Macam - Macam Bentuk Ruang Bakar

Macam - Macam Bentuk Ruang Bakar 

Ruang bakar (combustion chamber) yakni cuilan dari kepala silinder (cylinder head) yang berfungsi selaku wilayah pembakaran gabungan materi bakar dan udara. Ruang bakar ini terdapat di atas kepala silinder (cylinder head) dan terdapat lubang masuk materi bakar dan lubang keluar gas sisa pembakaran. Selain terdapat lubang masuk materi bakar dan lubang keluar gas sisa pembakaran, pada ruang bakar ini juga terdapat dudukan busi.

Setiap kendaraan memiliki bentuk ruang bakar yang tidak sama. Ruang bakar dirancang untuk mengoptimalkan pembakaran gabungan materi bakar dan udara. Komponen - elemen yang terhubung eksklusif dengan ruang bakar akan sungguh menghipnotis bentuk ruang bakar. Ruang bakar kebanyakan berisikan empat macam bentuk ruang bakar yakni ruang bakar versi setengah bulat, ruang bakar versi baji, Ruang bakar versi kolam mandi dan ruang bakar versi pent roof.

1. Ruang Bakar Model Setengah Bulat (Hemispherical Combustion Chamber)

Gambar Ruang Bakar Model Setengah Bulat

Ruang bakar versi setengah lingkaran memiliki permukaan yang lebih kecil ketimbang versi ruang bakar yang lain dengan kapasitas yang sama. Permukaan yang lebih kecil membuat panas yang hilang lebih minim sehingga efisiensi panasnya menjadi lebih tinggi dibanding dengan versi lainnya. Selain itu efisiensi di saat pemasukan (intake) dan pengeluaran (exhaust) juga efisiensinya lebih tinggi. Kelebihan ruang bakar versi setengah lingkaran ini yakni konstruksinya lebih tepat sedangkan kekurangannya yakni penempatan prosedur katup menjadi lebih rumit.

2. Ruang Bakar Model Baji (Wedge Type Chombustion Chamber)

Gambar Ruang Bakar Model Baji

Sama halnya dengan ruang bakar versi setengah bulat, pada ruang bakar versi baji kehilangan panasnya juga kecil jadi efisiensi panasnya sanggup dioptimalkan. Jika ketimbang ruang bakar versi setengah bulat, versi ruang bakar versi baji memiliki prosedur katup yang lebih sederhana.

3. Ruang Bakar Model Bak Mandi (Bathtub Type Combustion Chamber)

Gambar Ruang Bakar Model Bak Mandi

Disebut ruang bakar versi kolam mandi alasannya yakni konstruksi ruang bakarnya seolah-olah dengan kolam mandi. Ruang bakar versi kolam mandi konstruksinya sederhana dan ongkos produksinya yang lebih rendah. Saluran masuk (intake) dan jalan masuk buang (exhaust) pada ruang bakar versi kolam mandi memiliki diameter katup yang kecil. Katup yang kecil menyebabkan  proses penghisapan gabungan materi bakar dan udara serta proses pembuangan menjadi kurang sempurna. Desain ruang bakar versi kolam mandi ini diperlukan sanggup menghasilkan gabungan materi bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar sanggup membentuk pusaran sehingga proses pembakaran menjadi lebih maksimal.

4. Ruang Bakar Model Pent Roof

Gambar Ruang Bakar Model Pent Roof

Ruang bakar ini dinamakan ruang bakar versi pent roof alasannya yakni memiliki bentuk yang seolah-olah dengan atap rumah. Ruang bakar model pent roof memiliki bentuk sisi empat baik tegak maupun mendatar. Jika dihubungkan ke titik sentra akan seumpama atap sebuah bangunan.

Ruang bakar versi pent roof digunakan pada mesin yang memiliki jumlah katup lebih dari dua katup di setiap silindernya yang disusun sedemikian rupa antara katup dan poros noknya. Ruang bakar versi pent roof dapat menampilkan imbas penghisapan gabungan materi bakar dan udara serta pembuangan gas buang menjadi lebih efektif. Efek semburan yang terjadi lebih baik sehingga gabungan materi bakar dan udara akan lebih gampang terbakar. Penempatan busi pada ruang bakar versi pent roof adalah di tengah - tengah ruang bakar.

Itulah empat versi ruang bakar yang di sekarang ini digunakan. Penggunaan versi - versi ruang bakar tersebut diubahsuaikan dengan keperluan dan keadaan kendaraan yang dirancang.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com