Jenis - Jenis Mata Gerinda Tangan

Jenis - Jenis Mata Gerinda Tangan

Mesin gerinda tangan yakni salah satu jenis perkakas bertenaga yang digunakan untuk menggerinda, mengikis permukaan dan memotong logam. Untuk sanggup mengerjakan pekerjaan menggerinda, mengikis permukaan, meratakan atau memotong logam, mesin gerinda tangan dilengkapi dengan jenis - jenin mata gerinda tangan sesuai dengan fungsinya masing - masing. Mesin gerinda tangan memiliki sifat mudah dibawa sehingga menjadi perlengkapan yang berperan penting di dalam pekerjaan baik itu proses pemotongan maupun menghaluskan permukaan. Beberapa fungsi dari gerinda tangan diantaranya adalah:

  • Mengasah pahat menyerupai pahat bubut, pahat frais dan sebagainya
  • Membentuk dan merapihkan hasil pemotongan
  • Merapihkan hasil pengelasan
  • Membuat lengkungan pada benda kerja yang bersudut
  • Membersihkan benda kerja yang mau dilas dari kotoran atau karat

Terdapat berbagai jenis - jenis mata gerinda tangan yang sanggup digunakan sesuai dengan fungsinya. Jenis - jenis mata gerinda tangan dan fungsinya tersebut yakni selaku berikut:

1. Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel)

Mata gerinda asah atau disebut juga dengan grinding wheel berfungsi untuk mengikis permukaan logam baik itu besi, baja, stainless steel dan jenis logam lainnya.

2. Mata Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)

Mata gerinda fleksibel digunakan untuk mengikis permukaan logam khusus pada area - area yang sempit. Selain itu, mata gerinda fleksibel juga sanggup digunakan untuk memotong logam. Kelemahan pemotongan logam dengan menggunakan mata gerinda ini yakni area yang terpotong akan menjadi lebih banyak ketimbang menggunakan mata gerinda potong.

3. Mata Gerinda Potong (Cutting Wheel)

Mata gerinda potong digunakan untuk memotong logam baik besi, mildsteel, baja sampai stainless steel.

4. Sikat Gerinda (Steel Wire Brush)

Sikat gerinda berfungai untuk membersihkan bab - bab permukaan logam dari kotoran menyerupai karat, kerak dan karat yang muncul akhir dari adanya proses oksidasi. Selain untuk logam, sikat gerinda juga sanggup digunakan untuk mengupas lapisan permukaan kulit luar kayu.

5. Ampelas Gerinda

Ampelas gerinda berfungsi untuk mengikis permukaan logam maupun permukaan kayu. Ampelas gerinda biasanya digunakan pada proses finishing untuk mendapat permukaan benda yang rata dan halus. Ampelas gerinda berisikan dua jenis yakni ampelas gerinda susun (flap disc) dan ampelas gerinda datar (fibre disc).

6. Pisau Potong Keramik (Diamond Wheel)

Pisau potong keramik berfungsi untuk memotong keramik. Terdapat dua jenis pisau potong keramik yakni jenis berair dan jenis kering.

7. Gerinda Tembok (Diamond Turbo Wheel)

Gerinda tembok digunakan untuk mengikis permukaan yang yang dibikin dari semen, tembok dan granit. Gerinda tembok ini digunakan dengan tujuan biar permukaan yang rata dan mengikis segi granit untuk bikin lekukan sesuai dengan rujukan yang diinginkan.

8. Pisau Potong Kayu (Circular Saw)

Pisau potong kayu berfungsi untuk memotong kayu.

9. Mata Gerinda Asah Spons (Grinding Wheel Spong)

Mata gerinda asah spons berfungsi untuk menghaluskan dan mengkilapkan permukaan kerikil marmer atau granit.

Pada umumnya, proses penggerindaan akan terjadi percikan bungan api dan partikel - partikel kecil yang ialah penggalan dari benda kerja yang terkikis ataupun dari mata gerindanya sendiri serta mengeluarkan bunyi bising. Untuk itu pada di saat menggerinda mesti menggunakan alat pelindung diri menyerupai pelindung muka, pelindung telinga dan sepatu safety.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com