Pengertian Dan Penjelasan Total Head Pada Pompa Ebara?




Didalam menyeleksi spesifikasi pompa total head merupakan salah satu syarat yang tercukupi khususnya untuk perkiraan di proyek proyek High Rise Building .
 
Pengertian Total Head secara sederhana Adalah Total keseluruhan Head pada sebuah tata cara pemipaan dari suction pipa hisap pompa hingga dengan discharge / pipa delivery hingga dengan pipa pada kolam penampungan atau ujung nozel.
 
Total Head = Suction Head + Actual Head (head yang bahu-membahu /vertical) + Friction Losses pada jaringan discharge.

Suction Head dijumlah menurut berapa panjang pipa hisap pompa tersebut dan setiap typr pompa mempunyai kesanggupan daya hisap yang berlainan - beda . Centrifugal End Suction daya hisapnya berlainan dengan vertical Multystage.

Actual Head merupakan perbedaan ketinggian dari daerah pondasi pompa hingga dengan ujung pipa kolam penampung atau ujung nozel artinya , kalau pondasipompa berada tegak lurus di sebuah gedung , ketinggian dari pompa hingga ke ujung tertinggi gedung ( perkiraan kolam ada di gedung tertinggi ) itulah " Actual Head " ( Head yang bahu-membahu ).

Friction Losses merupakan total kehilangan tekanan pada sepanjang jaringan pipa discharge . Perhitungan rumus ini mesti menyesuaikan tabel Losses pada jenis material pipa discharge yang dipakai alasannya friction losses pipa galvanis berlainan dengan PVC . Friction Losses juga mesti diamati jumlah valve - valve dan elbow yang dipakai pada jaringan . Untuk Gate Valve , Check Valve , Elbow , dll berlainan juga Losses yang ditimbulkan . Accessories Valve ini juga bisa dilihat dari tabel .
Friction Losses = Head loss (m) X Panjang (m) + Head Loss Accessories ( VAlve )
Friction Losses = Head loss(m) X PAnjang (m) + 1,2 ( Safety Factor untuk Accessories )


Perbandingan antara Diameter Pipa discharge dengan besarnya kapasitas Flowrate yang dikehendaki sungguh besar lengan berkuasa dengan besar kecilnya Head Loss.

Perhitungan total head juga bisa disederhanakan per 10 meter panjang pipa lossesnya 1 meter tetapi dengan keadaan pipa discharge tersebutmendatar atau horizontal artinya kalau discharge pipa pangjang 100 meter cukup dengan head 10 meter , tetapi demikian tidak mutlak bisa dipakai perkiraan tersebut