Jenis Jenis Perangkat Output Komputer

Jenis Jenis Perangkat Output Koputer - Perangkat output komputer (output device) merupakan hardware (perangkat keras) yang digunakan untuk memperlihatkan dan mengomunikasikan hasil dari pembuatan data terhadap pengguna. Terdapat beberapa macam perangkat output komputer (output device) yang digunakan untuk memperlihatkan dan mengumumkan hasil pembuatan data pada komputer, di antaranya adalah:

1. Monitor

Monitor merupakan display yang dihubungkan dengan komputer. Perangkat output komputer ini akan memperlihatkan hasil pembuatan data dalam bentuk gambar, goresan pena dan simbol - simbol.

Monitor pada laptop atau notebook umumnya menyatu dengan CPU dan keyboardnya, berlainan dengan komputer di mana monitor merupakan perangkat yang terpisah dari CPU dan keyboardnya.

2. Printer

Printer merupakan perangkat output komputer (output device) yang digunakan untuk mencetak hasil pembuatan data baik itu gambar ataupun goresan pena dari komputer ke atas kertas.

Dot Per Inch (DPI) digunakan untuk mengukur ketajaman hasil cetakan printer. DPI merupakan banyaknya titik dalam satu inchi. Hasil cetakan suatu printer akan makin baik bila DPI-nya makin tinggi. Secara garis besar, printer terbagi menjadi beberapa macam yaitu:

a. Dot Matrik

Dot matrik merupakan printer yang menggunakan tinta dengan jenis pita seumpama yang terdapat pada mesin tik.

b. Inkjet

Printer Inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta cair atau liquid ink.

c. Laser Printer

Laser printer merupakan printer yang menggunakan tinta serbuk (powder ink) seumpama debu gliter

3. Speaker

Speaker merupakan perangkat output komputer (output device) yang digunakan untuk memperlihatkan hasil pembuatan data berupa suara.

Selain speaker, perangkat output komputer (output device) yang serupa dengan speaker yaitu headset atau earphone.

4. Proyektor

Proyektor merupakan perangkat output komputer (output device) yang memiliki faedah sama dengan monitor yakni memperlihatkan hasil pembuatan data dalam bentuk gambar, goresan pena dan simbol - simbol.

Proyektor akan memperlihatkan (memproyeksikan) display dari komputer ke layar atau ke dinding.

5. Plotter

Plotter merupakan perangkat output komputer (output device) yang memiliki faedah yang serupa seumpama printer yakni selaku perangkat untuk mencetak. Plotter memiliki ukuran yang lebih besar dari printer serta penggunaan yang lebih maksimal untuk mencetak objek gambar.

Itulah perangkat output komputer yang sanggup disampaikan pada goresan pena ini. Jika masih ada perangkat output yang yang lain silakan sampaikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com