Tegangan Dan Regangan

Tegangan dan Regangan - Deformasi yakni pergeseran bentuk dan ukuran suatu benda alasannya yakni adanya imbas dari gaya luar. Tegangan (stress) dan regangan (strain) ialah dua buah jenis deformasi yang bergantung pada sifat elastisitas benda.

Perhatikan gambar di bawah ini:

Gambar di atas berbincang suatu benda lentur yang memiliki panjang L0 dan luas penampang A. benda tersebut diberikan gaya F sehingga bertambah panjang sejauh ΔL. Pada keadaan ini benda mengalami tegangan.

Tegangan berbincang kekuatan gaya yang memunculkan pergeseran bentuk benda. Tegangan (stress) didefinisikan selaku perbandingan antara gaya yang melakukan pekerjaan pada benda dengan luas penampang benda. Secara matematis dituliskan:

Di mana:
σ = Tegangan (Pa)
F = Gaya (N)
A = Luas Penampang (m2)

Menurut Satuan Internasional, satuan untuk tegangan yakni pascal, di mana: 1 Pa = 1 N/m2

Tegangan terbagi menjadi tiga, yakni regangan, mampatan dan geseran.

 
Gambar Regangan


Gambar Mampatan


Gambar Geseran

Regangan didefinisikan selaku perbandingan antara pertambahan panjang batang dengan panjang mula - mula. Regangan dinyatakan dengan:

Di mana:
e    = Regangan
ΔL = Pertambahan Panjang (m)
L    = Panjang Mula - Mula (m)

Regangan ialah ukuran tentang seberapa jauh batang tersebut berubah bentuk. Tegangan diberikan pada materi dari arah luar, sedangkan regangan yakni balasan materi kepada tegangan. Pada tempat elastis, besarnya tegangan berbanding lurus dengan regangan. Perbandingan antara tegangan dan regangan benda tersebut disebut modulus elastisitas atau modulus Young. Pengukuran modulus Young sanggup dilaksanakan dengan menggunakan gelombang akustik, alasannya yakni kecepatan jalannya bergantung pada modulus Young. Secara matematis dirumuskan:

Di mana:
E     = Modulus Young (N/m2)
F      = Gaya (N)
L      = Panjang Mula - Mula (m)
ΔL  = Pertambahan Panjang (m)
A    = Luas Penampang (m2)

Nilai modulus Young cuma bergantung pada jenis benda (komposisi benda), tidak bergantung pada ukuran atau bentuk benda. Tabel di bawah ini berbincang beberapa nilai modulus young.

Bahan
Modulus Young (N/m2)
Aluminium
70 x 109 
Baja
 200 x 10 9
Besi, Gips
 100 x 109
Beton
 20 x 109
Granit
 45 x 109
Karet
 0,5 x 109
Kuningan
 90 x 109
Nikel
 210 x 10 9
Nilon
 5 x 109
Timah
 16 x 109

Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com