Jenis Jenis Perangkat Lunak Komputer

Jenis - Jenis Software Komputer - Software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menolong menjalankan pekerjaan pada komputer. Jenis - jenis software komputer yang digunakan tergantung pada penggunaan komputer itu sendiri.

Jenis - jenis software yang digunakan pada komputer ada banyak sekali, di antaranya adalah:

1. Software Pengolah Kata (Word Processing)

Software pengolah kata yakni aktivitas yang digunakan untuk menyunting kata (naskah). Contoh software pengolah kata yakni Microsoft Word.

2. Software Pengolah Angka (Spread Sheet)

Software pengolah angka merupakan aktivitas yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh software pengolah angka yakni Microsoft Excel.

3. Software Desktop Publishing

Desktop publishing adalah aktivitas yang digunakan untuk menertibkan tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh software desktop publishing adalah  Microsoft Publisher.

4. Software Database Management System

Di dalam suatu organisasi, komputer digunakan untuk menyimpan data yang diperoleh dari banyak sekali isu dalam jumlah yang besar. Database Management System (DBMS) merupakan software yang digunakan untuk menyimpan, mengolah data dan menciptakan informasi. Contoh software database management system merupakan Microsoft Access.

5. Software Graphics

Software graphics merupakan software yang digunakan untuk menciptakan gambar yang mudah diubah dan diolah. Contoh software graphics merupakan Microsoft Visio.

6. Software Akuntansi

Software akuntansi merupakan aktivitas yang digunakan di dalam dunia bisnis selaku pengurus keuangan. Contoh software akuntansi merupakan DacEasy Accounting.

7. Software Statistik

Software statistik merupakan software yang digunakan untuk menjalankan observasi yang bermitra dengan analisis statistik. Contoh aktivitas statistik merupakan SPSS.

8. Software Communication

Software communication merupakan software yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh software communication merupakan skype.

9. Software Multimedia

Software multimedia merupakan software yang menghubungkan komputer dengan perlengkapan multimedia menyerupai kamera digital, kamera video dan video player. Contoh software multimedia merupakan Windows Movie Maker.

10. Software Game

Software game merupakan software yang digunakan untuk permainan. Contoh software game merupakan Zuma Deluxe.

11. Software Web Browser

Software Web browser atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti penjelajah web merupakan software yang berfungsi untuk menerima dan menyuguhkan sumber isu dari internet. Contoh Web Browser yang paling beken di sekarang ini adalah Google Chrome.

12. Software Anti Virus

Software anti virus merupakan software yang digunakan untuk mendeteksi dan menetralisir virus yang ada pada komputer. Contoh software anti virus merupakan Windows Defender.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com