Pengertian Dot Per Inch (Dpi)

Pengertian Dot Per Inch (DPI) - Di dalam dunia komputer kita sering mendengar perumpamaan DPI. DPI yakni kependekan dari Dot Per Inch di mana jikalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti Titik Per Inci. Istilah DPI digunakan untuk mengukur resolusi gambar baik gambar pada layar maupun gambar yang dicetak.

DPI mengukur banyaknya titik yang masuk ke dalam satu inci linier. Oleh alasannya yakni itu, kian tinggi DPI maka kian tinggi rincian yang sanggup ditampilkan pada suatu gambar.

Perlu dicatat bahwa DPI bukan jumlah titik per inci persegi. Sebuah printer 600 dpi yang sanggup mencetak 600 titik baik secara horizontal maupun vertikal per inci, printer tersebut bahu-membahu mencetak 360000 (600x600) titik per inci persegi.

Sebagian besar monitor memiliki resolusi orisinil 72 atau 96 pixel per inci, monitor tersebut tidak sanggup memperlihatkan gambar 300 dpi dalam ukuran sebenarnya. Sebaliknya, jikalau dilihat pada ukuran 100%, gambar akan terlihat jauh lebih besar dari model cetaknya alasannya yakni pixel di layar menyantap lebih banyak ruang ketimbang titik di atas kertas.

DPI Pada Mouse

Pada di saat seseorang berbelanja mouse, salah satu spesifikasi yang tertera pada mouse tersebut yakni jumlah DPI. DPI (Dot Per Inch) pada mouse yakni cara yang paling lazim digunakan untuk mengukur sensitivitas mouse. Pada dasarnya, DPI pada mouse yakni pengukuran kecepatan kursor mouse bergerak pada layar yang berhubungan dengan jarak pengguna pada di saat menggerakkan mouse.

Contoh, pada di saat pengguna menggerakkan mouse satu inci ke arah kiri dengan DPI rendah lalu pengguna menggerakkan kembali mouse satu inci ke arah kanan dengan DPI yang lebih tinggi, kursor akan bergerak lebih jauh ke kanan walaupun jarak yang ditempuh oleh sensor mouse sama.

Untuk lebih jelasnya, DPI bahu-membahu yakni pengukuran hubungan fisik saja dan tidak mewakili tingkat kepresisian mouse atau tingkat keakuratan sensor. Semakin tinggi DPI maka kursor akan kian cepat bergerak dan pastinya akan dicicipi lebih sensitif.

Hubungan DPI dan Sensitivitas

Sering kali DPI dan sensitivitas dianggap memiliki hubungan yang erat. Bagi sebagian besar pengguna mouse, memajukan DPI mouse sanggup menghasilkan mouse lebih sensitif. Tetapi bahu-membahu pengukurannya berbeda. DPI yakni parameter yang digunakan untuk fisik hardware mouse sedangkan sensitivitas diputuskan oleh perangkat lunaknya (software).

Pengguna sanggup memiliki mouse dengan DPI rendah namun sensitivitasnya tinggi atau sebaliknya. Tetapi, memaksimalkan sensitivitas pada mouse dengan DPI yang rendah bukanlah penyelesaian yang baik. Pengguna akan mengalami kinerja yang tidak stabil pada di saat sensitivitas perangkat lunak diminta untuk mengimbangi perangkat keras dengan DPI rendah sehingga pengguna akan mengalami kesusahan pada di saat menjalankan pengeditan.

Itulah pemahaman DPI yang sanggup diterangkan pada peluang kali ini. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com