Jenis - Jenis Sekring Pada Mobil

Jenis - Jenis Sekring Pada Mobil

Sebuah kendaraan beroda empat berisikan banyak sekali bagian salah satunya yakni bagian kelistrikan. Suatu bagian yang dialiri dengan listrik pasti berpeluang mengalami konsleting yang sanggup menyebabkan kerusakan atau bahkan kebakaran. Agar pada di saat terjadi konsleting tidak terjadi kebakaran dan menghancurkan bagian lainnya, setiap rangkaian kelistrikan menggunakan pengaman berupa sekring (fuse).

Sekring pada rangkaian kelistrikan kendaraan beroda empat akan menghasilkan kendaraan beroda empat menjadi lebih safety. Sekring pada kendaraan beroda empat dibentuk dalam beberapa varian yang diadaptasi dengan dayanya. Varian - varian tersebut termasuk varian bentuk, varian warna dan juga varian ukuran. Perbedaan daya sekring umumnya ditandai dengan perbedaan bentuk, warna dan juga ukuran.

Ukuran sekring yang relatif kecil mempunyai kegunaan utama selaku pemutus arus listrik pada di saat terjadi konsleting. Walaupun ukurannya kecil tetapi eksistensi sekring tidak sanggup diremehkan. Kondisi listrik pada kendaraan beroda empat yang tidak senantiasa wajar sehingga kendaraan sanggup mengalami keistimewaan listrik di saat - waktu maka disitulah sekring akan berperan untuk memotong arus listrik berlebih agar tidak menghancurkan bagian kelistrikan lainnya.

Di dalam suatu kendaraan beroda empat terdapat beberapa macam sekring yang sanggup ditemui. Jenis - jenis sekring tersebut yakni selaku berikut.

Catridge

Sekring catrige yakni sekring yang berupa tabung dengan materi dasar keramik. Pada ujung sekring ini dipasangkan logam yang telah diadaptasi ukurannya. Kode ukuran sekring umumnya diposisikan pada ujung logam sekring tersebut.

Sekring Tabung (Tube Fuse)

Sekring tabung memiliki bentuk yang serupa dengan sekring catridge cuma saja sekring tabung ini yang dibikin dari kaca. Sama halnya dengan sekring catridge, sekring tabung ini juga dilengkapi dengan logam pada ujungnya dan disitulah diposisikan arahan ukuran sekring.

Sekring Tancap (Blade Fuse)

Dinamakan sekring tancap alasannya yakni pemasangannya dijalankan dengan cara ditancapkan. Sekring tancap ini memiliki bentuk kotak pipih dengan logam yang dilapisi plastik transparan. Plastik pelapis ini memiliki warna yang berlainan sesuai dengan kapasitasnya. Berikut yakni warna - warna pada sekring tancap sesuai dengan kapasitasnya.

  • Oranye (Jingga) 5A
  • Cokelat 7,5A
  • Merah 10A
  • Biru 15A
  • Kuning 20A
  • Transparan atau Ungu 25A
  • Hijau 30A

Sekring Pelat

Sekring pelat yang juga dimengerti dengan nama terminal pelat yakni jenis sekring yang digunakan untuk pengaman pada arus listrik utama. Sekring pelat ini memiliki kapasitas daya yang besar yakni 30A ke atas. Tidak seumpama jenis sekring lainnya, sekring pelat ini cukup susah untuk dipasangkan alasannya yakni kedua kutub plat penghantar mesti dikencangkan dengan baut.

Kondisi sekring mesti diamati secara bersiklus alasannya yakni kalau terjadi kerusakan pada sekring maka kendaraan tidak akan berfungsi dengan baik. Untuk mengurangi terjadinya hal - hal yang tidak dikehendaki seharusnya sekring diganti secara bersiklus alasannya yakni bagian apapun akan mengalami penurunan mutu pada di saat digunakan secara terus menerus.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com