Jenis Jenis Perlengkapan Metode Kendali Industri

Peralatan Sistem Kontrol Industri - Mesin - mesin industri di dunia di saat ini lebih banyak didominasi melakukan pekerjaan secara otomatis yang dikontrol secara komputerisasi dan sedikit kendali dari manusia. Kerja otomatis mesin - mesin industri dikontrol oleh suatu metode yang disebut dengan metode kontrol. Sistem kendali yakni pengendalian satu atau beberapa variabel untuk menciptakan nilai atau keadaan tertentu. Secara umum, metode kendali berisikan dua jenis metode kendali yakni open loop system dan close loop system.

Jenis - Jenis Peralatan Sistem Kontrol Industri

Sistem kendali berisikan beberapa perlengkapan yang dirangkai sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan. Peralatan metode kendali dalam industri diantaranya adalah:

Sensor

Sensor merupakan perlengkapan inputan yang mengukur parameter tertentu. Jenis - jenis sensor yang digunakan di dalam perlengkapan metode kendali industri ada banyak jenisnya, diantaranya merupakan sensor temperatur (temperature sensor), sensor tekanan (pressure sensor), flow meter dan level transmitter.

Aktuator

Kontrol suatu prosedur atau metode dikontrol oleh suatu alat mekanis yang berjulukan Aktuator. Terdapat beberapa macam aktuator yakni aktuator elektrik, aktuator pneumatic, hidrolik dan valve.

Aktuator elektrik memiliki prinsip merubah sinyal listrik menjadi energi mekanik. Contoh aktuator elektrik yakni motor DC, motor AC dan selenoid valve.

Aktuator pneumatic dan hidrolik mempergunakan fluida untuk menciptakan tekanan. Aktuator pneumatic mempergunakan fluida udara dan aktuator hidrolik mempergunakan fluida cair. Aktuator hidrolik sanggup menciptakan tekanan yang lebih besar tetapi responnya lambat dan kurang fleksibel, sedangkan aktuator pneumatic responnya cepat dan fleksibel tetapi tekanan yang dihasilkan lebih kecil dari aktuator hidrolik.

Valve berfungsi untuk mengendalikan suplai cairan dalam pipa. Buka tutup valve ada yang secara pribadi dan ada yang bertahap.

Inverter

Inverter disebut juga dengan VSDs (Variable Speed Drives). Inverter berfungsi untuk menawarkan keperluan torsi dan kecepatan motor sesuai dengan kebutuhan. Sistem yang terdapat pada inverter merupakan metode loop tertutup yakni ada feedback dari beban kepada pengontrolnya.

Penggunaan inverter banyak dipraktekkan pada motor AC 3 fasa. Suplai tegangan inverter 1 fasa digunakan untuk keperluan daya rendah dan suplai tegangan inverter 3 fasa sanggup digunakan untuk daya rendah hingga daya tinggi.

PLC

PLC merupakan Programmable Logic Controller yang tergolong ke dalam kelompok metode komputer yang menggunakan integrasi rangkaian. Untuk implementasi dengan tujuan tertentu, PLC dapat.dikombinasikan dengan elektronika mekanik.

SCADA

SCADA (Supervisory Control and Data Acquition) merupakan metode yang menjalankan pengawasan, pengendalian dan akuisisi data kepada suatu perencanaan.

Arsitektur SCADA:

  • HMI (Human Machine Interface)
  • MTU (Master Terminal Unit)
  • RTU (Remote Terminal Unit)
  • PLC atau device lainnya
  • Sistem komunikasi (antara MTU dan RTU)
  • Data Acquisition


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com