Jenis Jenis Metode Pendingin Komputer

Sistem Pendingin Komputer - Sistem pendingin komputer ialah metode yang berfungsi untuk menertibkan suhu dan menangkal terjadinya overheat pada perangkat komputer. Sistem pendingin komputer lazimnya dipasang pada casing dan perangkat penting lainnya. Komputer dengan suhu yang tersadar tetap masbodoh akan lebih abadi dan performanya tetap baik.

Jenis Jenis Sistem Pendingin Komputer

Berikut yakni berbagai macam metode pendingin komputer.

1. Kipas (Fan)

Kipas (fan) ialah metode pendingin komputer yang paling banyak ditemukan. Kipas lazimnya dipasangkan pada casing dan VGA atau prosesor. Penggunaan kipas ini tergantung arah angin yang dihasilkan, ada yang berupa sirkulasi udara dan ada yang mengarahkan udara ke VGA atau prosessor biar tidak panas.

2. Heatsink

Heatsink yakni metode pendingin komputer berupa lempengan logam. Lempengan logam ini berfungsi untuk menyerap panas perangkat komputer sehingga suhu perangkat komputer yang didinginkan tetap dingin. Pada heatsink dipasangkan kipas yang berfungsi untuk mengalirkan udara ke heatsink. Udara yang melalui heatsink ini temperaturnya akan menjadi lebih masbodoh di saat perihal perangkat komputer.

3. Liquid Cooler

Liquid cooler bisa mendinginkan perangkat komputer 10% lebih masbodoh sehingga panas yang muncul sanggup diatasi. Liquid cooler ini tidak berisik dikala digunakan bahkan nyaris tidak mengeluarkan suara.

4. Dry Ice Cooler dan Nitrogen Cair

Cara kerja metode pendingin komputer ini yakni perangkat komputer pribadi bersinggungan dengan tabung tembaga berisi dry ice (es kering) atau nitrogen cair di mana di sekeliling tabung ini diberi isolator panas. Sistem pendingin komputer ini lazimnya digunakan untuk over clock biar bisa menciptakan temperatur yang sungguh dingin. Dampak dari over clock yakni timbulnya panas berlebih pada perangkat komputer alasannya yakni perangkat komputer dipaksa untuk menciptakan kesanggupan maksimalnya. Semua komponen komputer yang menggunakan metode pendingin ini akan dilapisi dengan pasta untuk menyingkir dari terjadinya pengembunan dari hasil pendinginan.

5. TEC (Thermoelectric Cooler)

TEC (Thermoelectric Cooler) melakukan pekerjaan dengan cara mengalirkan listrik ke salah satu segi logam dan akan tercipta segi masbodoh dan segi panas pada logam tersebut. Sistem pendingin TEC (Thermoelectric Cooler) bisa menciptakan pendinginan hingga melalui batas titik beku air.

Itulah jenis jenis metode pendingin komputer yang sanggup disampaikan pada potensi kali ini. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com