Jenis Jenis Sekrup Dan Bab Potongan Sekrup

Jenis Jenis Sekrup - Sekrup yakni ujung logam pendek dan runcing yang mempunyai ulir heliks yang melingkari poros panjangnya dengan kepala berlubang Sekrup dipakai untuk menyatukan atau mengikat benda-benda dengan cara memutarnya. Sekrup yakni jenis pengencang yang dipakai untuk mengencangkan materi dengan menggunakan alat menyerupai palu atau obeng .

Sekrup sering dibentuk selaku self-threading, yang bermakna ulir memotong material di saat sekrup diputar. Ini bikin ulir internal yang memungkinkan materi pengikat ditarik bareng dan mencegahnya terlepas.

Sekrup tersedia dalam banyak sekali bentuk dan ukuran dan mempunyai faedah yang berbeda. Sekrup biasanya berupa bulat, datar, pendek, panjang, dan banyak lagi.

Untuk sanggup mengenali isu yang rinci ihwal banyak sekali sekrup, pada postingan ini akan dipaparkan perihal 22 jenis sekrup yang lazim dipakai di industri atau di rumah.

Bagian-Bagian Sekrup

Berikut ini yakni pecahan utama dari sekrup:

  1. Drive/Slot
  2. Kepala
  3. Batang berulir
  4. Batang tanpa ulir
  5. Ulir
  6. Panjang ulir
  7. Tip
  8. Puncak ulir
  9. Ketebalan sekrup

1. Drive/Slot

Drive/slot terdapat di pecahan atas kepala sekrup. Drive yakni slot kawasan ujung obeng cocok untuk memutar sekrup. Ada banyak sekali ukuran dan bentuk drive yang tersedia.

2. Kepala

Kepala yakni pecahan utama dari sekrup yang terletak di atasnya. Semua jenis sekrup sanggup dikencangkan atau dilonggarkan dengan kepala sekrup. Kepala sekrup biasanya lebih lebar dari batang dan ulir.

3. Batang Berulir

Batang berulir yakni pecahan runcing di mana ulir dan alur heliks berada pada sekrup. Di kawasan ini, sekrup bikin cengkeramannya pada tubuh penyambung.

4. Batang Tidak Berulir

Batang tidak berulir yakni pecahan sekrup yang lebih panjang yang tidak mempunyai ulir. Bagian ini mungkin tidak ada di berbagai jenis sekrup. Biasanya di pecahan atas yang memungkinkan ujung sekrup kayu untuk menawan sekrup ke dalam kayu menyerupai sekrup biasa.

5. Ulir

Ulir yakni punggungan atau pecahan serupa dalam bentuk heliks atau spiral kerucut pada permukaan luar atau dalam silinder atau kerucut.

Jarak antara setiap ulir yang bikin perbedaan disebut dengan pitch. Beberapa sekrup mempunyai ulir pendek yang berdekatan satu sama lain. Dan beberapa mempunyai ulir yang lebih besar yang berjarak lebih jauh.

6. Panjang Ulir

Secara umum, panjang ulit dibagi dua yakni sarat atau sebagian.

7. Tip

Tip yakni pecahan paling rendah dari sekrup kawasan sekrup masuk ke objek kawasan Anda memasukkan sekrup. Tip biasanya menolong untuk memasang sekrup lewat tubuh penyambung.

Jika tidak mempunyai ujung, akan menjadi baut yang memerlukan lubang yang sudah dibentuk sebelumnya. Tapi, beberapa sekrup tidak ada di pecahan ini di mana ulirnya masih ada.

8. Puncak Ulir

Puncak ulir yakni pecahan utama dari ulir, baik itu internal atau eksternal.

9. Ketebalan Sekrup

Ketebalan sekrup diukur dengan dua diameter yakni diameter minor dan diameter mayor. Diameter mayor yakni diameter pada pecahan paling tebal dari ulir dan ketebalan minor yakni diameter pada dasar ulir.

Jenis Sekrup

Berikut ini yakni jenis-jenis Sekrup:

  1. Sekrup Decking
  2. Sekrup Double Ended
  3. Sekrup Drywall
  4. Sekrup Framing
  5. Sekrup Fillister Head
  6. Sekrup Hammer Drive
  7. Sekrup Lag
  8. Sekrup Machine
  9. Sekrup Masonry
  10. Sekrup Oval Head
  11. Sekrup Pan-head
  12. Sekrup Particle Board
  13. Sekrup Self-drilling
  14. Sekrup Set
  15. Sekrup Shoulder
  16. Sekrup Sheet Metal
  17. Sekrup Socket Head
  18. Sekrup Thread Cutting
  19. Sekrup Washer Faced
  20. Sekrup Wood
  21. Sekrup Weld
  22. Sekrup Tamper-proof

1. Sekrup Decking

Sekrup decking yakni sekrup khusus yang dipakai untuk menahan dek (struktur datar tanpa atap) bsecara bersama-sama utamanya untuk aplikasi luar ruangan. Sekrup decking yang dibikin dari baja tahan karat atau baja karbon dan dirancang khusus untuk menyatukan kayu atau papan komposit.

Sekrup decking dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa menahan karat, korosi dan sanggup menahan keadaan lingkungan yang lembab. Sekrup decking tersedia dalam bentuk ulir tertutup dengan tepi tajam dan titik sempit.

2. Sekrup Double Ended

Sekrup double ended yakni pengencang berulir yang dipakai untuk membentuk sambungan yang biasanya berada di bawah objek. Sekrup double ended dipakai untuk dua potong kayu atau dua pecahan yang sanggup bergerak bersama. Sekrup double ended mempunyai dua ujung runcing yang sanggup dimasukkan ke dalam dua permukaan yang mau membentuk sambungan tidak terlihat.

Sekrup double ended yakni sekrup tanpa kepala dengan ulir di kedua ujungnya yang sanggup berupa sekrup kayu dengan sekrup mesin di kedua ujungnya atau variasi sekrup kayu. Sekrup double ended gampang dipasang atau dilepas dari penggunaannya sehingga gampang digunakan.

3. Sekrup Drywall

Sekrup drywall biasanya dipakai untuk memasang panel drywall dengan kayu lunak atau kancing logam. Sekrup Drywall yakni bentuk unik dari sekrup self-tapping dengan poros silinder. Sekrup ini mempunyai ulir yang lebih dalam ketimbang sekrup biasa dengan pitch dan panjang yang relatif lebih tinggi, yang mencegahnya terlepas dari dinding kering.

Sekrup drywall mempunyai ulir bernafsu dan ujung datar yang menjadikannya gampang untuk mengebor di bawah permukaan drywall namun memerlukan obeng listrik. Sekrup drywall menyediakan cengkeraman yang lebih mempunyai pengaruh namun tidak mempunyai sifat tahan korosi. Sekrup drywall tidak memerlukan pra-pengeboran lubang lantaran sekrup drywall mempunyai ujung pengeboran sendiri.

4. Sekrup Framing

Sekrup framing yakni jenis sekrup yang dipakai untuk aplikasi lembaran logam, kayu, frame komposit, dan papan serat semen. Jenis screed khusus ini dirancang biar sesuai dengan banyak sekali jenis material mulai dari lantai kayu keras sampai material rapuh.

Fungsi sekrup framing menyerupai dengan mata gergaji lingkaran lantaran menangkal serbuk gergaji meraih tepi lubang sekrup. Sekrup framing biasanya dipakai pada aplikasi luar ruangan menyerupai pemasangan kabinet dapur dan pengerjaan dek.

5. Sekrup Fillister Head

Sekrup fillister head yakni pengencang mesin dengan lubang slot di kepalanya. Kepalanya ini menyerupai dengan sekrup machine namun yang dibikin dari kepala yang lebih besar yang sanggup berkhasiat untuk menempelkan logam atau kayu ke logam. Sekrup fillister head juga disebut selaku sekrup kepala keju.

Kepala sekrup ini diseleksi khususnya untuk lubang counterbore. Head dalam yang cukup besar ini menjadikannya cocok untuk drive reciprocating dan slot. Tetapi secara umum, sekrup kepala keju yakni opsi yang manis untuk dipakai dalam pengerjaan alat dan aplikasi otomotif.

6. Sekrup Hammer Drive

Sekrup hammer drive tergolong dalam klasifikasi sekrup self-tapping. Sekrup hammer drive ini biasanya dibuat dengan kepala bulat yang tidak mempunyai slot.Sekrup hammer drive dipakai untuk memasang papan nama atau rambu dinding, serta dipakai untuk menutup lubang pembuangan.

Selain itu, sekrup hammer drive juga sungguh berkhasiat untuk struktur tabung tahan korosi. Sekrup hammer drive mempunyai faedah yang menyerupai dengan paku lantaran didorong ke dalam lubang menggunakan palu untuk tujuan perakitan cepat. Sebelum memasangnya, diharapkan lubang pra-pengeboran kecil untuk menyelesaikan kiprah dengan sukses.

7. Sekrup Lag

Sekrup lag dipakai dalam pekerjaan berat dan sering dipakai dalam konstruksi untuk mengikat potongan-potongan kayu menjadi satu. Sekrup lag yakni sekrup kaku yang berupa sisi enam atau persegi dengan ulir tebal dan bisa menahan benda kerja yang berat.

Sekrup lag menyediakan koneksi yang tahan usang lantaran panjangnya. Inilah sebabnya mengapa sekrup lag dipakai untuk materi yang mungkin mengalami gaya berat atau sanggup menahan beban berat. Biasanya sekrup lag jauh lebih berat ketimbang sekrup kayu tradisional. Sekrup ini berlawanan dari sekrup kayu atau lembaran logam biasa.

8. Sekrup Machine

Bagian pengencang sekrup machine yang mempunyai soket di kepalanya yang memungkinkannya diputar menggunakan obeng. Sekrup machine biasanya dipakai untuk menahan bagian-bagian mesin di industri menyerupai elektronik, teknik, dan perlengkapan manufaktur.

Sekrup machine ini khusus dipakai untuk mengencangkan lubang yang disadap ke permukaan menggunakan mur. Sekrup diregangkan di saat dikencangkan, dan beban tarik menahan bagian-bagiannya bersama-sama. Biasanya, ujung runcing sekrup machine dipakai untuk menghubungkan pecahan logam bersama-sama. Saat ini, sekrup machine terlihat di nyaris setiap materi tergolong nilon, kuningan, baja tahan karat, dan baja karbon.

9. Sekrup Masonry

Sekrup masonry yakni sekrup heavy-duty yang dipakai untuk menahan material mempunyai pengaruh menyerupai beton, CMU, sambungan mortar, dan watu bata pada tempatnya. Mereka yang dibikin dari stainless atau baja karbon dan dilengkapi dengan atau tanpa lapisan tahan karat.

Memasang sekrup masonry memerlukan lubang kecil yang sudah dibor sebelumnya menggunakan mata bor karbida atau palu sebelum dimasukkan. Sekrup masonry tersedia dalam dua jenis: kepala datar untuk countersinking, atau kepala hex washer head untuk dipasang di atas permukaan material.

10. Sekrup Oval Head

Sekrup oval head dipahami dalam bentuk undercut atau trim head dengan panjang sekrup yang lebih pendek yang biasanya menyediakan pegangan ulir yang lebih panjang. Sekrup oval head agak terbalik, dengan kepala sekrup sekitar setengah di atas permukaan.

Kepala sekrup countersunk oval mempunyai pecahan atas yang membulat dan sebagian besar dipakai untuk menutup sakelar. Sekrup oval head juga dianggap selaku opsi yang bagus untuk bikin produk jadi lebih menarik. Jenis sekrup ini biasanya tersedia dalam dua jenis, sekrup kepala bulat, dan sekrup kepala oval Phillips.

11. Sekrup Pan Head

Sekrup pan head yakni jenis kepala lazim dari kepala sekrup non-countersunk yang dipakai pada kayu. Sekrup pan head juga tergolong sekrup self-tapping, self-drilling, dan mesin. Sekrup pan head mempunyai kepala lebar, permukaan alas datar, kepala datar dengan sisi bulat yang duduk di atas materi yang diikat.

Dengan diameter yang lebih besar dan tepi yang lebih tinggi, slot drive lebih dalam, memungkinkan kenaikan torsi sekaligus menghemat risiko kerusakan sekrup. Sekrup pan head dengan potongan tunggal pada kepala berlubang yakni jenis sekrup pan head yang sanggup dipakai dengan obeng apa pun. Tujuan utama penggunaan sekrup ini yakni untuk mengamankan komponen logam menyerupai mesin dan sparepart mesin otomotif .

12. Sekrup Particle Board

Sekrup particle board yakni sekrup berulir panjang penuh. Keuntungan dari sekrup ini yakni bahwa ulir yang lebih panjang menciptakan ikatan yang lebih besar dan gaya tarik yang lebih tinggi. Jenis sekrup ini dirancang untuk kayu komposit menyerupai papan partikel laminasi atau kayu kerajinan dan dipakai oleh pengerjaan kabinet di bengkel tukang kayu domestik dan komersial.

Sekrup particle board menyerupai dengan sekrup drywall namun tersedia dalam panjang yang lebih pendek ketimbang sekrup drywall standar. Karena ringan, sekrup particle board sanggup dengan gampang dibawa dan ditangani. Sekrup ini dipakai oleh pembuat kabinet di bengkel tukang kayu domestik dan komersial.

13. Sekrup Self-drilling

Sekrup self-drilling dilengkapi dengan ujung runcing yang sungguh tajam yang nyaris berfungsi selaku mata bor dan memotong ulir lubang keran yang berkhasiat selama pemasangan. Karena mereka mempunyai ujung menyerupai mata bor, mereka tidak memerlukan lubang pilot. Sekrup self-drilling biasanya dipakai untuk mengebor logam dan kayu dengan cepat.

Sekrup self-drilling sanggup mengebor dan melubangi sendiri materi yang lebih keras. Sekrup self-drilling gampang dibedakan lantaran ujungnya yang melengkung di ujungnya dan terlihat menyerupai bor putar .

14. Sekrup Set

Sekrup set yakni sekrup yang dipakai untuk mengamankan sebuah benda di dalam atau kepada benda lain menyerupai memasang katrol atau roda gigi pada poros dengan menerapkan tekanan dan/atau gesekan. Sekrup set biasanya dipakai tanpa mur yang disekrup ke lubang berulir yang dibor di dua benda untuk mengamankannya.

Setelah sekrup masuk ke objek pertama, ujung sekrup set yang diproyeksikan menekan dengan mempunyai pengaruh ke objek kedua, melakukan pekerjaan menyerupai dengan penjepit. Sekrup set berupa tanpa kepala dan berulir disepanjang sekrupnya sehingga masuk sepenuhnya kedalam lubang.

15. Sekrup Shoulder

Sekrup shoulder cocok dengan satu pecahan dan menyediakan sambungan sambungan pin yang berputar bebas di pecahan lain. Sekrup shoulder berisikan batang berdiameter besar tepat di bawah kepala dan batang dengan diameter lebih kecil untuk panjang ulir.

Desain ini memungkinkan sekrup shoulder dipasang dengan mempunyai pengaruh ke satu pecahan tanpa mengunci pecahan lainnya, sehingga menyediakan jarak aksial. Sekrup shoulder menyediakan keserbagunaan dengan bertindak selaku poros untuk memutar item menyerupai alas bahu.

16. Sekrup Sheet Metal

Sekrup sheet metal sanggup mengikat atau memadukan dua potong lembaran logam ke jenis logam lain menyerupai pipa. Sekrup sheet metal sanggup mengencangkan benda logam satu sama lain atau mengikat benda. Ukuran sekrup ini tersedia yang termasuk datar, hex, dan bulat.

Sekrup sheet metal mempunyai ujung runcing dan mempunyai ulir halus di sepanjang batang. Sekrup sheet metal melakukan pekerjaan dengan mengebor ke dalam lembaran logam dengan batang berulir penuh. Keuntungan menggunakan sekrup ini yakni sanggup menyediakan penetrasi yang sungguh baik, tahan korosi, dan pegangan yang unggul.

17. Sekrup Socket Head

Sekrup socket head yakni jenis sekrup mesin yang mempunyai kepala berupa silinder dengan soket heksagonal. Sekrup socket head memungkinkan untuk dipakai di lokasi di mana pengencang peredam eksternal tidak diinginkan.

Sekrup socket head tepat di saat memerlukan pengencang untuk dipasang di bawah permukaan material. Di mana pun sambungan diperlukan, sambungan ini sanggup menciptakan sambungan yang sungguh mempunyai pengaruh dan andal, plus juga tahan kepada korosi. Selain itu, sekrup socket head menyediakan hasil final yang menawan dan berkualitas.

18. Sekrup Thread Cutting

Sekrup thread cutting mempunyai tepi yang tajam lantaran kedalaman lubang sedikit lebih panjang dari sekrup. Pengaturan ini akan mempertahankan logam biar tidak terkunci di dalam perangkat. Sekrup thread cutting sering dipakai pada kayu dan logam.

Tujuan penggunaan sekrup thread cutting yakni untuk menghemat penumpukan tegangan pahat internal, sehingga menjadikannya ideal untuk material yang sungguh keras. Tidak menyerupai sekrup pembentuk ulir, sekrup ini tidak mempunyai ujung tombak yang menyibukkan dipakai pada material dengan daya tekan rendah.

19. Sekrup Washer Faced

Sekrup washer faced bertindak selaku pegas untuk menghemat jarak antara mur dan kepala sekrup. Sekrup washer faced tersedia dalam banyak sekali jenis dan ukuran.

Pada dasarnya, berbagai jenis sekrup washer faced mempunyai gigi yang menembus permukaan dan mengunci kepala sekrup ke benda kerja. Pada tipe ini, tampang washer terletak tepat di bawah kepala, menyediakan permukaan alas yang halus biar gampang dikencangkan.

20. Sekrup Wood

Seperti namanya, sekrup wood dipakai untuk merekatkan benda kerja dari kayu. Sekrup kayu biasanya yang dibikin dari materi kuningan, baja, dan perunggu. Sekrup kayu mempunyai ulir yang berlawanan dan tersedia dalam banyak sekali kepala.

Jika dilihat pecahan atas sekrup, sekrup sedikit menipis dan diameter sekrup lebih tebal dari ujungnya. Sekrup kayu tersedia dalam dua opsi yakni sebagian atau segalanya tertutup ulir pada batangnya. Ukuran kepala sekrup ini tergantung pada aplikasi yang berbeda.

21. Sekrup Weld

Sekrup weld diharapkan untuk dilas ke permukaan logam dengan poros untuk menahan item di tempatnya dengan mur dan washer. Sekrup pertama-tama dilas ke pelat dengan melelehkan titik yang dibentuk khusus pada sekrup dan dengan impuls listrik yang kuat.

Sekrup yang dilas menonjol dari kepala untuk memungkinkan pengelasan tanpa lubang. Stud las kemudian dilekatkan pada sepotong logam yang ditempatkan di dasar logam. Sekrup weld dipakai dalam industri otomotif, industri kelautan, konstruksi, dan kedirgantaraan.

22. Sekrup Tamper-proof

Sekrup tamper-proof dibentuk susah atau sulit dipercayai dilepas di saat dipasang. Sekrup tamper-proof cocok untuk dipakai di gedung atau area yang sanggup diakses oleh publik selaku fasilitas untuk mengontrol atau menangkal kerusakan.

Sekrup tamper-proof yakni jenis sekrup pengaman yang sanggup diputuskan oleh penggeraknya yang tidak konvensional sehingga lebih susah untuk diubah atau dibongkar. Sekrup tamper-proof banyak dipakai di penjara untuk mengamankan materi menyerupai pelat nomor mobil, talang, dan palang jeruji.

Itulah jenis jenis sekrup yang sanggup diterangkan pada potensi ini, mudah-mudahan bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com