Mengenal Unsur Bulldozer

Bagian Bagian Bulldozer - Bulldozer merupakan alat berat yang banyak didapatkan pada pekerjaan konstruksi utamanya yang berafiliasi dengan pemindahan material. Bulldozer lazimnya digunakan untuk mendorong, menggali atau memukau material menyerupai pasir, tanah, bebatuan dan material lainnya. Bulldozer memiliki daya dorong yang tinggi dan sanggup dioperasikan pada daerah yang keras maupun lunak.

Buldozer memiliki peranan penting dalam mengakhiri pekerjaan infrastruktur secara cepat, sempurna dan efisien.

Komponen Bulldozer

Bulldozer berisikan beberapa komponen dengan fungsi dan kiprah yang berbeda-beda. Berikut merupakan bagian-bagian bolldozer.

1. Blade

Blade merupakan komponen bulldozer yang berfungsi selaku pendorong material. Blade berfungsi menyerupai serok yang memiliki kekuatan tinggi. Blade yang dibikin dari besi atau adonan logam. Untuk menyanggupi keperluan banyak sekali pekerjaan, blade tersedia dalam banyak sekali jenis, yaitu:

  • Universal blade
  • Straight blade
  • Angling blade
  • Cushion blade
  • Bowl dozer
  • U blade for light material

2. Lift Cylinder

Lift cylinder merupakan komponen bulldozer yang berfungsi untuk menggerakan blade. Lift cylinder akan meneruskan tenaga hidrolik untuk memposisikan blade sesuai dengan keperluan mealui lever yang ada pada cabin.

3. Carier Roller

Carrier roller berfungsi untuk menahan main frame dan track shoe biar tetap berada pada posisinya, sehingga sanggup bergerak dengan baik.

4. Sprocket

Sprocket berfungsi untuk menggerakan track. Gear akan meneruskan daya putar engine sesuai dengan kebutuhan.

5. Main Frame

Main frame berfungsi selaku alur carier roller. Rangka utama bab undercarriage bulldozer berfungsi selaku tempat track roller yang menahan track shoe pada posisinya.

6. Straight Frame

Straight frame berfungsi selaku batang penyangga blade, dengan kata lain straight frame berfungsi selaku lengan blade atau tumpuan blade yang berafiliasi pribadi dengan blade lewat engsel biar blade sanggup bergerak bebas dalam proses pengerukan atau pengangkatan material.

7. Track

Track berfungsi selaku roda bulldozer. Track merupakan bab bulldozer yang berafiliasi pribadi dengan permukaan jalan dan daya putar dari engine sehingga bulldozer sanggup bergerak.

8. Cutting Edge

Cutting edge merupakan bab dari blade yang berfungsi untuk meratakan permukaan tanah dengan baik.

9. End Bit

End bit merupakan komponen bulldozer yang berada pada bab samping atau pojokan blade yang agak menjorok ke luar. End bit berfungsi untuk menyerok material biar masuk ke dalam blade.

10. Cabin

Cabin merupakan bab buldozer yang terdapat pada bab upperstructure bulldozer. Cabin berfungsi selaku tempat duduk operator dan ruang kontrol bulldozer.

11. Engine

Engine berfungsi selaku pencetus untuk menciptakan tenaga putar sesuai kebutuhan.

Perlengkapan Tambahan Bulldozer

Selain komponen bulldozer yang telah dituliskan di atas, terdapat beberapa perangkat yang lain yang sanggup dipasangkan pada bab belakang bulldozer, yaitu:

1. Ripper

Ripper berfungsi untuk membongkar material yang tidak sanggup dibongkar dengan blade. Ripper lazimnya dipergunakan pada konstruksi pertambangan atau pada pekerjaan pengerjaan jalan.

2. Winch

Winch berfungsi selaku penarik material menyerupai memukau kayu dari hutan dan hal-hal serupa lainnya.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com