Sejarah Motor Bakar Bensin

Pengertian Motor Bakar

Motor bakar yakni salah satu jenis mesin konversi energi yakni dari energi kimia menjadi energi panas dan lalu dikonversikan menjadi energi gerak. Motor bakar banyak digunakan selaku aktivis kendaraan dan perlengkapan industri. Motor bakar tergolong ke dalam kelompok mesin pembakaran dalam yakni mesin yang pembakarannya terjadi di dalam motor bakar itu sendiri.

Sejarah Mesin Bensin

Pada tahun 1865 seseorang berjulukan Lenoir menyebarkan mesin pembakaran dalam tanpa proses kompresi. Pada mesin Lenoir materi bakar dihisap masuk ke dalam silinder dan dinyalakan sehingga tekanannya naik dan gas pembakaran berekspansi mendorong piston. Langkah selanjutnya gas pembakaran dibuang lalu piston kembali bergerak menghisap adonan materi bakar dan udara dengan menggunakan energi yang tersimpan dalam roda asing (fly wheel). Pada tahun 1865 mesin Lenoir dibuat sebanyak 500 unit dengan daya 1,5hp pada putaran 100 rpm.

Gambar Mesin Lenoir

Setelah mesin Lenoir, timbul mesin yang lebih efisien dari mesin Lenoir yaitu Otto Langen Engine.

Gambar Mesin Otto Langen Generasi Pertama

Gambar Mesin Otto Langen Generasi Kedua

Mesin ini berisikan piston yang tidak dihubungkan dengan poros engkol tapi piston bergerak bebas secara vertikal pada proses ledakan dan tenaga. Setelah itu, secara gravitasi piston bergerak turun dan terhubung dengan gigi pinion lelu lalu diteruskan ke roda gila. Energi yang tesimpan di dalam roda asing digunakan oleh piston untuk energi langkah hisap. Pada langkah hisap adonan materi bakar dan udara masuk ke dalam silnder.

Gambar Cara Kerja Mesin Otto Langen

Para peneliti menjalankan observasi secara terus menerus dan menyebarkan desain - desain untuk menaikan efisiensi mesin pembakaran dalam. Beau de Rochas peneliti asal Prancis pada tahun 1862 menulis prinsip dasar untuk efisiensi tata cara mesin pembakaran dalam. Pririnsip dasar mesin Rochas yakni selaku berikut:

  • Langkah pertama yakni langkah hisap pada dikala piston bergerak menjauhi ruang bakar. Campuran udara dan materi bakar masuk ke ruang bakar
  • Langkah kedua yakni mengkompresi adonan materi bakar udara ketika piston bergerak menuju ruang bakar
  • Langkah ketiga yakni penyalaan dan pembakaran, terjadi perluasan dan piston bergerak menjauh dari ruang bakar
  • Langkah keempat yakni pembuangan pada dikala piston bergerak menuju ruang bakar

Gambar Prinsip Kerja Mesin Dengan Konsep Beau de Rochas

Pada tahun 1876 seseorang berkewarganegaraan Jerman berjulukan Nicolas August Otto menciptakan mesin dengan desain Beau e Rochas dan mengajukan paten atas namanya. Sejak dikala itu semua mesin yang dibentuk sama dengan mesin Otto sehingga hingga kini siklus yang tenar yakni siklus Otto.

Gambar Mesin Otto Pertama

Gambar Mesin Otto Horizontal

Pada mesin 4 langkah (4 tak) untuk setiap siklusnya menciptakan satu langkah tenaga dan dua putaran poros engkol. Pada tahun 1881, Dugald Clerk mematenkan mesin 2 langkah (2 tak) dimana mesin ini menciptakan satu langkah tenaga dalam satu putarannya. Prinsip kerja mesin 2 langkah mengikuti siklus Otto, Proses ekspansi, pembuangan dan pengisian terjadi pada waktu piston menuju titik mati bawah. Sebaliknya proses kompresi dan penyalaan terjadi pada waktu piston menuju titik mati atas.

Pada tahun 1892 Rudolf Diesel yang berasal dari Jerman menciptakan desain dan menciptakan mesin dengan prinsip penyalaan kompresi. Udara dimasukan ke dalam silinder lalu dikompresi hingga temperaturnya naik. Sebelum piston meraih titik mati atas, materi bakar disemprotkan sehingga terjadi proses pencampuran materi bakar dengan udara bertemperatur tinggi. Karena temperatur nyala materi bakar tercapai maka terjadilah pembakaran dengan sendirinya. Langkah tenaga terjadi pada waktu piston mulai bergerak dari titik mati atas menuju titik mati bawah. Efisiensi mesin Diesel sekitar 26,2% dan menggunakan materi bakar solar.

Gambar Cara Kerja Mesin Diesel

Seiring berkembangnya teknologi dan ketatnya persaingan, motor bakar terus mengalami pertumbuhan secara pesat. Sampai dikala ini motor bakar sudah mengalami pergeseran yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya baik itu motor bakar Otto maupun motor bakar Diesel.

Gambar Mesin Diesel Modern

Itulah sejarah singkat perihal motor bakar yang sanggup disampaikan pada goresan pena ini. Semoga sanggup memperbesar pengetahuan dan ilmu pengetahuan.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com