Jenis - Jenis Mesin Gerinda Silinder

Jenis - Jenis Mesin Gerinda Silinder

Pada dasarnya mesin gerinda silinder memiliki faedah yang serupa dengan mesin gerinda datar yang telah dibahas sebelumnya  yakni untuk menghaluskan permukaan benda. Jika pada mesin gerinda datar permukaan yang dihaluskan yakni permukaan benda kerja yang rata sedangkan untuk mesin gerinda silinder permukaan benda kerja yang dihaluskan berupa silinder. Mesin gerinda silinder memiliki empat gerakan utama dalam pengoperasiannya yakni gerak meja memanjang, gerak putar benda kerja, gerak putar roda gerinda dan gerak pemakanan.

Mesin gerinda silinder sanggup digunakan untuk menggerinda permukaan luar maupun permukaan dalam benda - benda kerja berupa silinder. Prinsip kerjanya yakni benda kerja dicekam pada pencekam tiga rahang pada salah sau sisinya serta dengan senter kepala lepas di ujung yang yang lain dan benda kerja berputar searah jarum jam. Putaran benda kerja ini bertentangan arah dengan putaran roda gerinda.

Terdapat berbagai macam mesin gerinda silinder yang digunakan baik itu di bengkel maupun di industri. Jenis - jenis mesin gerinda datar tersebut diantaranya yakni selaku berikut:

1. Mesin Gerinda Silinder Luar (External Cylindrical Grinding)

Mesin gerinda silinder luar (external cylindrical grinding) digunakan untuk menghaluskan permukaan luar benda kerja yang berupa silinder atau tirus. Gerakan penggerindaan sanggup dijalankan dengan memanjang (longitudinal) atau melintang (plunge). Untuk poros atau shaft dengan bentuk - bentuk khusus penggerindaan dijalankan dengan menggunakan roda gerinda profil. Panjang dan pendeknya langkah gerakan meja dikontrol oleh hidrolik. Untuk pengolahan benda konis, meja mesin diputar sebanyak setengah sudut konis.

Jarak motor pencetus dan penyangga (tailstock) dengan kepala spindel (spindle head) sanggup dikontrol sesuai dengan panjang dan pendeknya benda kerja yang mau digerinda. Penentuan kedalaman penggerindaan dijalankan dengan cara meningkatkan roda gerinda.

2. Mesin Gerinda Silinder Dalam (Internal Cylindrical Grinding)

Mesin gerinda silinder dalam (internal cylindrical grinding) digunakan untuk menggerinda diameter dalam benda kerja yang berupa silinder dan tirus. Gerakan - gerakan pada mesin gerinda silinder dalam (internal cylindrical grinding) intinya sama dengan mesin gerinda silinder luar (external cylindrical grinding). Karena roda gerinda yang digunakan berskala kecil, putaran roda gerinda pada mesin gerinda silinder dalam (internal cylindrical grinding) relatif lebih cepat.

3. Mesin Gerinda Luar Tanpa Center (Centreless Grinding)

Mesin gerinda luar tanpa center (centreless grinding) yakni jenis mesin gerinda luar yang tidak mencekam secara khusus benda kerja yang mau digerinda. Mesin gerinda luar tanpa center (centreless grinding) digunakan untuk menggerinda diameter luar dengan jumlah yang banyak baik itu panjang maupun pendek. Diantara batang dudukan roda pengatur dan roda gerinda, benda kerja diletakan dan digerakan. Gerakan berputar dan maju benda kerja disebabkan lantaran putaran yang pelan dan desakan yang ringan dari roda pengatur. Untuk mendapat ukuran yang diinginkan, penggerindaan dijalankan dalam berulang kali lintasan.

4. Mesin Gerinda Universal (Universal Grinding Machine)

Mesin gerinda universal (universal grinding machine) sanggup digunakan untuk menggerinda diameter luar dan diameter dalam benda kerja yang berupa silinder. Mesin gerinda universal (universal grinding machine) dilengkapi dengan spindel yang sanggup diatur. Spindel poros utama kepala gerinda berisikan unsur mekanik yang sungguh presisi. Oleh lantaran itu, penggunaan mesin gerinda universal (universal grinding machine) mesti dijalankan sesuai dengan SOP. Jika terjadi kerusakan pada belahan ini semestinya diperbaiki oleh tenaga luar biasa atau petugas khusus. 


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com