Jenis Jenis Mesin Menurut Banyak Sekali Klasifikasi

Jenis Jenis Mesin - Mesin dipakai di aneka macam bidang mirip di industri otomotif, industri pesawat terbang, industri kelautan, dan lain-lain diubahsuaikan dengan kawasan penggunaannya. Mesin diklasifikasikan menurut jenis materi bakar yang digunakan, siklus operasi, jumlah langkah, jenis pengapian, jumlah silinder, susunan silinder, susunan katup, jenis pendinginan, dan lain lain.

Jenis Jenis Mesin Secara Umum

Pada dasarnya, mesin ada dua jenis yakni mesin pembakaran luar dan mesin pembakaran dalam.

1. Mesin Pembakaran Luar (External Combustion)

Pada mesin pembakaran luar, pembakaran materi bakar terjadi di luar mesin. Contoh mesin pembakaran luar yakni mesin uap.

2. Mesin Pembakaran Dalam (Internal Combustion)

Pada mesin pembakaran dalam, pembakaran materi bakar terjadi di dalam mesin. Contoh mesin pembakaran dalam yakni mesin bensin dan mesin diesel baik itu mesin dua langkah maupun mesin empat langkah.

Mesin pembakaran dalam berisikan aneka macam jenis dan klasifikasinya tergantung pada aneka macam dasar.

Jenis Jenis Mesin Berdasarkan Desainnya

1. Mesin Reciprocating

Pada mesin reciprocating, terdapat silinder dan piston di mana piston melakukan gerak bolak balik di dalam silinder. Mesin ini disebut mesin reciprocating alasannya yakni gerakan bolak balik piston. Contoh mesin reciprocating yang paling lazim yakni mesin 2 tak dan mesin 4 tak.

2. Mesin Rotary

Pada mesin rotary, rotor melakukan gerakan putar untuk menciptakan tenaga dan tidak ada gerakan bolak-balik. Sebuah rotor yang berada pada ruang melakukan gerakan putar. Mesin Wankel dan mesin turbin yakni referensi mesin rotary.

Jenis Jenis Motor Berdasarkan Bahan Bakar Yang Digunakan

Berdasarkan jenis materi bakar yang digunakan, mesin diklasifikasikan menjadi mesin bensin, mesin diesel, dan mesin gas.

1. Mesin Bensin

Mesin bensin yakni mesin yang menggunakan bensin untuk melakukan kerjanya.

2. Mesin Diesel

Mesin diesel yakni mesin yang menggunakan solar untuk melakukan kerjanya.

3. Mesin Gas

Mesin gas yakni mesin yang menggunakan materi bakar gas untuk melakukan kerjanya.

Jenis Jenis Mesin Berdasarkan Siklus Operasi

Berdasarkan siklus operasinya, jenis jenis mesin terdiri dari:

1. Mesin Siklus Otto

Mesin siklus Otto yakni mesin yang melakukan pekerjaan pada siklus Otto.

2. Mesin Siklus Diesel

Mesin siklus diesel yakni mesin yang melakukan pekerjaan pada siklus diesel.

3. Mesin Siklus Ganda

Mesin siklus ganda yakni mesin yang melakukan pekerjaan pada siklus diesel dan siklus Otto. Mesin siklus ganda juga disebut dengan mesin siklus semi diesel.

Jenis Jenis Mesin Berdasarkan Jumlah Langkahnya

1. Mesin 4 Langkah (Mesin 4 Tak)

Mesin 4 langkah yakni mesin yang pistonnya bergerak empat kali yakni 2 kali ke atas (dari TMB ke TMA) dan 2 kali gerakan ke bawah (dari TMA ke TMB) dalam satu siklus langkah tenaga.

2. Mesin 2 Langkah (Mesin 2 Tak)

Mesin 2 langkah yakni mesin yang pistonnya melakukan gerakan dua kali yakni satu dari TMA ke TMB dan dari TMB ke TMA untuk menciptakan langkah tenaga.

Jenis Jenis Mesin Berdasarkan Pengapian

1. Mesin Pengapian Bunga Api (Spark Plug Ignition)

Pada mesin pengapian bunga api, terdapat busi yang dipasang di kepala silinder. Busi menciptakan percikan setelah kompresi materi bakar dan menyalakan adonan materi bakar udara untuk pembakaran. Mesin bensin yakni referensi mesin pengapian bunga api.

2. Mesin Pengapian Kompresi (Compression Ignition)

Pada mesin pengapian kompresi tidak ada busi di kepala silinder. Bahan bakar dinyalakan oleh panas dari udara yang terkompresi. Mesin diesel yakni referensi mesin pengapian kompresi.

Jenis Jenis Mesin Berdasarkan Jumlah Silinder

1. Mesin Silinder Tunggal

Mesin silinder tunggal yakni mesin yang cuma memiliki satu silinder. Pada biasanya mesin silinder tunggal dipakai pada sepeda motor.

2. Mesin Silinder Ganda

Mesin silinder ganda yakni mesin yang memiliki dua silinder.

3. Mesin Multi Silinder

Mesin multi silinder yakni mesin yang berisikan lebih dari dua silinder. Mesin multi silinder sanggup memiliki tiga silinder, empat silinder, enam silinder, delapan silinder, dua belas silinder, dan enam belas silinder.

Jenis Jenis Mesin Berdasarkan Susunan Silinder

1. Mesin Vertikal

Pada mesin vertikal, silinder disusun dalam posisi vertikal

2. Mesin Horizontal

Pada mesin horizontal, silinder diposisikan pada posisi horizontal.

3. Mesin Radial

Mesin radial yakni konfigurasi mesin pembakaran internal tipe reciprocating di mana silinder menyembur keluar dari sentra mesin mirip jari-jari roda. Jika dilihat dari depan mesin radial seumpama bintang, oleh alasannya yakni itu mesin radial juga disebut mesin 'bintang'. Mesin radial biasanya dipakai untuk mesin pesawat sebelum digantikan dengan mesin gas.

4. Mesin V

Pada mesin V, silinder diposisikan di dua tepian yang memiliki beberapa sudut di antara keduanya. Sudut antara kedua tepian dijaga sekecil mungkin untuk menghambat duduk problem getaran dan keseimbangan.

5. Mesin Tipe W

Pada mesin tipe w, silinder disusun dalam tiga baris sehingga membentuk susunan tipe W. Mesin tipe W biasanya dibentuk untuk mesin 12 silinder dan 16 silinder.

6. Mesin Silinder Berlawanan

Pada mesin silinder berlawanan, silinder diposisikan bertentangan satu sama lain. Piston dan batang penghubung menyediakan gerakan yang identik. Mesin silinder bertentangan berlangsung dengan tanpa gangguan dan memiliki lebih banyak keseimbangan.

Jenis Jenis Mesin Berdasarkan Susunan Katup

Menurut susunan katup dari katup masuk dan katup buang di aneka macam posisi di kepala silinder atau blok mesin, mesin kendaraan beroda empat diklasifikasikan ke dalam empat kategori. Susunan ini diberi nama 'L', 'I', 'F' dan 'T'. Sangat mudah untuk mengingat kata 'LIFT' untuk mengingat pengaturan ke empat katup.

1. Mesin L-Head

Pada mesin jenis ini, katup masuk dan katup buang disusun berdampingan dan dioperasikan oleh satu poros bubungan.

2. Mesin I-Head

Pada mesin I-head, katup masuk dan katup buang terletak di kepala silinder. Sebuah camshaft tunggal menggerakkan semua katup. Jenis mesin ini banyak dipakai pada mobil.

3. Mesin F-Head

Mesin F-head yakni variasi dari mesin I-head dan F-head. Dalam hal ini, satu katup biasanya katup masuk di kepala dan katup buang terletak di blok silinder. Kedua set katup dioperasikan oleh camshaft tunggal.

4. Mesin T-Head

Pada mesin T-head, katup masuk terletak di satu segi dan katup buang di segi lain silinder. Di sini dua camshaft dikehendaki untuk beroperasi, satu untuk katup masuk dan satu lagi untuk katup buang.

Jenis Jenis Mesin Berdasarkan Jenis Pendinginan

Berdasarkan jenis pendinginan, mesin diklasifikasikan menjadi:

1. Mesin Berpendingin Udara

Pada mesin ini, udara dipakai untuk mendinginkan mesin. Dalam mesin berpendingin udara, barel silinder dipisahkan dan sirip logam dipakai yang menyediakan area permukaan yang menyembur yang mengembangkan pendinginan. Mesin berpendingin udara biasanya dipakai pada sepeda motor dan skuter.

2.Mesin Berpendingin Air

Pada mesin berpendingin air, air dipakai untuk mendinginkan mesin. Mesin berpendingin air dipakai pada mobil, bus, truk dan kendaraan roda empat lainnya. Setiap mesin berpendingin air memiliki radiator untuk mendinginkan air panas dari mesin.

Itulah jenis jenis mesin yang diterangkan secara lengkap. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com