Jenis Jenis Pergantian Wujud Zat

Jenis - Jenis Perubahan Wujud Zat - Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana terbentuknya hujan? Pada zaman dulu sebelum ilmu fisika meningkat menyerupai sekarang, aneka macam mitos perihal asal undangan hujan contohnya menyerupai legenda bangsa yunani yang menyebutkan bahwa hujan yakni eksekusi yang diturunkan oleh yang kuasa zeus untuk memusnahkan insan di bumi.

Setelah ilmu fisika meningkat barulah dipahami bahwa hujan ialah pergantian wujud zat cair di maritim menjadi gas lalu terbawa angin dan gas tersebut kembali bermetamorfosis air. Selain pada fenomena hujan, pergantian wujud zat yang lain juga banyak terjadi di dalam kehidupan sehari - hari.

Coba amati ke mana kamper/kapur barus yang diletakkan di kamar mandi atau di lemari pakaian? Perlahan namun niscaya kamper yang disimpan di kamar mandi atau di lemari busana akan menghilang dengan sendirinya. Lalu ke mana perginya kamper tersebut? Apakah disantap hantu? Tentu bukan ya. Hilangnya kamper tersebut alasannya yakni adanya pergantian wujud zat dari padat menjadi gas.

Perubahan wujud zat ialah pergantian thermodinamika dari satu wujud benda menjadi wujud zat yang lainnya. Adanya perembesan dan pelepasan kalor memunculkan terjadinya pergantian wujud zat.

Jenis-Jenis Perubahan Wujud Zat

Wujud sebuah zat sanggup berganti pada di saat atom/senyawa zat tersebut meraih titik tertentu yang dikuantitaskan dalam bentuk suhu. Di dunia ini terdapat beberapa macam pergantian wujud zat. Jenis - jenis pergantian wujud zat tersebut diterangkan di bawah ini.

1. Membeku

Membeku yakni insiden terjadinya pergantian wujud zat dari cair menjadi padat. Zat yang membeku akan melepaskan energi panas (kalor). Contoh membeku yang paling banyak dijumpai dalam kehidupan sehari hari yakni air yang menjadi es di saat dimasukkan ke dalam freezer.

2. Mencair

Mencair terjadi di saat sebuah zat menemukan sejumlah energi panas (kalor). Mencair yakni insiden terjadinya pergantian wujud zat dari padat menjadi cair. Contoh zat yang mencair yakni es yang dipanaskan lalu bermetamorfosis air atau lilin yang dibakar dan bermetamorfosis cair.

3. Menguap

Menguap yakni insiden terjadinya pergantian wujud zat dari cair menjadi gas. Diperlukan sejumlah energi panas (kalor) untuk menghasilkan zat cair menguap menjadi gas. Contoh zat yang menguap yakni air yang direbus jika direbus secara terus menerus maka air tersebut akan habis menguap menjadi gas.

4. Mengembun

Mengembun yakni insiden terjadinya pergantian wujud sebuah zat dari gas menjadi cair. Pada proses pengembunan terjadi pelepasan kalor pada gas yang mengembun. Contoh pengembunan yakni jika kita amati rumput atau tumbuhan pada pagi hari menjadi berair padahal tidak ada hujan sebelumnya.

5. Menyublim

Menyublim yakni insiden pergantian yang terjadi pada wujud benda dari padat menjadi gas. Diperlukan sejumlah energi panas (kalor) untuk proses menyublim. Contoh menyublim menyerupai yang sulit disebutkan di atas yakni kamper yang ialah benda padat yang bermetamorfosis gas.

6. Mengkristal

Mengkristal yakni insiden berubahnya wujud zat gas menjadi padat. Pada proses mengkristal terjadi pelepasan energi panas (kalor) pada zat yang mengkristal. Contoh insiden mengkristal yakni berubahnya uap air menjadi salju.

Itulah jenis jenis pergantian wujud zat yang ada di dunia ini, agar bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com