Jenis Jenis Perangkat Input Komputer

Jenis Jenis Perangkat Input Komputer - Perangkat input komputer (input device) yakni perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data serta menampilkan arahan pada komputer untuk dipakai pada proses selanjutnya. Jumlah perangkat input komputer (input device) yang dipakai pada suatu komputer tergantung pada pemakaian komputer itu sendiri.

Jenis - Jenis Input Device Komputer Beserta Dengan Fungsinya

Berikut yakni beberapa input device komputer yang sering digunakan:

1. Keyboard

Keyboard ialah salah satu perangkat input komputer (input devices) yang sungguh penting. keyboard berfungsi untuk memasukan angka, huruf, karakter dan perintah - perintah yang lain yang diperlukan. Keyboard yang dipakai yakni keyboard jenis QWERTY yang didirikan pada tahun 1973 selaku keyboard patokan ISO. Keyboard QWERTY memiliki empat bab yakni typewriter key, numeric key, function key dan special function key. Keyboard dipakai dengan dihubungkan ke unit komputer menggunakan port USB atau dengan wireless.

2. Mouse

Mouse yakni perangkat input komputer (input device) yang berfungsi untuk memindahkan kursor atau pointer dengan cepat. Mouse juga dipakai selaku perintah simpel dan cepat jikalau daripada keyboard. Mouse mulai dipakai secara optimal dikala tata cara operasi telah berbasis GUI (Graphical User Interface). Mouse umumnya berisikan dua tombol yakni tombol kiri dan tombol kanan serta dilengkapi dengan tombol scroll yang terletak di bab tengah antara tombol kiri dan tombol kanan. Terdapat ungkapan - ungkapan yang mesti dikenali pada penggunaan mouse yaitu:

a. Klik (click)

Klik yakni pengutamaan pada tombol mose yang hendak berfungsi jikalau pointer berada objek yang ditunjuk. Klik satu kali tombol kiri disebut dengan klik kiri (left click), klik satu kali tombol kanan disebut dengan klik kanan (right click) dan klik tombol kiri dua kali dengan segera dan terorganisir disebut dengan klik ganda (double click).

b. Menggeser (drag)

Menggeser (drag) yakni menekan tombol kiri tanpa melepaskannya dikala pointer berada pada objek kemudian menggesernya. Efek dari drag ini yakni objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain atau kemungkinan - kemungkinan lainnya.

c. Scroll

Scroll yakni memindah ke atas atau ke bawah dengan menggelindingkan (memutar) tombol scroll.

3. Touchpad

Touchpad biasanya didapatkan pada laptop dan notebook. Touchpad dipakai dengan sentuhan jari. Touchpad dipakai selaku pengganti mouse.

4. Scanner

Scanner adalah alat yang dipakai untuk mengcopy atau menyalin teks atau gambar dan disimpan di memori komputer. Scanner mempunyai kegunaan yang nyaris sama dengan mesin fotocopy. Jika mesin fotocopy risikonya ditampilkan pada kertas, hasil scanner akan ditampilkan pada monitor dan sanggup dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Scanner untuk mengcopy gambar umumnya dilengkapi dengan OCR (Optical Character Recognition) yang berfungsi untuk menyalin objek dalam bentuk teks. Selain scanner untuk gambar terdapat juga scanner IR yang sanggup dipakai untuk menyecan lembar respon komputer dikala cobaan nasional. Scanner jenis ini berisikan optik yang sanggup mengerti jenis pensil 2B.

5. Kamera

Kamera yakni perangkat input komputer (input device) yang dipakai untuk mengambil gambar atau merekam video. Gambar atau video yang diambil dengan kamera ini disimpan di dalam memori komputer untuk kemudian diedit dan dimasak sesuai dengan kebutuhan.

6. Microphone

Microphone berfungsi untuk merekam dan memasukkan bunyi yang hendak disimpan pada memori komputer.

7. Light Pen

Light pen ialah pointer elektronik yang dipakai untuk menggambar dan memodifikasi pribadi pada monitor. Sinyal cahaya akan diantarkan ke komputer lewat sensor kemudian kemudian direkam. Layar monitor  akan melakukan pekerjaan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

8. Joystick dan Games Paddle

Joystick dan  games paddle dipakai untuk memainkan permainan (games) pada komputer. Joystick berupa tongkat dan games paddle umumnya berupa persegi dengan dilengkapi tombol - tombol yang menertibkan gerak objek dalam permainan.

9. Barcode Scanner

Barcode scanner yakni perangkat input komputer (input device) yang berfungsi untuk membaca kode berupa kotak - kotak atau garis - garis tebal vertikal (barcode) untuk diterjemaahkan menjadi angka - angka. Kode - kode ini umumnya ditempelkan pada produk elektronika, minuman, makanan, buku dan lain sebagainya. Kode - kode ini sanggup memudahkan mengidentifikasi produk yang dijual sehingga mempercepat proses transaksi jual beli.

10. Graphics Pad

Graphics pad yakni perangkat input komputer (input device) yang dipakai untuk menggambar. Terdapat dua jenis graphics pad yakni graphics pad yang menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan menggunakan pad tegangan rendah dimana pada pad tersebut terdapat membran yang sensitif kepada sentuhan (touch sensitive membrane surface).

Tegangan rendah akan diterjemaahkan menjadi koordinat X-Y. Graphics pad yang kedua yakni graphics pad yang menggunakan pad yang sensitif kepada sentuhan (touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerja graphics pad jenis ini yakni dengan meletakan kertas gambar pada pad kemudian kemudian disentuh (digambar) dengan pensil.

Itulah perangkat input komputer (input device) yang sanggup disampaikan pada goresan pena ini, jikalau masih ada lagi yang yang lain silakan tuliskan di kolom komentar.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com