Jenis Jenis Mesin Gerinda Datar

Jenis Jenis Mesin Gerinda Datar - Mesin gerinda datar yakni salah satu jenis mesin gerinda yang berfungsi untuk menghaluskan/memfinising permukaan benda kerja pada bidang datar/rata, dengan tingkat hasil kehalusan permukaan sanggup meraih hingga dengan N5. Bidang datar/rata dimaksud termasuk datar sejajar, datar bertingkat, datar miring, datar alur dan datar profil.

Pengikatan benda kerja pada mesin gerinda datar dijalankan dengan mencekam benda kerja pada meja magnetik atau menggunakan alat pencekam lainnya, yang bergerak mengikuti gerakkan meja mendatar arah bolak-balik atau berputar.

Ada berbagai macam mesin gerinda datar yang digunakan pada proses permesinan, di antaranya adalah:

Mesin Gerinda Datar Berdasarkan Posisi Sumbu Spindel Utama dan Gerakan Meja

Mesin gerinda datar kalau dilihat dari posisi sumbu spindel utama dan gerakan mejanya, sanggup dibagi menjadi empat yaitu:  
  • Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik
  • Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar
  • Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja bolak-balik dan
  • Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar. 

1.  Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal Dengan Gerak Meja Bolak Balik

Prinsip kerja  mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik adalah, akan terjadi proses pemotongan apabila roda gerinda berputar pada posisi horizontal (searah jarum jam) dan bersentuhan/ bersinggungan dengan benda kerja yang bergerak mendatar bolak-balik.

Jenis mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja bolak balik terdapat dua jenis yaitu:

a. Mesin gerinda datar posisi spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik (kolom mesin satu buah)

Mesin gerinda jenis ini spindel mesin cuma sanggup bergerak satu arah yakni naik/turun arah vertikal alasannya yakni cuma memiliki satu kolom mesin selaku pengarahnya.

b. Mesin Gerinda datar posisi spindel horizontal dengan gerak meja bolak-balik (kolom mesin dua buah)

Untuk jenis mesin gerinda datar yang ini spindel mesin sanggup bergerak dua arah yakni naik/turun arah vertikal dan bergerak ke samping kanan/kiri arah horizontal, alasannya yakni memiliki dua kolom mesin selaku pengarahnya. Mesin gerinda datar jenis ini, digunakan untuk menggerinda benda kerja berupa persegi panjang dengan bidang permukaan rata, bertingkat atau menyudut.

2. Mesin Gerinda Datar Spindel Horizontal Dengan Gerak Meja Berputar

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar adalah, akan terjadi proses pemotongan apabila roda gerinda berputar pada posisi horizontal (searah jarum jam) dan bersentuhan/bersinggungan dengan benda kerja yang bergerak mendatar mengikuti gerakan meja yang berputar.

Mesin gerinda datar spindel horizontal dengan gerak meja berputar digunakan untuk menggerinda benda kerja berupa lingkaran dengan bidang permukaan rata.

3. Mesin Gerinda Datar Spindel Vertical Dengan Gerak Meja Bolak Balik

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel vertikal dengan gerak meja bolak-balik adalah, akan terjadi proses pemotongan apabila roda gerinda berputar pada posisi vertical (searah jarum jam) dan bersentuhan/bersinggungan dengan benda kerja yang bergerak mendatar bolak-balik mengikuti gerakan meja.

Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja bolak-balik, digunakan untuk menggerinda benda-benda dengan permukaan rata, lebar dan menyudut.

4. Mesin Gerinda Datar Spindel Vertical Dengan Gerak Meja Berputar

Prinsip kerja mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar adalah, akan terjadi proses pemotongan apabila roda gerinda berputar pada posisi vertical (searah jarum jam) dan bersentuhan/ bersinggungan dengan benda kerja yang bergerak mendatar mengikuti gerakan meja yang berputar.

Mesin gerinda datar spindel vertical dengan gerak meja berputar digunakan untuk menggerinda permukaan rata pada suatu poros dengan jumlah banyak. Jenis mesin gerinda datar jenis ini terdapat beberapa tipe di antaranya:

a. Mesin gerinda datar posisi spindel vertical (kolom mesin satu buah)

b. Mesin gerinda datar posisi spindel vertical (kolom mesin dua buah)

c. Mesin gerinda datar posisi spindel vertical (spidel mesin dua buah)

Mesin Gerinda Datar Berdasarkan Pengoperasiannya

Jika dilihat dari pengoperasiannya, mesin gerinda datar sanggup dibagi menjadi empat yaitu:

1. Mesin Gerinda Datar Manual

Mesin gerinda datar manual yakni salah satu jenis mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiannya dijalankan secara manual. Pengertiannya yakni dalam menggerakkan/mengatur meja untuk seting dan pemakanan arah memanjang maupun melintang tergolong mengendalikan posisi spindel roda gerinda mesti dijalankan secara manual, alasannya yakni mesin gerinda datar jenis ini cuma difasilitasi pengoperasiannya lewat metode mekanik.

2. Mesin Gerinda Datar Semi Otomatis

Mesin gerinda datar semi otomatis yakni salah satu jenis mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiannya dijalankan secara semi otomatis. Pengertiannya yakni dalam menggerakkan/mengatur meja arah memanjang sanggup dijalankan secara otomatis (tidak tergolong gerakan melintang dan spindel mesin), alasannya yakni mesin gerinda datar jenis ini telah difasilitasi pengoperasiannya lewat adonan metode mekanik dan hidrolik. Namun demikian apabila menghendaki menggerakkan/mengatur meja arah memanjang secara manual, mesin gerinda datar jenis ini masih tetap sanggup digunakan dengan pengoperasian secara manual.

3. Mesin Gerinda Datar Otomatis

Mesin gerinda datar otomatis yakni adalah salah satu jenis mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiannya sanggup dijalankan secara otomatis. Pengertiannya yakni dalam menggerakkan/ mengendalikan meja arah memanjang maupun melintang tergolong mengendalikan posisi spindel roda gerinda sanggup dijalankan secara otomatis, alasannya yakni mesin gerinda datar jenis ini telah difasilitasi pengoperasiannya lewat metode mekanik dan hidrolik secara lengkap. Namun demikian apabila menghendaki penggunaan secara manual, mesin gerinda datar jenis ini masih tetap sanggup digunakan dengan pengoperasian secara manual.

4. Mesin Gerinda Datar Computer Numerical Control (CNC)

Mesin gerinda datar computer numerical control (CNC) yakni salah satu jenis mesin gerinda datar yang pelayanan pengoperasiannya sanggup dijalankan lewat komando atau perintah  berupa kode-kode dan angka yang telah distandarkan. Pengertiannya yakni dalam menggerakkan/ mengendalikan meja arah memanjang maupun melintang tergolong mengendalikan posisi spindel roda gerinda dan besar pemakanan sanggup dijalankan secara otomatis lewat pemrograman dari komputer, alasannya yakni mesin gerinda datar jenis ini telah difasilitasi pengoperasiannya lewat metode komputerisasi.

Mesin gerinda datar jenis ini sanggup menciptakan produk penggerindaan yang tingkat presisinya sungguh tinggi kalau ketimbang menggunakan jenis mesin gerinda datar lainnya, alasannya yakni semua pengendalian pengoperasiannya sanggup dikelola lewat kesibukan dari komputer.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com