan cara kerja katup perluasan yang sanggup disampaikan pada peluang kali ini. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com