Pengertian Pompa Oil Skimmer

Pompa Oil Skimmer yakni alat yang digunakan untuk memisahkan partikel cair yang berada diatas cairan lain atau cairan yang mengambang dikarenakan cairan tersebut tidak homogen dan yang sering kita jumpai yakni cairan minyak yang mengambang di atas cairan air dan sering juga disebut oil separator. 

Alat ini cukup efektif untuk memisahkan minyak dengan air dimana jenis dari oil skimmer ini bermacam – macam. Di banyak industri manufaktur, alat ini digunakan untuk memisahkan kandungan oli yang tercampur dalam cairan pendingin (coolant) baik pada proses heat treatment, cutting, grinding dan milling dimana oli ini umumnya mengalir dari slide, gear dan bab art mesin lain yang memerlukan pelumasan. Akibat dari kandungan oli yang tercampur dalam coolant membuat coolant tidak berfungsi dengan maksimal sehingga perlu dipisahkan oli dari cairan coolant.

Oil Skimmer juga sering digunakan untuk mengangkat tumpahan minyak dilaut jawaban kapal tanker yang bocor atau yang lainnya. Di Industri perhotelan atau di kedai makanan umumnya minyak nabati sisa – sisa proses mengolah makanan umumnya juga perlu dipisahkan mudah-mudahan tidak menyumbat kanal air atau yang sering dilaksanakan yakni untuk menurunkan ongkos proses treatment (WWT) mudah-mudahan tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Ada beberapa cara kerja dari alat oil skimmer, dengan cara gravitasi, dimana minyak mengapung ke atas oil skimmer dan didorong oleh skimmer ke dalam wadah penyimpanan. Sementara ada juga yang menggunakan belt dan sering dinamakan belt skimmer, dimana materi material juga ada beberapa yang berbahan dasar plastik dan logam. 

Namun masih banyak lagi dengan menggunakan metoda lain menyerupai menggunakan roda, atau memutar drum yang dilapisi zat yang menawan minyak dari air yang terkotori sering disebut drum oil skimmer, menggunakan pompa centrifugal yang mengambang diatas permukaan air, jenis ini dinamakan floating oil skimmer, menggunakan tali atau disebut dengan rope oil skimmer, menggunakan pipa dan sebagainya. 

Sedangkan untuk didunia industri, pemisahan oli kepada minyak umumnya dibarengi dengan material padat sepereti pada proses cutting dan grinding sehingga mulai dikembangkan tata cara pemisahan dengan menggunakan bucket sehingga minyak dan padatan hasil proses grinding dan cutting sanggup dipisahkan sekaligus dari cairan coolant.
yakni alat yang digunakan untuk memisahkan partikel cair yang berada diatas cairan lain  Pompa Oil Skimmer adalah
Contoh Oil Skimmer